Resep Udang Masak Saus Tiram, Gurih & Lezat

Resep udang saus tiram – Saat Lo dan keluarga ingin makan ke restoran seafood, pasti banyak sajian lezat yang bakal dipesan, tak terkecuali udang saus tiram. Menu ini sangat populer dan banyak disukai banyak orang, lho.

Hidangan udang memang selalu menjadi favorit dalam dunia kuliner seafood. Salah satunya ya udang saus tiram. Rasanya lezat dan sangat gurih membuat menu ini sangat spesial dan sedikit mahal.

Daripada Lo sering beli makanan ini di restoran seafood, mending Lo bikin sendiri dirumah.  Menggunakan udang segar, pasti udang saus tiram buatan Lo nggak kalah nikmat!

Rasanya, hidangan ini akan sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat dan sayur pendamping lainnya. Nggak cuma lezat, udang juga banyak kandungan nutrisinya, lho.

Kalau Lo punya stok udang di kulkas, mending Lo masak jadi udang saus tiram, yuk. Simak resep Gue cuma disini, ya!

Apa saja rekomendasi saus tiram halal dan enak?

Kalau Lo berniat ingin mulai mencoba memasak atau menumis dengan bumbu saus tiram, ada baiknya Lo perhatikan dulu komposisi dan kualitasnya sebelum membeli.

See also  Cara Membuat Sambal Terasi Enak Pedas Nikmat, Cocok Untuk Segala Makanan!

Ada banyak merk saus tiram di pasaran, berikut Gue rangkum beberapa merk saus tiram yang halal dan enak yang bisa Lo gunakan :

  • Ajinomoto Saori Saus Tiram
  • Heinz ABC Saus Tiram
  • Kikkoman Saus Bumbu Rasa Tiram
  • Lee Kum Kee Panda Brand Oyster Sauce
  • Kobe Saus Tiram Selera
  • Royco Saus Tiram
  • Knorr Oyster Sauce
  • Maggi Saus Tiram

Itulah beberapa rekomendasi merk saus tiram yang halal dan enak. Pastikan Lo membeli saus tiram yang halal dengan mengeceknya di kemasan. Pastikan juga telah terdaftar di BPOM, ya.

Bahan Memasak Udang Saus Tiram 

Nah, sebelum masak udang saus tiram, ayo siapkan dulu bahan dan bumbunya, catat ya :

  • Udang : Lo bisa menggunakan udang sedang atau udang besar sesuai selera. Pilih udang yang benar-benar fresh, ya. Bersihkan udang dengan benar dan buang cangkangnya.
  • Bawang bombay : menjadi bahan sekaligus bumbu yang banyak digunakan untuk berbagai masakan, seperti udang. Tentu supaya aroma lebih harum khas dan sedap.
  • Bumbu iris : terdiri bawang putih (geprek, cincang halus), bawang merah, dan cabe merah.
  • Cabe : Lo bisa pakai cabe merah saja, atau boleh menambahkan cabe rawit untuk menambah citarasa pedas.
  • Merica : secukupnya saja, supaya bercita rasa khas rempah merica.
  • Saus tiram : nah, ini dia bintang utamanya. Pakai saus tiram favorit Lo untuk memasak udang saus tiram. Pakai secukupnya sesuai kebutuhan, ya.
  • Kecap manis : bumbu ini berfungsi untuk menetralkan semua rasa dan memberi rasa manis pada saus. Pakai secukupnya saja.
  • Bumbu saus : sebagai tambahan untuk membuat bumbu saus tiram semakin sedap, tambahkan saus sambal dan saus tomat sesuai selera.
  • Mentega : sebagai campuran minyak goreng untuk menumis bumbu. Mentega juga menambah citarasa gurih dan sedap pada olahan saus tiram.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis bumbu.
See also  Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Udang Masak Saus Tiram, Gurih & Lezat


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 3
  • Diet: Halal

Description

Udang saus tiram ini ini akan sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi hangat dan sayur pendamping lainnya. Nggak cuma lezat, udang juga banyak kandungan nutrisinya, lho. Yuk, masak udang saus tiram di rumah


Ingredients

  • Udang : 250 gram (ukuran sedang)
  • Bawang bombay : 1/2 buah (kalau ukurannya kecil boleh pakai 1 buah)
  • Bawang putih : 4 siung (geprek, lalu cincang halus)
  • Bawang merah : 3 butir (iris tipis)
  • Cabe merah : 5 buah
  • Cabe rawit : 5 buah (optional)
  • Merica : 1/2 sdt
  • Gula : 1 sdt
  • Garam : secukupnya
  • Air : secukupnya
  • Saus tiram : 3 sdm (merk apa saja)
  • Kecap manis : 1 sdm
  • Saus sambal : 2 sdm
  • Saus Tomat : 2 sdm
  • Mentega : 3 sdm
  • Minyak goreng : secukupnya, untuk menumis.

Instructions

Langkah 1 : Siapkan bahan dan bumbunya. Cuci bersih udang dengan air mengalir. Buang sungutnya. Kalau perlu bersihkan juga cangkangnya. Taruh dalam wadah.

Langkah 2 : Racik bumbunya. Iris bawang bombay dan bawang merah, geprek lalu cincang halus bawang putih, iris serong cabe merah dan cabe rawit (optional). Siapkan bumbu lainnya.

Langkah 3 : Kalau Lo mau menggunakan teknik memasak udang lebih cepat, Lo bisa merebusnya atau menggorengnya lebih dulu. Tapi dengan waktu yang singkat ya, sekitar 2 sampai 3 menit, setelah udang berubah warna langsung angkat.

See also  Cara Masak Rendang Ayam Dengan Bumbu Jadi Dari Pasar

Langkah 4 : Panaskan wajan. Tuang minyak goreng secukupnya, lalu tambahkan mentega. Aduk sampai menyatu dengan minyak. Setelah panas, masukkan bawang putih dan bawang merah. Aduk.

Langkah 5 : Kalau sudah harum, masukkan cabe merah dan bawang bombay. Aduk sampai rata. Tumis sampai harum.

Langkah 6 : Masukkan udangnya. Beri bumbu garam, gula, merica dan penyedap rasa. Aduk sampai rata.

Langkah 7 : Masukkan saus tiram, kecap manis, saus sambal, dan saus tomat. Aduk sampai semuanya tercampur.

Langkah 8 : Tuang air secukupnya. Masak sampai udang matang dan bumbu meresap.

Langkah 9 : Tunggu sampai air sedikit menyusut dan mengental. Koreksi rasa. Kalau sudah pas, matikan api.

Langkah 10 : Udang saus tiram siap disajikan. Santap dengan nasi hangat dan tumisan favorit. Dijamin nambah lagi, deh!

Notes

  • Gunakan udang yang benar-benar segar supaya keluar rasa manisnya dan lebih gurih.
  • Saat menggoreng udang, sebaiknya jangan terlalu lama, ya. Karena bisa membuat tekstur udang menjadi keras. Kalau sudah berubah warna langsung angkat.
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: China

Keywords: udang saus tiram

Apa Sayur Pendamping yang Cocok Disajikan Dengan Udang Saus Tiram?

Bicara soal menu seafood, bagi para penikmat kuliner ini tentu menyantap menu kesukaan dengan lauk atau sayur pendamping.

Sama halnya dengan udang saus tiram ini, Lo bisa menikmatinya dengan sayur sebagai pelengkap. Dijamin, sesi makan Lo bakal makin seru! Apa sayur yang cocok dengan udang saus tiram? Berikut rekomendasinya buat Lo :

  • Kangkung Belacan

Lo bisa menikmati udang saus tiram dengan kangkung belacan. Kelezatan kangkung belacan sudah nggak diragukan lagi. Rasanya yang segar dan menggiurkan, cocok banget buat sayur pendamping makanan seafood Lo.

  • Capcay

Selain kangkung, Lo bisa membuat capcay untuk menemani udang saus tiram. Aneka sayur dalam capcay juga sangat cocok disantap bareng menu seafood favorit Lo. Capcay yang kaya rasa dipadu nikmatnya seafood, nikmatnya tiada tara, deh!

  • Tumis Buncis Telur 

Sayur tumis buncis campur orek telur juga cocok, nih. Kerenyahan dan kelezatan buncis dicampur gurihnya telur akan memberikan sensasi rasa yang lezat. Ini sangat cocok jadi pendamping menu seafood Lo.

Fun Fact Seputar Saus Tiram 

Ada banyak bumbu cair atau saus yang digunakan sebagai bahan cocolan makanan atau untuk memasak supaya lebih enak. Misalnya saja saus tomat, saus sambal, kecap manis, minyak wijen, kecap asin, saus tiram, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong soal saus tiram, saus ini banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama untuk sayur atau lauk tumis. Berikut fakta seputar saus tiram yang perlu Lo tau.

  • Fakta Saus Tiram

Saus tiram merupakan saus berwarna hitam dan kaya rasa dengan konsentrat yang cukup kental seperti sirup. Rasanya begitu sedap, asin dan sedikit manis. Cocok untuk penguat rasa berbagai masakan tumis dan chinese food.

Seperti namanya, saus tiram ini berasal dari ekstrak tiram (sejenis kerang-kerangan) yang difermentasikan dengan gula. Pada masakan China, ada bumbu penyedap yang mirip saus tiram, namanya saus hoisin.

Tapi, bedanya saus hoisin dengan saus tiram yaitu dari bahannya. Saus tiram terbuat dari ekstrak kerang, sementara saus hoisin terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tapi, keduanya sama-sama sedap.

  • Rasa Saus Tiram 

Saus tiram memiliki perpaduan rasa yang gurih dan sedap. Seperti perpaduan saus barbeque dan kecap, rasanya cenderung asin dan manis. Karena berasal dari karamelisasi garam dan gula. Sehingga menciptakan rasa yang kuat untuk penyedap masakan.

  • Penggunaan Saus Tiram

Penggunaan saus tiram pada masakan, bisa digunakan langsung, bisa juga dicampur atau ditambahkan dengan saus lain. Saus tiram juga bisa digunakan sebagai bumbu perendam barbeque.

Kalau digunakan langsung, saus tiram cocok sebagai cocolan makanan atau sebagai bumbu tambahan yang dicampurkan kedalam berbagai masakan atau tumisan.

  • Nutrisi Dalam Saus Tiram

Apa saus tiram bernutrisi? Ya, saus tiram juga sama dengan makanan lainnya, sama-sama punya nutrisi didalam. Bahkan, dalam 1 sendok makan saus tiram mengandung setidaknya 9 kalori, lho.

Saus tiram juga terbilang sehat karena bebas kolesterol. Malah tinggi akan protein, serat, vitamin dan mineral. Dan kandungan paling tinggi dalam saus tiram yaitu natrium.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk merebus udang?

Memasak udang sebenarnya nggak memerlukan waktu yang cukup lama. Lo bisa merebus atau menggorengnya lebih dulu sekitar 2 sampai 3 menit saja. Ini untuk memastikan udang sudah aman dari bakteri. Jadi, Lo bisa memasaknya lagi dengan lebih cepat.

Berapa lama waktu memasak udang?

Udang termasuk jenis seafood yang gampang empuk, kok. Malah, kalau Lo memasaknya terlalu lama bisa alot. Cukup masak atau tumis udang sekitar 5 menit. Tapi waktu dari meracik bahan dan bumbu lain, membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Kalau nggak ada saus tiram, bisa diganti apa?

Bahan alternatif yang bisa Lo pakai sebagai pengganti saus tiram yaitu campuran saus hoisin dan kecap asin. Kecap asin sendiri terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi dengan garam.

Berapa lama udang bisa bertahan?

Setelah dimasak, udang bisa bertahan seharian di suhu ruangan. Sementara, udang yang nggak habis, bisa Lo simpan di kulkas dan bisa bertahan sampai 3 hari.

Apakah saus tiram mengandung pengawet?

Ya! Kebanyakan produk pabrikan tentu memakai bahan pengawet, tak terkecuali produk saus tiram. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan mutu produk dan mencegah tumbuhnya mikroba.

Kesimpulan

Dimasak dengan cara apapun dan diolah menjadi hidangan apapun, udang sudah pasti lezat dan selalu tampil menggiurkan. Bahkan, udang segar yang digoreng saja rasanya enak, gurih dan manis.

Apalagi kalau dimasak pakai saus tiram, dijamin bakal jadi rebutan keluarga dirumah, deh. Perpaduan udang dan saus tiram sangat cocok dan menghasilkan rasa lezat yang meresap sampai ke daging udang.

Untuk membuat udang saus tiram yang lezat, Lo bisa ikuti resep Gue diatas yang super simpel. Nggak perlu jauh-jauh ke resto seafood, kalau kangen makan udang, coba masak sendiri pakai resep di atas! Selamat mencoba, ya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star