Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!

Resep udang saus Padang – Siapa sih yang nggak suka makanan seafood? Menu seafood sangat digemari banyak orang, mulai dari ikan laut, cumi, kepiting, sampai udang.

Kalau Gue suka banget yang namanya udang. Udang bisa diolah menjadi masakan yang lezat untuk makan siang. Misalnya seperti udang saus Padang.

Dengan sedikit kuah pedas, udang rasanya sangat nikmat dan gurih, apalagi disantap dengan sepiring nasi hangat. Si kecil pasti juga suka deh.

Apalagi kalau mau ada kumpul-kumpul keluarga, udang saus Padang bisa menjadi menu pilihan yang tepat nih. Menu udang saus Padang akan terasa sangat spesial untuk dihidangkan pada tamu.

Baca Juga : Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Ciri Udang Yang Segar

 

Udang menjadi salah satu menu seafood yang tergolong murah dan mudah didapat, lho. Lo bisa membeli udang di pasar ataupun di supermarket. Pilih udang yang segar supaya nutrisinya tetap terjaga dan olahan udangnya juga lezat.

See also  Resep Opor Ayam Kuning Santan Spesial Lebaran, Gurih & Lezat

Kalau Lo bingung bagaimana memilih atau membeli udang yang masih segar, Lo bisa melihat dari ciri-cirinya. Gimana ciri-cirinya? Simak, ya.

  • Udang berwarna cerah

Ciri-ciri udang yang masih segar Lo bisa melihat dari warnanya. Warna tubuh udang segar pasti lebih cerah.

  • Bertekstur Keras 

Ciri udang segar selanjutnya yaitu bertekstur keras dan kenyal. Kalau Lo pencet, pasti terasa keras dan akan kembali ke bentuk semula.

  • Aroma Khas Udang 

Ciri lainnya yaitu aroma atau bau khas udang yang ringan. Jadi, nggak berbau menyengat.

  • Mata Jernih

Selanjutnya, Lo bisa lihat mata udangnya. Mata udang yang masih segar akan terlihat lebih segar dibanding yang sudah lama.

  • Cangkung Utuh

Ciri lainnya udang yang masih segar yaitu cangkang atau kulit udang masih utuh atau tidak hancur.

Baca Juga : Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

  • Ekor Kencang

Udang yang masih segar juga memiliki ekor yang kuat atau masih kencang.

  • Nggak Ada Bintik Hitam

Pilih udang yang warnanya cerah dan nggak ada bintik hitam. Ini merupakan tanda bahwa udang masih segar.

  • Tidak Berwarna Kuning

Terakhir, udang yang segar tentu warna nggak kuning, kalau udang sudah menguning, itu artinya udang sudah rusak atau hampir busuk.

 

Resep Udang Saus Padang Lezat Menggugah Selera

  • Udang : pilih udang yang masih segar dan berkualitas bagus. Cuci bersih dan buang sungutnya, kalau suka udang yang bersih, Lo bisa mengupasnya sampai bersih.
  • Bawang bombay : tentu bumbu saus Padang yang memberikan aroma sedap dan lezat pada saus.
  • Saus sambal : ada beberapa resep yang pakai saus sambal, tapi kalau Lo nggak suka bisa di skip, ya.
  • Saus tomat : bumbu saus Padang salah satunya pakai saus tomat, ya.
  • Tomat segar : pakai 1 buah saja untuk menambah kekentalan sausnya.
  • Bumbu halus  : gampang banget, cuma bawang putih, bawang merah, cabai, dan sedikit jahe.
  • Cabe : pakai cabenya tergantung selera masing-masing, ya. Ada yang pakai cabe rawit merah, ada yang cuma pakai cabe merah aja.
  • Garam : bumbu wajib ya!
  • Penyedap rasa : Gue pakai kaldu jamur dan sedikit gula. Selain itu, rasa sedap juga berasal dari saus tomat, saus tiram, kecap manis dan bawang bombay.
  • Minyak goreng : siapkan secukupnya untuk menumis bumbu halus.
  • Pelengkap : Lo bisa menikmati udang saus padang ini sama sepiring nasi hangat dan kerupuk juga enak banget!
See also  Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Langkah-langkah Membuat Udang Saus Padang 

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 35 Minutes
  • Yield: 3
  • Diet: Halal

Description

Resep udang saus Padang.

Dengan sedikit kuah pedas, udang rasanya sangat nikmat dan gurih, apalagi disantap dengan sepiring nasi hangat.


Ingredients

  • Udang : 300 gram (potong sungutnya)
  • Bawang bombay : 1/2 buah (iris-iris)
  • Tomat : 1 buah (potong kasar)
  • Daun jeruk : 2 lembar
  • Saus tomat : 3 sdm
  • Saus tiram : 1 sdm
  • Kecap manis : 1 sdm
  • Gula : 1 sdt
  • Lada bubuk : 1/2 sdt
  • Garam : secukupnya
  • Kaldu jamur : 1/2 sdt

Bumbu halus : 

  • Bawang merah : 5 butir
  • Bawang putih : 3 siung
  • Cabe rawit merah : 2 buah (sesuai selera)
  • Cabe merah keriting : 6 buah
  • Jahe : 1 ruas jempol

Bahan pelengkap/secukupnya :

  • Nasi putih
  • Kerupuk

Instructions

Langkah 1 : Cuci bersih udang, buang sungutnya. Sisihkan. Siapkan bumbu-bumbunya.

Langkah 2 : Siapkan panci, tuang air secukupnya, tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, beri sedikit garam, lalu rebus udang yang sudah dicuci bersih. Rebus sampai berubah warna, lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 3 : Siapkan bahan dan bumbu halus. Blender bumbu sampai benar-benar halus. Siapkan wajan.

Langkah 4 : Tuang minyak goreng secukupnya, lalu tumis bumbu halus sampai harum.

Langkah 5 : Masukkan bawang bombay, tomat dan daun jeruk, aduk sampai layu.

Langkah 6 : Tambahkan saus tomat, kecap manis, saus tiram, gula, lada bubuk, dan garam. Aduk rata.

See also  Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal

Langkah 7 : Setelah bumbu matang, tuang sedikit air, lalu aduk sebentar sampai agak mendidih. Masukkan udangnya. Aduk rata dan masak sampai bumbu meresap.

Langkah 8 : Koreksi rasa. Kalau sudah pas, matikan kompor. Angkat dan sajikan ke piring saji.

Langkah 9 : Udang saus Padang lezat siap disantap bareng nasi hangat. Hmm.. yummy!

  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: udang saus padang

Cara Mencuci Udang Yang Benar Sebelum Dimasak

Membersihkan udang yang benar juga ada caranya, lho. Karena supaya nggak merusak cita rasa saat dimasak nantinya. Berikut tips mencuci udang yang benar yang perlu Lo tau :

1. Cuci Udang Dengan Air Mengalir 

Saat mencuci udang, sebaiknya pakai air yang mengalir langsung dari kran untuk membilasnya. Hal ini bertujuan agar cangkang dan serpihan kotoran dalam udang mudah dibersihkan.

Kalau cuma di rendam, ada kemungkinan kurang bersih atau ada kotoran dalam udang yang masih menempel. Jadi, sebaiknya gunakan air mengalir untuk membersihkan udang, ya.

Baca Juga : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

2. Perhatikan Letak Kotoran Udang

Selanjutnya, Lo harus memperhatikan letak kotoran udang. Ini juga penting. Karena kalau kotoran tersebut tidak benar-benar hilang atau dibersihkan, ini bisa merusak makanan. Parahnya lagi, bisa membuat masakan bau amis atau sedikit lebih pahit.

Letak kotoran pada udang umumnya berada di bagian punggung dan bagian kepala. Cek juga bagian serabut kakinya. Bersihkan dengan air mengalir.

3. Kupas Udang Seperlunya 

Nggak semua orang suka kalau udang dikupas secara keseluruhan. Ada yang menyukai udang tidak dikupas atau hanya bagian-bagian tertentu saja yang dikupas, misalnya kulit punggung, sementara kulit ekor nggak perlu dikupas.

4. Jangan Membersihkan Udang Dengan Air Panas

Selain cara-cara diatas, hal yang paling penting yaitu jangan mencuci udang dengan air panas, ya. Kenapa? Sebab, udang merupakan jenis seafood atau hewan laut yang mudah matang.

Jadi, Lo cuma perlu membilasnya sebentar dengan air mengalir, bukan pakai air panas. Air panas bisa membuatnya cepat matang dan teksturnya menjadi liat.

 

Trik Supaya Udang Nggak Bau Amis

Udang emang mudah dibersihkan, tapi kadang saat diolah, udang mengeluarkan bau amis. Meski makanan seafood ini lengkap kandungan nutrisinya, tapi kalau bau amis, terkadang ada yang enggan memakannya.

Ada yang kesulitan saat membersihkan udang karena dianggap terlalu ribet. Tapi Lo bisa ikuti cara ini supaya masakan udang Lo nggak bau amis :

 

  • Pilih Udang Segar

Kalau ingin masak udang, sebaiknya pilihlah udang yang benar-benar masih segar atau kualitasnya masih bagus. Cara memilih udang yang masih segar dan bagus cukup mudah kok, Lo hanya perlu menekan daging udangnya.

Kalau dirasa masih kenyal, dan saat ditekan kembali ke bentuk awal, itu artinya udang masih bagus atau segar. Selain itu, udang segar memiliki bau amis khas udang.

 

  • Bersihkan Udang Dengan Benar

Kalau sudah memilih atau membeli yang segar, Lo juga harus tau cara membersihkan udang yang benar, seperti yang dijelaskan di atas. Seperti mencuci dengan air mengalir, bersihkan kotoran udang, cabut sungut dan kulitnya jika diperlukan.

Kalau Lo suka makan udang yang bersih atau tanpa kulit, atau mungkin mau diolah menjadi masakan tertentu, Lo bisa mencabut kepala, ekor dan kulit udang secara keseluruhan.

 

  • Lumuri Udang Dengan Air Jeruk Nipis

Hampir semua jenis hewan laut termasuk udang, memiliki bau amis khas laut. Tapi, bau amis udang bisa Lo hilangkan dengan cara memberinya perasan air jeruk nipis. Lo juga bisa menambahkan sedikit garam.

Aduk rata udang dengan garam dan perasan air jeruk nipis, lalu sedikit remas-remas udang. Diamkan udang selama sekitar 15 menit. Setekah itu, Lo bisa mencuci bersih udang dan bisa langsung diolah.

 

  • Bersihkan Dengan Tepung Kentang

Selain cara-cara yang biasa kita dengar, mungkin Lo udah pernah membersihkan udang dengan tepung kentang? Ternyata, tepung kentang juga bisa dijadikan sebagai penghilang bau amis pada udang, lho.

Caranya yaitu gosok tepung kentang pada udang secara perlahan-lahan. Kalau sudah, Lo bisa membilasnya dengan air mengalir dan udang siap dimasak.

Apa saus Padang berasal dari Minang?

Meski namanya udang saus Padang, tapi olahan ini bukan masakan yang berasal dari Padang. Mungkin karena rata-rata masakan Padang itu pedas, sehingga masakan apapun yang berciri khas pedas seperti mengadopsi nama Kota Padang.

Apa udang harus direbus dulu?

Memasak udang sebenarnya nggak memerlukan waktu yang terlalu lama. Cukup direbus selama 5 menit saja. Ini untuk memastikan udang bersih dan bebas dari bakteri. Setelah itu, baru bisa diolah jadi masak lagi.

Berapa lama waktu masak udang supaya nggak alot?

Keseluruhan waktu yang Lo butuhkan untuk masak udang cuma sekitar 20 menit.

Berapa lama udang bertahan di kulkas?

Kalau Lo mau menyimpan udang di freezer, sebaiknya cuci dulu sampai bersih. Jika perlu, Lo bisa bersihkan semua kulit dan buang kepalanya. Jadi udang bisa lebih awet. Umumnya, udang bisa bertahan 2 minggu sampai 1 bulan jika disimpan di dalam freezer.

Apakah harus selalu pakai bawang bombay?

Masak udang saus Padang memang lebih nikmat pakai bawang bombay. Tapi, udang tetap bisa dimasak tanpa bawang bombay atau dimasak jadi menu lainnya.

Apa sih manfaat makan udang?

Baik untuk fungsi otak Menjaga kesehatan jantung Mencegah anemia Membantu pembentukan sel tubuh Mencegah Osteoporosis Menghindari Gondok dan Kemandulan Membantu menurunkan berat badan Mencegah penuaan dini

 

Kesimpulan

Udang saus Padang rasanya enak jadi kesukaan keluarga Gue. Di resto-resto atau tempat makan seafood juga banyak yang telah menyediakan menu nikmat ini. Lo bisa mengikuti tips di atas untuk mengolah udang supaya lebih nikmat.

Udang juga banyak dijual dipasaran maupun di supermarket. Lo bisa membelinya untuk stok di kulkas. Salah satu resep udang paling nikmat untuk Lo coba ya udang saus Padang ini. Cobain deh!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star