Resep Tumis Buncis Telur Orak Arik Sederhana

 Salah satu masakan yang paling mudah dan salah satu favorit Gue adalah tumis buncis telur, tinggal tumis-tumis terus kasih telur dan bolak-balik dikit kelar dah!

Karena hari ini cucian lagi menumpuk, tumpukan baju belum di setrika, dan baru saja jemput anak sekolah, sebaiknya sih membuat masakan yang mudah, dan cepat yang bisa selesai dalam 15 menit jadi Gue bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya setelah masak.

Males baca? Langsung Loncat ke Resep, Jangan Lupa kasih rating via komentar ya! Kalau gambar tidak load, silahkan reload websitenya!

Bagi yang ingin save di pinterest silahkan klik pin di gambar ini, dan bagi yang malas membaca bisa langsung loncat ke resep atau video

 

Bahan-bahan Membuat Tumis Buncis Telur Sederhana

Sebelum mulai ke masak-masak, berikut adalah beberapa bahan yang Lo butuhkan untuk membuat tumis buncis telur sederhana

  1. Buncis : beli di tukang sayur keliling sekitar Rp. 5.000 sebungkus, kalau di supermarket sekitar Rp. 12.500 per 250 gram yang sudah dibungkus di dalam freezer
  2. Telur : butuh 2 butir telur aja sih, biasanya sebutir Rp. 3.000
  3. Bawang Merah dan Bawang Putih : Bumbu wajib ini mah, tidak bisa ditawar-tawar
  4. Bakso : Beli sebungkus di tukang sayur tapi pakai secukupnya aja sih biar ada rasa-rasa dagingnya jadi lebih enak
  5. Penyedap rasa : Kalau Gue sih pakai kaldu jamur, namun kalau Lo senangnya kaldu ayam atau sapi yaa gak masalah sih, lebih ke arah selera
  6. Garam : Kalau gak asin yaa gak masook
  7. Minyak Goreng : Pakai secukupnya aja untuk kebutuhan menumis, bisa cek nanti di video kira-kira segimana kalau bingung.
See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Tentu bahan-bahan tersebut bisa disesuaikan ya seperti lebih asin, lebih gurih, atau lebih banyak baksonya dan lain sebagainya.

Baca Juga Resep Ayam Teriyaki Rumahan

Cara Membuat Tumis Buncis Telur Sederhana

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk membuat  Tumis Buncis Telur Sederhana yang menggugah selera:

Langkah 1: Cuci dan potong buncis, bawang merah, dan bawang putih. Pastikan bebas dari kotoran.

Langkah 2: Panaskan wajan dengan sedikit minyak di atas api sedang-besar. Biarkan minyak memanas hingga berkilau.

Langkah 3: Tambahkan bawang putih cincang ke dalam wajan panas. Tumis bawang putih selama sekitar 30 detik hingga harum, tapi hati-hati jangan sampai warnanya menjadi kecokelatan dan berubah menjadi pahit.

Baca Juga : Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Langkah 4: Tambahkan bawang merah setelahnya.

Langkah 5: Masukkan bakso, dilanjutkan dengan buncis dan tumis hingga warnanya menjadi hijau cerah dan sedikit empuk. Ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit. Aduk-aduk hingga merata menggunakan spatula.

Langkah 6: Pecahkan 2 telur dan masukan ke dalam tumisan. Lo dapat menambahkan sedikit minyak pada sisi telur jika diperlukan.

Langkah 7: Orak-arik telur menggunakan spatula berbarengan dengan buncis

Langkah 8: Tambahkan garam dan penyedap rasa ke dalam campuran untuk menambah rasa pada tumis buncis telur.

Langkah 9: Lanjutkan memasak dan aduk hingga semuanya tercampur rata dan telur matang sepenuhnya. Ini biasanya membutuhkan waktu 2-3 menit lagi. Sesuaikan bumbunya jika perlu.

Langkah 10: Sebagai pilihan, Lo dapat menambahkan bahan lain seperti irisan paprika, jamur, atau ayam yang sudah dimasak untuk membuat hidangan ini menjadi lebih beragam.

Langkah 11: Setelah semuanya matang dengan sempurna, angkat tumis dan sajikan selagi panas. Lo dapat menghiasnya dengan daun bawang cincang atau bawang goreng, untuk menambah rasa dan penyajian biar keren.

See also  Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Tumis Buncis Telur


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 15 Minutes
  • Yield: 1 1x
  • Diet: Halal

Description

Resep Tumis Buncis Telur ini merupakan resep yang simple dan cepat hanya 15 menit selesai, cocok untuk Lo yang sedang sibuk atau terburu-buru menyelesaikan sesuatu.


Ingredients

Units Scale
  • 4 Siung Bawang Merah
  • 4 Siung Bawang Putih
  • 8 Butir Bakso
  • 1 Sdt Garam
  • 1 Sdt Kaldu Jamur
  • 2 Butir Telur
  • 250 gram Buncis

Instructions

  • Cuci dan potong buncis, bawang merah, dan bawang putih. Pastikan bebas dari kotoran.
  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak di atas api sedang-besar. Biarkan minyak memanas hingga berkilau.
  • Tambahkan bawang putih cincang ke dalam wajan panas. Tumis bawang putih selama sekitar 30 detik hingga harum, tapi hati-hati jangan sampai warnanya menjadi kecokelatan dan berubah menjadi pahit.
  • Tambahkan bawang merah setelahnya.
  • Masukkan bakso, dilanjutkan dengan buncis dan tumis hingga warnanya menjadi hijau cerah dan sedikit empuk. Ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit. Aduk-aduk hingga merata menggunakan spatula.
  • Pecahkan 2 telur dan masukan ke dalam tumisan. Lo dapat menambahkan sedikit minyak pada sisi telur jika diperlukan. Orak-arik telur menggunakan spatula berbarengan dengan buncis
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa ke dalam campuran untuk menambah rasa pada tumis buncis telur.  Lanjutkan memasak dan aduk hingga semuanya tercampur rata dan telur matang sepenuhnya. Ini biasanya membutuhkan waktu 2-3 menit lagi. Sesuaikan bumbunya jika perlu.
  • Setelah semuanya matang dengan sempurna, angkat tumis dan sajikan selagi panas. Lo dapat menghiasnya dengan daun bawang cincang atau bawang goreng, untuk menambah rasa dan penyajian biar keren.
See also  Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Notes

  1. Sebagai pilihan, Lo dapat menambahkan bahan lain seperti irisan paprika, jamur, atau ayam yang sudah dimasak untuk membuat hidangan ini menjadi lebih beragam.
  2. Resep ini tidak pedas sama sekali karena untuk anak Gue yang masih 5 tahun jadi kalau mau pedas bisa tambahkan cabai merah yang telah di potong saat menumis bawang merah.
  3. Telur bisa ditambahkan jika dirasa kurang
  • Prep Time: 5 Minutes
  • Cook Time: 10 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: tumis buncis telur

Apakah tumis buncis ini bisa lebih pedas?

Resep ini tidak pedas karena untuk anak Gue yang masih 5 tahun, kalau Lo mau lebih pedas silahkan tambahkan cabai sesuai selera berbarengan dengan Lo menumis bawang merah ya.

Apakah hidangan ini cocok untuk vegetarian?

Tentu saja! Tumis buncis dan telur adalah pilihan yang paling oke bagi para vegetarian.

Dapatkah saya mengganti telur dengan tahu dalam resep ini?

Ya, Lo dapat mengganti telur dengan tahu untuk versi vegan dari hidangan ini.

Sayuran apa saja yang dapat saya tambahkan ke dalam tumisan ini?

Paprika, jamur, dan wortel adalah tambahan yang bagus untuk menambah rasa dan warna.

Apakah ada bumbu lain yang bisa saya tambahkan untuk menambah rasa?

Coba tambahkan soy sauce.

Tumis Buncis Telur Cocoknya Disajikan Dengan Apa Saja?

Tumis buncis telur adalah hidangan yang serbaguna dan dapat disajikan dengan berbagai hidangan. Berikut beberapa pilihan hidangan yang cocok dengan tumis buncis telur:

  • Nasi Putih: Tumis buncis telur adalah hidangan yang cukup komplet dengan protein dari telur dan serat dari buncis. Sajikan dengan nasi putih untuk hidangan yang sederhana dan lezat.
  • Nasi Goreng: Tumis buncis telur juga bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk nasi goreng. Campur tumis buncis telur ke dalam nasi goreng atau sajikan di sampingnya untuk hidangan yang lebih beragam.
  • Mie Goreng: Seperti nasi goreng, tumis buncis telur bisa menjadi tambahan yang enak untuk mie goreng. Sajikan tumis buncis telur di atas mie goreng atau campurkannya ke dalam mie saat memasak.
  • Ayam Goreng: Tumis buncis telur dapat menjadi lauk yang cocok untuk hidangan ayam goreng. Ayam goreng dan tumis buncis telur akan memberikan kombinasi rasa yang berbeda-beda.
  • Ikan Bakar: Jika Lo lebih suka hidangan laut, tumis buncis telur juga bisa menjadi hidangan pendamping yang baik untuk ikan bakar. Ini akan memberikan rasa yang berbeda dan nutrisi yang seimbang.
  • Tahu atau Tempe Goreng: Hidangan vegetarian seperti tahu goreng atau tempe goreng juga cocok dengan tumis buncis telur.

Pilihan tergantung pada selera pribadi Lo dan jenis hidangan yang ingin Lo sajikan. Tumis buncis telur bisa menjadi tambahan yang lezat dan sehat untuk berbagai hidangan.

Baca Juga Resep Tahu Cabe Garam

Bagaimana Cara Menyimpan Tumis Buncis Telur?

Untuk menyimpan tumis buncis telur dengan baik dan menjaga kesegarannya, ikuti beberapa langkah berikut:

  • Biarkan Dingin: Setelah Lo selesai memasak tumis buncis telur, biarkan hidangan tersebut mendingin di suhu ruangan sebelum menyimpannya. Jangan biarkan hidangan panas langsung masuk ke dalam wadah penyimpanan, karena ini dapat mengakibatkan kondensasi di dalam wadah.
  • Gunakan Wadah Kedap Udara: Pilih wadah penyimpanan yang kedap udara atau tahan air, seperti toples plastik atau kotak makanan. Pastikan wadah tersebut benar-benar bersih dan kering sebelum digunakan.
  • Pisahkan dari Udara: Jika memungkinkan, usahakan untuk menjaga udara terbawa keluar dari wadah. Lo dapat menggunakan plastik wrap atau kertas alumunium untuk melindungi tumis buncis telur dari udara sebelum menutup wadahnya.
  • Simpan di dalam Kulkas: Segera setelah tumis buncis telur cukup dingin, simpan wadahnya di dalam kulkas. Tempatkan di rak chiller.
  • Tandai dengan Tanggal: Tandai wadah penyimpanan dengan tanggal pembuatan atau tanggal kedaluwarsa sebagai panduan. Biasanya, tumis buncis telur dapat disimpan di kulkas selama 3-4 hari.
  • Hindari Pembekuan: Tumis buncis telur dengan telur biasanya tidak tahan pembekuan dengan baik, karena tekstur telur dapat berubah setelah dibekukan.Intinya jangan taruh di dalam freezer.
  • Hangatkan Ulang : Ketika Lo ingin menghangatkan tumis buncis telur yang disimpan, lakukan dengan hati-hati agar tidak mengubah tekstur atau rasa hidangan. Lo bisa menghangatkannya di atas kompor dengan api kecil atau dalam microwave dengan pengaturan rendah hingga mencapai suhu yang diinginkan, atau menggunakan air fryer. Kalau Gue pakai kompor di tumis ulang.

Manfaat Buncis Untuk Tubuh

Buncis bukan hanya lezat untuk dimakan, namun buncis juga bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buncis untuk tubuh :

Kaya akan Vitamin: Buncis kaya akan vitamin A, C, dan K, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Tinggi Serat: Buncis merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, yang membantu pencernaan dan membantu mengontrol kadar gula darah.

Rendah Kalori:Buncis rendah kalori, menjadikannya pilihan yang tepat untuk Lo yang lagi diet.

Antioksidan: Buncis mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kaya Mineral: Buncis menyediakan mineral penting seperti kalium, yang membantu mengatur tekanan darah.

Kandungan Folat: Buncis merupakan sumber folat (vitamin B9) yang baik, yang penting untuk sintesis DNA dan pertumbuhan sel.

Masakan Buncis di Seluruh Dunia

Food is a universal language that we all speak, regardless of our cultural or linguistic background. – James Beard

Setiap budaya di seluruh dunia memiliki cara unik untuk menyajikan buncis. Yuk cek kira-kira buncis dijadikan apa saja yaa diseluruh dunia?

Buncis dalam Masakan Cina

Di Cina, buncis diasosiasikan dengan umur panjang dan sering disertakan dalam perayaan dan festival. Buncis dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran. Masakan Cina menampilkan buncis  dalam berbagai hidangan, mulai dari tumisan hingga sup.

Buncis dalam Masakan Barat

Dalam budaya Barat, buncis  memiliki peran yang lebih praktis sebagai lauk. Buncis  sering disajikan dengan daging panggang atau sebagai casserole. Dalam masakan Prancis, buncis  sangat populer, disajikan dengan sedikit direbus dengan minyak zaitun.

Buncis  dalam Masakan Asia

Masakan Asia, termasuk Thailand dan Vietnam, menggunakan buncis dalam tumisan dan kari. buncis memberikan tekstur yang renyah dan warna yang cerah pada masakan-masakan ini.

Orang Indonesia Menyukai Hidangan buncis

Biasanya sih buncis di Indonesia kalau gak ditumis yaa di buat sup. Beberapa contoh masakan ala Indonesia yang menggunakan buncis antara lain:

  1. Tumis buncis telur,
  2. Buncis Kuah Santan, biasanya dikasih tahu atau tempe
  3. Buncis gulai

Memang buncis ini terkenal banget di Indonesia dan bisa masuk ke banyak hidangan favorit nusantara.

Fakta Menarik Tentang buncis

Tahu gak sih Lo bahwa buncis sebenarnya adalah buah? Iyaa bener buncis sebenarnya adalah buah, kalau gak percaya cek ke wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Green_bean

Berikut adalah fakta menarik mengenai buncis:

Fakta 1: buncis termasuk dalam keluarga Fabaceae, salah satu keluarga tanaman terbesar, yang memiliki lebih dari 19.000 spesies.

Fakta 2: buncis telah didomestikasi lebih dari 7.000 tahun yang lalu dan memiliki sejarah yang kaya dalam budidaya.

Fakta 3: Dalam beberapa budaya, buncis dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Fakta 4: buncis memiliki beragam warna, termasuk hijau, kuning, dan ungu. Setiap varietas menawarkan rasa dan penampilan yang unik.

Fakta 5: Tanaman buncis dikenal karena kemampuannya untuk memperbaiki nitrogen di dalam tanah, meningkatkan kesuburan tanah untuk tanaman lain.

Fakta 6: buncis digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia, mulai dari casserole buncis klasik Amerika hingga hidangan buncis Szechuan yang pedas di Cina.

Kesimpulan

Tumis buncis dan telur adalah hidangan serbaguna dan lezat yang tidak hanya mudah disiapkan, tetapi juga menawarkan ledakan rasa dan manfaat kesehatan.

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star