Sop Daging Sapi Sederhana, Gurih dan Segar!

Resep sop daging sapi – Cuaca lagi hujan atau lagi nggak enak badan? Enaknya masak yang berkuah untuk menghangatkan badan, nih. Salah satu menu favorit Gue yaitu sop daging.

Sop daging menjadi menu kuah terenak menurut Gue. Rasanya enak dan segar, bisa menghangatkan badan pula. Selain itu, Lo juga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik dari menu sop daging ini.

Karena, daging mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh, lho. Seperti mineral : kalsium, zat besi, mangan, selenium, potasium, dan magnesium, serta omega-3, omega-6, vitamin-A dan vitamin K2.

Buat Lo penggemar makanan berkuah, menu sop daging sapi ini sangat direkomendasikan. Apalagi buat Lo yang sedang sakit atau nggak enak badan, makan sop daging hangat-hangat, dijamin bakal memunculkan nafsu makan.

Kali ini Gue gue akan berbagi resep sehat ini buat Lo, ikuti resep Gue untuk masakan sop daging yang nikmat dan lezat. Yuk, masak!

 

Bahan Membuat Sop Daging Sapi Sederhana

Nah, sekarang mari kita siapkan bahan dan bumbu-bumbunya. Simak, yah!

  • Daging sapi : gunakan daging sapi khusus untuk sop (daging sop sapi). Kalau mau daging yang super lembut, Lo bisa menggunakan bagian tenderloin.
  • Wortel : bahan untuk isian sop daging, citarasa manis wortel akan menambah nikmat sop daging.
  • Kentang : sop daging cocok banget pake isian kentang. Potong dadu kentang.
  • Kol : seperti resep sop lainnya, Lo bisa pakai kol untuk isian sop daging. Tapi kalau nggak suka boleh di skip.
  • Tomat : selain mempercantik tampilan sop, tomat juga menambah rasa juicy pada sop daging.
  • Daun bawang-Seledri : wajib pakai nih, supaya sop daging beraroma harum dan segar.
  • Bumbu halus : bawang merah, bawang putih, biji pala, lada bubuk, garam, gula dan penyedap rasa.
  • Garam-penyedap rasa : bumbu wajib, pakai secukupnya, ya.
  • Minyak goreng : untuk menumis bumbu.
  • Bahan pelengkap : untuk sajian sop daging taburi dengan bawang goreng supaya makin sedap. Lo bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan kerupuk.
  • Jeruk limau : biasa digunakan dalam sajian soto, tapi cocok juga untuk sop untuk menambah sensasi segar. Kalau nggak suka boleh di skip, ya.
See also  Cara Buat Kari Ayam Spesial, Bisa Untuk Menu Lebaran!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Sop Daging Sapi Sederhana, Gurih dan Segar!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 1 Hour 30 Minutes
  • Yield: 1
  • Diet: Halal

Description

Buat Lo penggemar makanan berkuah, menu sop daging sapi ini sangat direkomendasikan. Apalagi buat Lo yang sedang sakit atau nggak enak badan, makan sop daging hangat-hangat, dijamin bakal memunculkan nafsu makan.


Ingredients

 

  • Daging sapi : 250 gram (khusus daging sop/tenderloin)
  • Wortel : 2 buah (iris bulat)
  • Kentang : 2 buah (iris dadu)
  • Kol : 3 lembar (kalau suka)
  • Tomat : 1 buah (belah 4)
  • Daun bawang : 1 batang (potong-potong)
  • Seledri : secukupnya

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 6 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Biji pala : 1/2 butir
  • Lada bubuk : 1/2 sdt
  • Garam : 1 sdt
  • Kaldu bubuk : 1/2 sdt (rasa sapi)
  • Gula : 1 sdt
  • Penyedap rasa : secukupnya

Pelengkap tambahan : 

  • Nasi hangat
  • Kerupuk
  • Bawang goreng
  • Jeruk limau

Instructions

Langkah 1 : Rebus daging sapi sampai empuk. Boleh pakai panci biasa atau panci presto. Kalau sudah empuk, angkat daging dan tiriskan. Diamkan air rebusan sampai bersuhu ruangan.

Langkah 2 : Ambil air bekas rebusan daging secukupnya untuk kaldu (ambil yang bening aja ya), lalu tuang dalam panci yang baru. Sisanya, tambahkan air biasa secukupnya.

Langkah 3 : Siapkan bumbu halus. Haluskan bumbu menggunakan blender. Sisihkan.

Langkah 4 : Racik pelengkap, potong dadu kentang, iris bulat wortel, iris tipis kol (kalau suka), iris daun bawang dan seledri, belah tomat menjadi 4 bagian. Satukan dalam satu wadah.

See also  Resep Pisang Goreng Renyah Kriuk Tahan Lama!

Langkah 5 : Siapkan wajan, panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu halus sampai harum.

Langkah 6 : Masukkan bumbu yang telah ditumis tadi kedalam panci yang berisi kaldu. Lalu rebus sampai mendidih.

Langkah 7 : Masukkan potongan kentang dan wortel. Masak sampai setengah matang.

Langkah 8 : Masukkan kol (kalau pakai) dan daging sapi yang sudah direbus tadi. Rebus lagi sampai semua bahan matang.

Langkah 9 : Terakhir, masukkan irisan tomat, daun bawang, dan seledri. Aduk sampai rata.

Langkah 10 : Koreksi rasa. Kalau dirasa sudah pas, matikan kompor. Taburi sop daging dengan bawang goreng secukupnya. Aduk lalu tutup pancinya.

Langkah 11 : Sajikan sop daging sapi hangat-hangat. Taruh dalam mangkuk, taburi lagi dengan bawang goreng.

Resepnya gampang banget kan? Santap sop daging selagi hangat dengan sambal dan kerupuk. Dijamin keluarga dirumah bakalan suka.

  • Prep Time: 30 Minutes
  • Cook Time: 1 Hour
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 386 cal
  • Sugar: 0 gram
  • Sodium: 515 mg
  • Fat: 27.5 gram
  • Saturated Fat: 10.5 gram
  • Unsaturated Fat: 1.1 gram
  • Carbohydrates: 5.8 gram
  • Fiber: 0 gram
  • Protein: 5.7 gram
  • Cholesterol: 110 mg

Keywords: Sop Daging Sapi

Tips Masak Sop Daging Sapi Nikmat

Meski terlihat gampang, untuk mendapatkan hasil sop daging sapi yang enak dan lezat juga ada tipsnya, lho. Ikuti beberapa tips berikut untuk masak sop daging sapi yang lezat, diantaranya :

  • Gunakan Bahan Pengempuk

Pertama, Lo bisa menggunakan bahan pengempuk daging seperti buah nanas, daun pepaya, baking soda, atau lainnya. Sehingga tekstur daging bisa lebih empuk.

  • Rebus Dulu Dagingnya 

Tips kedua bikin sop daging sapi yang enak dan lembut tentu bagaimana tingkat keempukan dagingnya. Rebus dulu daging sapi selama beberapa jam sampai benar-benar empuk, lalu pisahkan dari kaldunya.

  • Gunakan Panci Presto

Selain merebus seperti biasanya, Lo juga bisa memanfaatkan panci presto untuk merebus daging. Dengan begitu, daging akan mudah empuk dan pastinya nggak butuh waktu lama.

  • Tumis Bumbu Sampai Harum 

Tips lainnya yaitu tumis bumbu sampai matang dan harum. Bumbu yang setengah matang atau kurang matang, terkadang muncul bau kurang sedap atau langu. Jadi, tumis bumbu sampai benar-benar harum, baru masukkan kedalam panci kaldu sop.

  • Tambahkan Kaldu Rasa Sapi

Lo bisa menambahkan kaldu bubuk rasa sapi supaya sop daging makin sedap dan nikmat. gunakan kaldu bubuk secukupnya untuk menambah rasa dan aroma daging sapi yang kuat.

  • Tambahkan Pelengkap Isian

Sop daging nggak sepenuhnya isinya daging saja, tentu harus dikombinasikan dengan berbagai sayuran supaya lebih sehat dan nikmat. Tambahkan isian seperti kentang, wortel, jamur, bakso, atau kol.

  • Gunakan Pelengkap Taburan

Sayur sop identik dengan aroma yang segar dan menghangatkan tubuh. Gunakan pelengkap tambahan untuk taburan sop supaya lebih harum dan segar, seperti daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Tips Merebus Daging Yang Hemat Gas Tanpa Presto

Ada nggak sih cara untuk merebus daging sapi supaya cepat empuk tapi hemat gas? Tenang, Gue punya tips yang bisa Lo ikuti yaitu cara merebus daging sapi yang hemat gas bahkan tanpa presto. Penasaran?

Nah, buat Lo yang ingin merebus daging supaya cepat empuk dan hemat gas tanpa presto, Lo bisa mengikuti trik merebus 15-30-15-30. Apa itu?  Berikut penjelasannya :

  • Ganti air rebusan awal dengan yang baru. Lalu didihkan selama 15 menit. Jangan lupa tutup pancinya.
  • Setelah mendidih, matikan api. Jangan buka tutup pancinya, ya! Biarkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, Lo boleh menyalakan kompor lagi. Rebus lagi selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, matikan api. Diamkan lagi selama 30 menit. Jangan buka tutup pancinya sebelum 30 menit, ya.
  • Nah, kalau sudah 30 menit, Lo bisa buka pancinya dan angkat dagingnya.

Trik tersebut dijamin ampuh buat bikin daging lebih cepat empuk. Jangan lupa tes tekstur daging menggunakan garpu, ya. Selamat mencoba.

Alasan Mengapa Sop Menjadi Menu yang Sehat.

Ada beberapa alasan kenapa Lo harus suka menu sop, nih. Sop menjadi salah satu menu sehat yang bisa dimakan dalam berbagai keadaan.

Bahkan, saat kondisi sakit, pasti banyak anjuran dari dokter untuk memperbanyak makanan sehat seperti sop. Kenapa? Ini dia alasannya!

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh 

Saat sakit, imun kita melemah, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sop membantu tubuh meningkatkan sistem imun kembali kuat.

2. Mudah Dicerna 

Sop adalah makanan berkuah, sehingga akan mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisi juga akan lebih cepat diserap oleh tubuh.

3. Kandungan Nutrisi yang Lengkap

Sop menjadi menu sehat karena nutrisinya lengkap. Berisi sayuran-sayuran ataupun daging-dagingan, masing-masing memberi manfaat yang baik untuk tubuh. Apalagi saat kondisi sedang sakit.

4. Anti Radang

Sop yang hangat bisa meredakan peradangan dalam tubuh. Ampuh sebagai obat alami dan anti-inflamasi.

5. Mencegah Dehidrasi

Sop mengandung kuah yang banyak, sehingga bisa memenuhi asupan cairan dalam tubuh selain memperbanyak minum air putih.

Jadi, nggak heran kan kenapa sop jadi menu yang sehat dan banyak direkomendasikan? Ya, karena bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Apa bagian daging sapi yang cocok untuk sop?

Ada banyak bagian-bagian daging di pasaran. Lo bisa menyesuaikan menu yang akan Lo buat dengan daging yang akan Lo beli. Lo bisa membeli daging sengkel atau daging sop sapi. Selain cocok untuk sop, bisa juga diolah untuk bakso urat dan aneka jenis soto.

Berapa lama waktu merebus daging pakai panci presto?

Kalau Lo menggunakan panci presto, daging akan lebih cepat empuk kok dibanding pakai panci biasa. Lo hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk merebus daging.

Apakah merebus daging harus pakai garam?

Boleh. Lo boleh merebus daging dengan tambahan garam. Cara ini juga bermanfaat untuk membuat daging lebih empuk, lho. Tambahkan beberapa sendok garam ke dalam rebusan daging, dijamin daging akan empuk dan gurih.

Kenapa air rebusan pertama harus dibuang?

Air rebusan pertama memang wajib dibuang, karena itu mengandung kotoran dan sisa darah dari daging. Gunakan air bersih yang baru untuk memasak tahap selanjutnya.

Apakah daging perlu dicuci dulu sebelum diolah?

Ya! Daging kurban maupun daging yang dibeli dari pasar, sebaiknya dicuci dulu sebelum dimasak/diolah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di daging.

Gimana caranya menyimpan daging yang benar?

Caranya : sebelum dimasukkan kedalam freezer, bungkus rapat daging menggunakan kantong plastik ziplock tahan freezer. Bisa juga dengan wadah lain yang kedap udara. Simpan dengan porsi lebih banyak dan terpisah. Selain proses pembekuan akan lebih cepat, cara ini juga mempermudah Lo untuk mengambil daging di freezer jika akan diolah.

Kesimpulan

Sop daging sapi menjadi salah satu menu dari beberapa variasi menu sup lainnya. Ini bisa menjadi pilihan lezat untuk masak harian. Selain lezat, tentu masakan daging akan sangat penting bagi kesehatan.

Apalagi sekarang, daging sangat mudah ditemukan dipasaran. Kalau ingin masak sop daging, Lo bisa ikuti resep Gue yang simpel dan praktis. Selamat mencoba, ya!

 

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star