Resep Semur Tahu Tempe Sederhana, Mudah dan Enak.

Resep semur tahu – Bosen masak tahu digoreng kering atau gitu-gitu aja? Tenang, Lo bisa memasak tahu jadi sajian yang lebih lezat dan menggiurkan, lho. Misalnya jadi semur tahu.

Rasanya yang gurih dan manis sangat cocok jadi sajian untuk keluarga tercinta dirumah. Apalagi anak-anak, pasti suka banget sama menu manis dan legit ini.

Lo bisa memasak semur tahu ini sebagai pilihan hidangan makan siang yang lezat sekaligus hemat karena harga tahu yang sangat terjangkau.

Lo juga bisa mengkombinasi tahu dengan campuran bahan lain seperti telur, kentang atau tempe. Nah, untuk resep semur tahu, Lo bisa simak resep Gue dibawah, ya!

Ciri-ciri Tahu Yang Bagus 

Sebelum lanjut memasak semur tahu, ada baiknya Lo ketahui dulu nih bagaimana ciri-ciri tahu yang bagus dan fresh sebelum membelinya.

See also  Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

1. Tekstur Tahu Lembut

Pertama, Lo bisa melihat dari teksturnya. Tahu yang baik dan masih fresh punya tekstur yang lembut. Apalagi saat ditekan, tahu akan rentan hancur.

2. Aroma Tidak menyengat 

Selanjutnya, tahu yang masih bagus memiliki aroma yang segar dan tidak menyengat. Aroma kedelai tahu sangat khas.

3. Hindari Tahu Yang Terlalu Keras 

Hindari juga memilih tahu yang memiliki tekstur terlalu keras saat ditekan. Karena dikhawatirkan tahu mengandung bahan pengawet kimia atau formalin. Tentu ini akan berbahaya untuk kesehatan.

4. Warnanya Tidak Pudar

Khususnya tahu kuning, Lo bisa melihat dari warnanya. Warna tahu yang bagus yaitu warna kuning alami dari kunyit. Tapi, hindari kalau warnanya terlalu mencolok atau malah pudar.

5. Tidak Kadaluwarsa

Untuk tahu kemasan di supermarket, sebaiknya cek tanggal kadaluwarsanya, ya. Jangan sampai membeli tahu lewat tanggal kadaluwarsa. Selain itu, pilih tahu yang kemasannya utuh, tahu tidak pecah dan nggak berbusa.

6. Tidak Berlendir

Terakhir, pilih tahu yang ketika dipegang terasa kesat. Hindari membeli tahu yang lengket dan terasa licin karena sudah berlendir. Ini merupakan tanda kalau tahu sudah nggak layak atau mulai membusuk.

Resep Semur Tahu

Buat Lo yang mau mencoba membuat semur tahu, caranya gampang banget, kok. Berikut beberapa bahan dan bumbu yang perlu Lo siapkan kalau mau bikin semur tahu sendiri dirumah :

  • Tahu putih : pilih tahu sesuai selera. Biasanya tahu putih adalah tahu yang sering digunakan untuk masakan semur. Tapi Lo juga bisa pakai tahu jenis lain untuk semur Lo. Pilihlah tahu yang segar dan bagus.
  • Kecap manis : sebagai bintang utamanya nih, masakan semur emang identik dengan kecap manis yang dominan. Pakai kecap manis yang enak dan berkualitas, ya.
  • Gula merah : biasanya dipakai dalam jenis masakan manis termasuk semur. Bisa juga sebagai tambahan bumbu masakan lainnya untuk menambah rasa manis alami dan gurih.
  • Air : secukupnya atau sesuai porsi semur yang akan dibuat. Untuk memasak semur supaya bumbu meresap kedalam bahan.
  • Bawang goreng : secukupnya saja untuk taburan semur nantinya.
  • Saus tiram : ada beberapa resep yang menambahkan saus tiram untuk memperkuat citarasa semur dan gurihnya kuah semur. Tapi kalau nggak suka boleh di skip.
  • Bumbu halus : gampang banget kok, terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lada, garam dan penyedap rasa.
  • Bumbu aromatik : seperti daun salam dan kayu manis merupakan rempah khas yang akan menambah citarasa semur yang lezat.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis bumbu.
See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Semur Tahu Tempe Sederhana, Mudah dan Enak.


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 35 Minutes
  • Yield: 4 1x
  • Diet: Vegan

Description

Lo bisa memasak semur tahu ini sebagai pilihan hidangan makan siang yang lezat sekaligus hemat karena harga tahu yang sangat terjangkau.


Ingredients

Units Scale

Bahan-bahan :

  • Tahu putih : 2 buah (ukuran sedang)
  • Kecap manis : 6 sdm
  • Gula merah : 1 sdm
  • Air : 600 ml
  • Bawang goreng : secukupnya (untuk taburan)

Bumbu Halus :

  • Bawang merah : 7 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Kemiri : 3 butir
  • Lada bubuk : 1 sdt
  • Saus tiram : 2.sdt
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng

Bumbu aromatik : 

  • Daun salam : 2 lembar
  • Kayu manis : 2 sentimeter

Instructions

Langkah 1 : Pertama, siapkan bahan utamanya tahu dan bumbu-bumbunya.  Potong-potong tahu sesuai selera. Sisihkan.

Langkah 2 : Siapkan blender. Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri dan lada. Haluskan menggunakan blender sampai halus.

Langkah 3 : Siapkan wajan. Tuang minyak secukupnya, lalu goreng tahu sampai berkulit atau kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 4 : Kalau kebanyakan, kurangi minyak dalam wajan. Lalu tumis bumbu halus pakai minyak bekas goreng tahu tadi. Tumis sampai berubah warna.

Langkah 5 : Masukkan bumbu aromatik daun salam dan kayu manis. Tumis sampai layu dan wanginya keluar.

Langkah 6 : Tuang air secukupnya, lalu tambahkan kecap manis, gula merah, saus tiram, lada bubuk, penyedap rasa dan garam. Aduk sampai merata.

See also  Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk

Langkah 7 :  Masukkan tahu yang tadi sudah digoreng. Aduk sampai tercampur rata dengan kuah bumbu. Masak sampai kuah agak menyusut.

Langkah 8 : Setelah bumbu meresap dan kuah menyusut, cek rasa. Kalau sudah pas, matikan api.

Langkah 9 : Semur tahu lezat siap disajikan. Taruh dalam mangkuk saji, lalu taburi dengan bawang goreng secukupnya. Jadi deh!

Notes

  1. Tahu harus digoreng lebih dulu sampai berkulit supaya bumbu bisa melekat dan tidak mudah hancur saat dimasak/diaduk.
  1. Kalau ada, sebaiknya gunakan wajan teflon supaya masakan nggak lengket.
  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 160 cal
  • Sugar: 14.5 gram
  • Sodium: 560 gram
  • Fat: 5 gram
  • Saturated Fat: 0.6 gram
  • Unsaturated Fat: 1.6 gram
  • Carbohydrates: 24 gram
  • Fiber: 0.5 gram
  • Protein: 3.2 gram
  • Cholesterol: 0 mg

Keywords: semur tahu tempe

Tips Membuat Semur Tahu yang Nikmat 

Semua jenis tahu dikenal punya rasa yang enak dan legit. Bahkan penggemar tahu seringkali menyebut tahu lebih enak dari daging, lho.

Semur tahu yang enak dan lezat tentunya berasal dari kualitas tahu itu sendiri. Selain itu juga dari bumbu dan cara pengolahannya. Gimana caranya? Simak tips berikut :

1. Menggunakan Bumbu Halus Buatan Sendiri 

Semur menjadi menu yang sangat sederhana, tapi bisa menjadi spesial kalau diolah dengan bumbu yang tepat dan dibuat dengan tangan sendiri.

Di era yang serba praktis, terkadang orang malas membuat bumbu halus sendiri, mereka lebih sering menggunakan bumbu instan untuk memasak.

Bumbu halus khas buatan sendiri akan memberi aroma sedap pada olahan semur saat dimasak ataupun disantap.

2. Beri Tambahan Bawang Merah Iris

Umumnya bawang merah dihaluskan, tapi Lo bisa menambahkannya lagi dengan bawang merah yang diiris tipis. Nantinya, bawang merah iris ini tetap ditumis sampai harum bersama bumbu halus.

3. Beri Bumbu Aromatik

Nah, saat memasak semur, jangan lupa menambahkan bumbu aromatik yang diperlukan. Bumbu aromatik akan membuat masakan beraroma sedap dan menggugah selera.

Ada banyak macam bumbu aromatik, seperti daun salam, daun jeruk, sereh, pala bubuk, kayu manis, cengkeh, kapulaga,  bunga lawang atau lainnya. Lo tinggal sesuaikan dengan masakan Lo.

4. Menambahkan Air Secukupnya 

Setelah semua bumbu ditumis dan sudah harum, Lo harus menambahkan air untuk merebus dan memasak semur supaya bumbunya meresap. Tapi ingat, tambahkan air secukupnya aja, ya.

Tuang air sedikit demi sedikit dan kira-kira sudah cukup baru tambahkan kecap manis dan bumbu penyedap lainnya.

Menuang air sedikit demi sedikit ini bisa membuat bumbu semur mudah meresap kedalam tahu daripada Lo memasukkan air sekaligus banyak.

5. Masak yang Lama

Nah, tips lain masak semur biar enak yaitu masak dengan waktu yang lama. Hal ini supaya bumbu semur benar-benar meresap sempurna kedalam tahu. Jadi, sebaiknya gunakan api kecil untuk memasak semur, ya.

Cara Menyimpan Tahu Supaya Tidak Cepat Asam

Nah, selain tips memasak semur tahu yang enak, Lo juga harus tau nih, gimana caranya menyimpan tahu yang benar supaya nggak cepat asam.

Jadi, selain Lo harus membeli tahu dengan kualitas bagus, Lo juga harus tau bagaimana cara menyimpan tahu yang benar.  Ikuti trik ini supaya stok tahu nggak gampang rusak atau asam :

  • Cuci Tahu

Setelah membeli tahu dari pasar, segera cuci bersih tahu dengan air keran atau air mengalir supaya rasa tahu tetap enak. Jangan membiarkan tahu terlalu lama di ruangan terbuka karena bisa membuat tahu kecut dan asam.

  • Rebus tahu

Cara lainnya yaitu rebus tahunya sebentar. Rebus tahu selama kurang lebih 10 menit supaya proses fermentasi tahu terhenti. Jadi, tahu nggak akan cepat asam.

Setelah dingin, tahu sudah bisa dimasak atau disimpan di kulkas. Kalau akan disimpan, sebaiknya gunakan wadah yang tertutup rapat dan kedap udara supaya tahu nggak mudah kering.

  • Rendam Dalam Air

Pernah liat penjual tahu dipasar nggak? Mereka biasanya merendam tahu jualannya dalam suatu wadah atau bak khusus tahu. Nah, sama seperti itu, ketika Lo membeli tahu, sebaiknya langsung buka kemasannya dan rendam dalam air.

Cara ini bisa membuat tahu lebih awet, tahan lama, dan nggak cepat asam lho. Bahkan, tekstur tahu akan tetap lembut dan kenyal dalam beberapa hari. Pastikan tahu terendam dengan sempurna dan wadah tertutup rapat.

  • Simpan di freezer

Selain cara diatas, Lo bisa menyimpan tahu freezer. Kalau disimpan dan dibekukan di freezer, tahu bakal tahan sampai seminggu, lho. Cara ini lebih aman untuk penyimpanan jangka panjang. Menyimpan di freezer ini cocok untuk semua jenis tahu.

Apa ciri tahu yang berformalin?

Ciri tahu yang berformalin yaitu ketika ditekan nggak hancur dan ketika ditusuk dengan jari terasa keras dan sangat kenyal. Karena tekstur asli tahu itu lembut dan mudah hancur.

Berapa lama tahu bisa bertahan?

Tahu yang disimpan di kulkas dengan benar bisa bertahan 3 sampai 4 hari. Kalau disimpan di freezer, tahu bisa bertahan hingga seminggu, bahkan lebih.

Apakah bikin semur harus selalu pakai tahu putih?

Ada banyak jenis tahu, dan umumnya memang tahu putih yang sering diolah menjadi semur. Tapi, Lo juga bisa menggunakan tahu lain untuk membuat semur, misalnya tahu coklat.

Rekomendasi kecap manis yang enak?

Ada beberapa rekomendasi kecap yang enak untuk masakan Lo : 1. Kecap Manis Bango, 2. Kecap ABC 3. Kecap Manis Indofood, 4. Kecap Manis Nasional, 5. Kecap Merk Zebra

Bolehkan tanpa bumbu aromatik?

Memasak olahan seperti semur sebaiknya menggunakan bumbu aromatik supaya masakan lebih nikmat dan sedap. Jadi, kalau tanpa bumbu aromatik, masakan akan terasa kurang mantap.

Bolehkah memakai bumbu semur instan?

Boleh saja. Tapi kalau ada banyak stok bumbu, mending Lo bikin sendiri bumbu halusnya, dijamin rasanya akan lebih nikmat, lho. Tapi kalau untuk tambahan saja nggak masalah.

Kesimpulan

Semur tahu menjadi sajian yang sederhana tapi nggak kalah lezat bak hidangan spesial, lho. Perpaduan rasa yang gurih dan manis, dilengkapi kuah yang kental dan sedikit pekat kecap membuat semur tahu enak dimakan dengan nasi hangat saja.

Cara membuat semur tahu juga cukup mudah. Pilih tahu yang berkulit supaya bumbu lebih meresap dan tampilan tetap cantik saat disajikan. Ikuti juga resep-resep lezat lainnya hanya di luvne.com, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star