Resep Tempe Mendoan Sederhana Anti Gagal, Gurihnya Pas!

Resep tempe mendoan sederhana – Salah satu olahan tempe lezat yang sering dijadikan cemilan yaitu tempe mendoan. Pasti pernah dong makan tempe mendoan? Apalagi saat bulan ramadhan, banyak sekali pedagang yang menjual tempe mendoan ini sebagai menu berbuka puasa.

Nggak heran lagi kalau banyak orang juga mencoba mencari resep tempe mendoan ini. Selain nikmat, tempe yang terbuat dari kacang kedelai ini tergolong sehat dan rendah kalori ya, jadi sangat cocok buat Lo yang lagi program diet atau vegetarian.

resep tempe mendoan

Perpaduan gurih tempe mendoan dan sambal khasnya membuat banyak orang menyukai makanan satu ini. Tapi, nggak melulu harus beli, lho. Lo bisa bikin tempe mendoan sendiri dirumah. Bumbu dan cara bikinnya juga gampang banget! Simak disini, ya!

Baca Juga :Ā Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!

Asal Usul Tempe MendoanĀ 

Tempe mendoan atau disebut mendoan aja adalah makanan khas daerah Banyumas, Jawa Tengah. Tempe mendoan rupanya telah menjadi komoditas terbesar Banyuwangi yang dikelola sejak 1960-an.

Asal mula tempe mendoan ini pertama kali dipopulerkan di daerah Purwokerto, Jawa Tengah, sejak awal abad ke-19an. Tempe mendoan awalnya dibuat oleh para pedagang kaki lima di jalanan atau pasar.

Karena rasanya yang enak dan unik daripada tempe goreng biasa, tempe mendoan kemudian menjadi cepat populer di masyarakat, dan menjadi makanan ringan yang sangat digemari.

Penamaan tempe mendoan berasal dari bahannya yaitu tempe sebagai bahan utamanya, dan mendoan yang berasal dari kata ā€mendoā€ yang artinya ā€setengah matangā€ kalau diartikan dalam bahasa Banyumas.

Hal ini karena tempe mendoan sendiri dimasak atau digoreng dengan minyak goreng panas dan dengan jumlah minyak yang banyak serta durasi masak yang cepat, sehingga tempe tidak benar-benar matang alias setengah matang.

See also  Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Sekarang, resep tempe mendoan banyak dicari orang, karena telah menjadi salah satu pilihan cemilan yang lezat. Banyak yang membuatnya untuk berjualan atau hanya sekedar untuk membuat camilan dirumah.

Menikmati tempe mendoan juga tergolong praktis, karena bisa langsung dimakan begitu saja, atau ditambah dengan sambal favorit lebih nikmat. Misalnya dicocol saus sambal, sambal kecap, sambal kacang, atau mungkin cuma ceplus cabe pun enak!

Di tempat asalnya, tempe mendoan juga sering dijadikan sebagai makanan pendamping atau pelengkap berbagai makanan, misalnya seperti nasi uduk, pecel, nasi liwet atau nasi goreng.

Baca Juga :Ā Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Jenis Tepung Yang Cocok Untuk Tempe MendoanĀ 

tempe mendoan

Nah, setelah mengenal asal usul tempe mendoan, sekarang Lo harus tau nih cara bikin camilan enak ini. Tapi, sebelum lanjut ke resep, Lo harus tau dulu apa jenis tepung yang dipakai untuk membuat adonan tempe mendoan.

Beda dari tempe goreng biasa, tempe mendoan biasanya dibuat dan dikemas secara khusus untuk menu pembuatan tempe mendoan. Adonannya terbuat dari tepung, aneka bumbu, dan air. Nah, Lo udah tau belum, tepung yang cocok untuk membuat tempe mendoan?

Ada 2 jenis tepung untuk membuat adonan tempe mendoan, yaitu :

  • Tepung terigu : tepung terigu menjadi bahan utama untuk membuat adonan mendoan, Lo harus pilih tepung terigu dengan protein rendah atau sedang.
  • Tepung beras : sebagai bahan tambahan atau campuran pada adonan, tapi takarannya harus lebih sedikit dibanding tepung terigunya, ya. Misalnya tepung terigu 250 gram, maka tepung berasnya 50 gram (4 tepung terigu : 1 tepung beras).

Tapi, takaran tepung beras nggak boleh terlalu banyak, karena akan membuat tempe mendoan malah jadi keras.

See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Selain takaran tepungnya harus pas, adonan tempe mendoan juga sebaiknya dibuat dengan kekentalan yang pas supaya adonan nggak terlalu encer atau terlalu kental.

Baca Juga :Ā Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Resep Membuat Tempe MendoanĀ 

resep tempe mendoan

Kalau Lo mau mencoba bikin tempe mendoan sendiri di rumah, yuk simak resep tempe mendoan ala Gue di bawah ini!

  • Tempe : Lo bisa pilih tempe biasa atau tempe khusus mendoan. Kalau tempe khusus mendoan biasanya dibungkus daun dan satuan (nggak perlu dipotong).
  • Tepung terigu : sebagai bahan utama untuk membuat adonan tempe mendoan.
  • Tepung beras : sebagai bahan campuran untuk bikin adonan, supaya teksturnya nanti sedikit kriuk tapi empuk.
  • Daun bawang : sebagai bahan tambahan pada adonan supaya wangi. Biasanya kalau tempe mendoan khas Banyuwangi asli menggunakan daun kucai.
  • Air : buah bikin adonan, atur secukupnya, ya. Jangan terlalu kental atau terlalu encer.
  • Garam : tentu bumbu wajib ada ya, campurkan ke adonan.
  • Penyedap rasa : biar adonan tempe mendoan re rasanya lebih sedap.
  • Bumbu halus : pakai bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan kunyit bubuk.
  • Minyak goreng : butuh agak banyak untuk menggoreng tempe mendoan.
  • Bahan sambal : buat cocolan tempe mendoan, Lo perlu irisan cabe rawit merah, cabe rawit ijo, bawang merah, tomat dan tambahan kecap manis dan jeruk limau.
  • Tepung mendoan instan : Lo bisa menambahkan tepung mendoan instan, boleh juga di skip.

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
resep tempe mendoan

Resep Tempe Mendoan Sederhana Anti Gagal, Gurihnya Pas!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 35 Minutes
  • Yield: 6 1x
  • Diet: Vegan
See also  Resep Bumbu Semur Tahu Bulat, Manis dan Lezat!

Description

Perpaduan gurih tempe mendoan dan sambal khasnya membuat banyak orang menyukai makanan satu ini. Tapi, nggak melulu harus beli, lho. Lo bisa bikin tempe mendoan sendiri dirumah


Ingredients

Scale
  • 2 bungkus tempe khusus mendoan (1 bungkus isinya 4 lembar tempe)
  • 2 batang daun bawang
  • 4 butir bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt kencur
  • 10 sdm tepung terigu protein rendah
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • Air secukupnya

Bahan Sambal :Ā 

  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 1 buah tomat
  • 2 buah jeruk limo

Instructions

Langkah 1 : Siapkan tempe dan semua bumbu yang diperlukan. Kalau pakai tempe biasa, iris tipis tempe melebar. Racik adonan : campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, kencur bubuk dan kaldu jamur. Aduk menjadi satu.

Langkah 2 : Buat bumbu halusnya. Masukkan bawang putih dan ketumbar, lalu beri air secukupnya. Blender bumbu sampai halus.

Langkah 3 : Masukkan bumbu yang sudah diblender ke dalam adonan. Jangan lupa tambahkan potongan daun bawang.

Langkah 4 : Tambahkan air secukupnya, lalu aduk rata adonan. Adonan siap!

Langkah 5 : Buka tempe mendoan satu per satu. Lalu tuang minyak yang banyak, ya. Gue pakai tempe khusus mendoan. Gue pakai 4 bungkus tempe mendoan, 1 bungkus ini isinya ada 4 lembar tempe, jadi totalnya ada 8 lembar tempe.

Langkah 6 : Tunggu sampai minyak benar-benar panas. Setelah panas, masukkan adonan tempenya. Goreng tempe mendoan sebentar saja, lalu balik tempe sekali saja.

Langkah 7 : Kalau kedua sisi tempe sudah sedikit kecoklatan, langsung angkat dan tiriskan. Gunakan tissue supaya minyak sedikit terserap.

Langkah 8 : Ulangi menggoreng, sampai tempe mendoan dan adonannya habis.

Gambar 9 : Selanjutnya, siapkan bahan sambalnya : bawang merah, cabe rawit merah, cabe rawit ijo dan tomat.

Gambar 10 : Iris semua bahan, iris bawang bawang merah, cabe rawit, cabe rawit ijo dan tomatnya. Taruh dalam mangkuk sambal.

Gambar 11 : Beri kecap manis secukupnya dan perasan jeruk limo. Lalu aduk sampai rata.

Gambar 12 : Jadi deh sambalnya! Sajikan tempe mendoan dengan sambal kecap.

Gambar 13 : Cocol tempe mendoan dengan sambal kecap, rasanya yummy banget!

Notes

  1. Jika susah cari tempe mendoan, boleh pake tempe biasa. Tapi harus diiris dengan sangat tipis.
  1. Jangan terlalu lama menggorengnya, karena memang konsep tempe mendoan memang digoreng cepat dan tidak garing.
  1. Tempe mendoan identik berwarna putih dan lembek, jadi tidak perlu goreng sampai garing dan kecoklatan.
  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Goreng
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: tempe mendoan

Tips Menggoreng Tempe Mendoan Yang Benar

Tempe mendoan telah menjadi cemilan populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan tekstur yang lebih lembut dibanding tempe goreng biasa, menjadikan tempe mendoan sebagai pilihan tepat untuk menemani saat santai.

Kalau Lo mau bikin tempe mendoan khas Banyumas yang setengah matang tapi enak, Lo harus ikuti beberapa tips-tips dibawah ini supaya hasilnya sesuai yang Lo inginkan. Apa saja?

Baca Juga :Ā Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Minyak Harus Banyak

Tips pertama menggoreng tempe mendoan yang benar yaitu minyaknya harus banyak. Tempe mendoan harus terendam sempurna. Teknik deep frying atau menggoreng dengan jumlah minyak yang banyak akan membuat durasi dalam menggoreng tempe mendoan menjadi lebih singkat.

Goreng Tempe Mendoan Dengan Minyak Bersuhu Tinggi

Tips kedua yaitu goreng tempe mendoan dalam minyak goreng yang telah panas sempurna atau bersuhu tinggi. Dengan begitu, akan menghasilkan tempe mendoan yang sedikit garing bagian pinggirnya, tapi tetap lembut.

Selain itu, kalau Lo menggoreng adonan tempe mendoan dalam minyak yang kurang panas, maka akan membuat tempe mendoan menyerap lebih banyak minyak.

Cukup Dibalik Sekali

Tips terakhir dalam menggoreng tempe mendoan yang benar yaitu goreng dalam waktu singkat dan cukup dibalik sekali saja. Karena pakai minyak banyak, maka akan lebih gampang dibalik juga.

Tempe mendoan cukup dibalik sekali, dan tunggu beberapa saat, langsung angkat dan tiriskan. Jadi nggak nunggu sampai kering, ya.

Apa menggoreng tempe mendoan harus selalu setengah matang?

Ya, ciri khas dari tempe mendoan yaitu setengah matang (mendo). Jadi, kalau Lo bikin mendoan asli ya memang setengah matang. Tapi kalau Lo suka agak garing, boleh digoreng sedikit lebih lama.

Apa boleh pakai tepung mendoan instan?

Boleh saja. Penggunaan tepung mendoan sebagai tambahan atau campuran akan menambah nikmat rasa pada adonan tempe mendoan. Malah, biasanya tepung mendoan instan sudah berbumbu, Lo tinggal menambahkan sedikit garam, daun bawang dan penyedap rasa.

Darimana asal tempe mendoan?

Camilan ini berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Lalu menyebar ke seluruh daerah di Indonesia.

Berapa lama waktu dalam menggoreng tempe mendoan?

Setelah tempe mendoan dimasukkan kedalam minyak goreng panas, waktu ideal menggoreng tempe mendoan (mendo) yaitu selama 3 sampai 4 menit saja, lalu angkat dan tiriskan.

Apa harus selalu pakai daun bawang?

Penambahan bahan daun bawang pada adonan bertujuan biar tempe mendoan lebih wangi dan segar. Kalau tempe mendoan asli khas Banyuwangi, biasanya pakai irisan kucai.

Gimana cara menyantap tempe mendoan?

Tempe mendoan enaknya disantap saat masih hangat bersama dengan sambal favorit atau dimakan begitu saja pun enak. Tempe mendoan juga enak disantap dengan : 1. Ceplus cabe rawit 2. Cocol saus sambal 3. Sambel kacang 4. Sambal kecap

Gimana cara bikin sambal kecap untuk mendoan?

Sangat mudah, lho! Lo cuma perlu beberapa bahan, seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan kecap manis. Caranya : ulek kasar/halus semua bumbu (sesuai selera masing-masing). Taruh dalam wadah sambal, lalu tambahkan kecap manis secukupnya, aduk rata. Siap disajikan bareng tempe mendoan.

Kesimpulan

Tempe mendoan telah menjadi cemilan yang lezat dan disukai banyak orang. Apalagi seperti momen puasa Ramadhan, banyak sekali orang yang berjualan tempe mendoan ini.

Kalau Lo ada stok tempe dirumah, Lo bisa sulap menjadi tempe mendoan nih. Lo bisa menyajikan tempe mendoan dengan sambal favorit atau dengan cabe rawit utuh pun nikmat.

Gimana, pengen bikin sekarang? Jangan lupa ikuti tips-tipsnya, dan ikuti selalu resep-resep dari Gue hanya di luvne.com ya! Yuk, masak.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star