Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Resep tongseng ayam  tanpa santan – Pengen coba masak yang spesial nih buat keluarga. Tapi bahan yang tersedia cuma ayam, kol, tomat dan bumbu dapur. Jadi terlintas pengen bikin tongseng ayam deh!

Karena kalau masak ayam cuma digoreng gitu aja kayaknya bosen, ya. Selain itu juga nggak ada kuah, jadi terlihat kering dan kurang sayur. Kalau dibikin tongseng pasti enak dan bisa buat lauk seharian.

Tongseng ini berasal dari Jawa Tengah ya, mirip seperti gulai yang dibumbui dengan berbagai bumbu dapur dan rempah-rempah yang khas, sehingga aromanya sangat kuat.

resep tongseng ayam tanpa santan

Apalagi kalau disantap dengan sepiring nasi hangat, waah… pasti bakalan nagih deh! Biasanya sih Gue suka masak tongseng buat acara kumpul keluarga juga.

Sekarang bikin tongseng mudah kok, nggak mesti pakai daging sapi jika mahal. Lo bisa mengganti dengan daging pakai ayam nih, yang gampang ditemukan dan cukup terjangkau daripada daging lainnya.

Soal rasa, tongseng ayam juga nggak kalah nikmat dari tongseng kambing atau sapi lho. Gimana, mau coba? Sebelumnya kita simak dulu nih sejarah tongseng untuk menambah pengalaman kita, yuk simak!

Baca Juga : Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Bahan Membuat Tongseng Ayam Tanpa Santan 

Berikut bahan-bahan untuk membuat tongseng ayam, ya :

  • Ayam : Potong-potong ayam, boleh dipotong besar atau kecil-kecil, sesuai selera aja. Tapi kalau dipotong kecil-kecil, proses masaknya nanti akan lebih cepat matang.
  • Santan : bikin tongseng umumnya sih pakai santan, meski ada beberapa yang nggak pakai. Lo bisa pakai santan instan aja supaya simpel. Kalau Lo mau masak tongseng non santan ya tinggal skip aja.
  • Kol : biasanya bahan ini emang udah jadi isian khas tongseng, ya.
  • Tomat : sama dengan kol, masakan tongseng pasti ciri khasnya pakai tomat. Gunakan tomat segar, ya.
  • Bawang merah : irisan bawang merah emang bikin tongseng makin sedap!
  • Cabe rawit merah : biasanya cabe rawit di masakan tongseng dibiarkan utuh, tapi boleh juga diiris. Ini si sesuai selera masing-masing, ya.
  • Bumbu halus : Lo bisa baca di resepnya ya, apa aja bumbunya.
  • Garam : Ini bumbu wajib ya, kalau nggak asin ya nggak enak!
  • Penyedap rasa : Supaya tongseng lebih dan mantap.
  • Daun bawang : Secukupnya aja ya, biasanya untuk taburan kalau tongsengnya udah matang.
  • Minyak goreng : Secukupnya saja untuk menumis bumbunya.
  • Kecap manis : Semua jenis tongseng biasanya pakai kecap ya, tapi kalau Lo nggak suka bisa di skip.
See also  Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Baca Juga : Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Cara Membuat Tongseng Ayam Tanpa Santan 

@luvnedotcom Cara Membuat Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan dalam 30 menit untuk 3-4 porsi. Luhat resep, cara membuat dan tips lainnya dengan mengunjungi website kami. Klik link di bio kami ya #reseptongsengayam #reseptongsengayamtanpasantan #reseptongsengayamaimpeltanpasantan #resepayamenak ♬ suara asli – luvnedotcom

Bagi yang mau lihat video bisa ke tiktok @luvnedotcom atau di youtube yaa, untuk resepnya cek di bawah:

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
resep tongseng ayam tanpa santan

Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 4 1x
  • Diet: Halal

Description

Sekarang bikin tongseng mudah kok, nggak mesti pakai daging sapi jika mahal. Lo bisa mengganti dengan daging pakai ayam nih, yang gampang ditemukan dan cukup terjangkau daripada daging lainnya.  Yuk, cobain resep tongseng ayam tanpa santan berikut ini.


Ingredients

Units Scale

Bahan :

  • Ayam : 500 gram (potong dadu)
  • Kol : 1/2 bonggol
  • Tomat : 1 buah (ukuran sedang)
  • Cabe rawit merah utuh : 5 butir (boleh di skip)

Bumbu halus :

  • Cabe merah : 4 buah (optional)
  • Lengkuas : 1 ruas jempol lengkuas
  • Serai : 1 batang
  • Daun salam : 2 lembar (remas)
  • Daun jeruk : 2 lembar (robek dan buang tulang daunnya)
  • Bawang putih : 4 siung
  • Bawang merah : 10 butir
  • Kemiri : 3 butir
  • Kunyit : 2 ruas
See also  Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Bumbu secukupnya :

  • Air : kurleb 500 ml
  • Minyak goreng (untuk menumis bumbu)
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Kecap manis : 3 sdm
  • Daun bawang (untuk taburan)

Instructions

Langkah 1 : Siapkan dan cuci bersih semua bahan. Potong-potong bahan, tomat potong dadu, kol juga potong-potong. Serai potong jadi 3 bagian lalu geprek bagian batangnya. Iris dan geprek lengkuas. Sisihkan semua bahan.

Langkah 2 : Setelah meracik bahan, sisihkan bumbu yang lain. Kemudian, potong dadu ayamnya. Sisihkan.

Langkah 3 : Siapkan bumbu halusnya, masukkan dalam blender. Tuang sedikit minyak, lalu blender bumbu sampai halus.

Langkah 4 : Nyalakan kompor. Panaskan minyak secukupnya, lalu masukkan ayam yang telah dipotong-potong. Tumis sampai berubah warna dan matang. Angkat.

Langkah 5 : Panaskan panci, lalu masukkan bumbu halus. Tambahkan daun salam sambil di remas, daun jeruk sambil dirobek, dan serai yang sudah di geprek. Lalu, masukkan ayam yang sudah matang, aduk sampai rata dengan bumbu. Tambahkan 3 sdm kecap manis. Aduk lagi.

Langkah 6 : Tuang air kira-kira 500 ml lalu aduk sampai rata. Tambahkan 1 sdt munjung kaldu ayam, setengah sendok teh lada putih bubuk, dan 1 sdt garam. Aduk lagi.

Langkah 7 : Setelah mendidih, masukkan kol dan tomat. Aduk lagi sampai rata. Masak sampai layu dan matang.

Langkah 8 : Setelah matang, angkat dan sajikan dalam mangkuk saji. Jangan lupa taburkan daun bawang biar makin wangi dan segar. Tongseng ayam siap disantap. Selamat mencoba!

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Main Dish
  • Method: Soup
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: tongseng

Tongseng jenis makanan apa?

Tongseng merupakan sejenis hidangan gulai daging dengan kuah dan bumbu rempah yang lebih kuat. Masakan tongseng umumnya pakai daging kambing, tapi sekarang tongseng bisa pakai daging apa saja, ya. Termasuk daging ayam.

Berapa lama tongseng bisa bertahan?

Tongseng bisa bertahan selama 1 sampai 2 hari di suhu ruang. Dan bisa bertahan sampai 4 hari jika disimpan dalam kulkas.

Apakah tongseng boleh dipanaskan?

Ya, tongseng kuah tanpa santan sebenarnya boleh dipanaskan. Tapi untuk tongseng bersantan, tidak boleh dipanaskan lebih dari 1 kali atau berulang-ulang. Karena bisa berubah menjadi racun!

Apa bedanya tongseng dan tengkleng?

Karena terlihat sedikit mirip, terkadang orang salah menyebut antara tongseng dan tengkleng. Bedanya yaitu, olahan tengkleng cuma berisi jeroan dan balungan (tulang) kambing, serta kuah yang sedikit encer. Sementara tongseng, berisi daging dan tambahan sayuran seperti kol dan tomat yang segar sebagai isian. Selain itu, tongseng ada yang bersantan, apa pula yang tidak bersantan.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Sejarah Tongseng

Tongseng dikenal sebagai makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah yang kuat. Tongseng berasal dari Jawa Tengah. Menurut beberapa media, tongseng berasal dari Klego, Boyolali.

Awalnya, tongseng dibuat dari daging kambing, tapi sekarang, banyak orang menggantinya dengan daging sapi atau ayam. Alasannya mungkin karena lebih mudah ditemukan dan lebih ekonomis, tapi nggak mengubah cita rasa.

Tongseng sendiri sebenarnya mirip sekali dengan gulai daging, hal ini karena bumbu rempahnya cukup kuat. Tapi yang bikin beda yaitu campuran isian yang digunakan. Kalau tongseng, rata-rata menggunakan sayur kol dan potongan tomat.

Baca Juga : Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Selain itu, tongseng sebenarnya memakai daging yang dipotong kecil-kecil atau masih nempel di tulangnya. Misalnya seperti bagian tulang belakang atau tulang iga. Tapi untuk tongseng ayam, orang bisa memasaknya secara utuh.

Sejarah tongseng sendiri yang paling familiar yaitu berawal pada abad ke 18-an. Dimana banyak saudagar dari Timur Tengah yang datang ke Indonesia. Dari sinilah tercipta pertukaran ragam budaya sekaligus dari dunia kuliner.

Di Jawa Tengah sendiri, seperti Jogja dan Jawa Timur, disana banyak sekali daerah penghasil kambing, sehingga banyak juga olahan kambing dari kulinernya, yang paling populer sate daging.

Lalu, tulang dan jeroannya, masyarakat mengolahnya lagi dengan rempah-rempah dan santan, yang dikenal dengan gulai. Seiring berkembangnya kuliner, masyarakat Jawa mulai meracik menu baru dari olahan kambing atau sapi.

Ciri khas dari masakan menu baru ini menggunakan campuran sayur dan irisan tomat segar. Selain itu racikan bumbunya juga ditambah dengan kecap manis yang lebih dominan. Sehingga tercipta rasa yang begitu lezat dan gurih, yang kita kenal dengan nama ”tongseng”.

Kesimpulan

Tongseng emang udah jadi kuliner Nusantara yang menggiurkan, ya. Variasi tongseng juga sudah bervariasi, mulai dari tongseng kambing, sapi, ayam, hingga kerbau.

Kalau Lo pengen coba masak tongseng ayam yang simpel dan mudah, Lo bisa ikuti resep Gue di artikel ini ya, baca juga resep lainnya hanya di luvne.com, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star