Resep Sempol Ayam Gurih, Praktis dan Anti Gagal

Resep sempol ayam – Ayo, yang suka jajan merapat. Ada banyak menu camilan kekinian yang nge-hits banget, tak terkecuali sempol ayam. Yang suka jajan pasti tau dong? Jajanan berbentuk seperti sate ini makin hari makin bertebaran.

Pedagang sempol ayam biasanya berjualan di pinggir jalan atau di depan sekolah-sekolah. Rasanya yang gurih dan enak, harganya pun ekonomis, membuat sempol banyak diminati anak-anak, bahkan orang dewasa, lho.

Meski harganya terjangkau, sebenarnya Lo bisa membuat camilan enak ini sendiri. Daripada jajan melulu, mending bikin sempol sendiri dirumah, lebih banyak dan lebih hemat tentunya.

Untuk resep, Lo nggak perlu bingung, karena Gue akan berbagi resep cara bikin sempol yang enak dan gurih. Dijamin anak-anak dan keluarga dirumah ketagihan, deh! Yuk, simak resepnya!

Kenapa Dinamakan Sempol Ayam?

Sebelum lanjut ke resep, ada yang tau nggak sempol ayam berasal darimana? Jajanan bernama sempol ayam ini berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Lalu, kenapa dinamakan sempol?

Nama sempol ini diambil dari nama desa pencetus makanan ini, yaitu Desa Sempol, Kecamatan Pagak, Kota Malang. Ciri khas jajanan sempol ini yaitu ditusuk seperti sate, lalu goreng dengan baluran kocokan telur.

Bahan-bahan sempol ayam juga mudah dan sederhana. Sempol ayam terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan tepung terigu, tepung tapioka, dan aneka bumbu yang membuatnya gurih dan enak.

See also  Resep Nasi Goreng Jawa Simpel dan Lezat!

Rasa sempol yang gurih, crispy dan empuk, sangat cocok dinikmati dengan saus sambal, sambal kecap, atau sambal yang diberi campuran saus cabe. Sambalnya pun bisa dibuat sendiri dengan mudah.

Dikota asalnya, jajanan yang satu ini mudah ditemukan dimana saja. Sekarang, penjual sempol juga semakin banyak, Lo bisa menemukannya di pinggir jalan atau di depan sekolah-sekolah.

Nggak perlu jauh-jauh ke Malang, Lo bisa membuat jajanan sempol ini sendiri dirumah. Kalau bingung, ikuti resep Gue dibawah ini, ya.

Bahan Untuk Membuat Sempol Ayam

Kalau Lo ingin coba membuat sempol dirumah, siapkan dulu bahan-bahannya, Simak, yah!

  • Ayam : ini bahan utama sempol. Untuk hasil yang enak, gunakan ayam fillet yang masih fresh, ya.
  • Tepung terigu : bahan selanjutnya untuk adonan membuat sempol.
  • Tepung tapioka : bahan campuran untuk membuat adonan sempol. Bahan ini membuat tekstur sempol kenyal saat digigit.
  • Telur : digunakan untuk bahan pencelup sempol sebelum digoreng. Ini akan menambah tekstur crispy dan gurih pada sempol.
  • Daun bawang : bahan untuk dicampur dalam adonan supaya rasa dan aromanya khas dan segar.
  • Air es : ini untuk bikin adonan sempol, supaya hasilnya lebih kalis, dan bisa membuat tekstur sempol menjadi empuk dan lembut.
  • Bumbu adonan : simpel banget, cuma bawang merah, bawang putih, lada bubuk, kaldu bubuk, dan garam.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menggoreng sempol.
  • Bahan sambal : cek di resep, ya! Ini sambal untuk cocolan sempol ala di abang-abang sempol, lho.
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Sempol Ayam Gurih, Praktis dan Anti Gagal


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 60 Minutes
  • Yield: 15 1x
  • Diet: Halal

Description

resep cara bikin sempol yang enak dan gurih. Dijamin anak-anak dan keluarga dirumah ketagihan, deh! Yuk, simak resepnya!


Ingredients

Units Scale

 

  • Dada ayam fillet : 150 gram
  • Telur : 1 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Bawang merah : 3 siung
  • Daun bawang : 1 batang
  • Tepung terigu : 100 gram
  • Tepung tapioka : 150 gram
  • Air es : 100 ml
  • Lada bubuk : 1/2 sdt
  • Kaldu bubuk : 1/2 sdt
  • Garam : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya (untuk menggoreng)

Bahan sambal :

  • Bawang merah : 4 butir
  • Bawang putih : 3 siung
  • Tomat : 1 buah
  • Cabe merah keriting : 5 buah
  • Cabe rawit merah : 5 buah
  • Gula pasir : 1 sdm
  • Garam : 1/2 sdt
  • Kaldu bubuk : 1/2 sdt
  • Saus tomat : 4 sdm
  • Air : secukupnya

Instructions

Langkah 1 : Pertama-tama, siapkan semua bahan sempol dan bahan bumbunya. Potong-potong ayam, lalu masukkan dalam chopper atau blender.

Langkah 2 : Tambahkan telur, bawang putih, bawang merah, lada bubuk, daun bawang, garam, dan kaldu bubuk. Lalu blender semua bahan sampai halus.

Langkah 3: Kalau sudah halus, masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan air es. Blender lagi sampai menjadi adonan sempol.

Langkah 4 : Tuang adonan sempol dalam wadah untuk dibentuk.

Langkah 5 : Masak air sampai mendidih, lalu matikan apinya. Waktunya membentuk sempol! Jangan lupa pakai sarung tangan, lalu olesi dengan sedikit minyak.

Langkah 6 : Ambil 1 sendok makan adonan (kalau kurang bisa ditambah lagi), lalu pipihkan dan bentuk memanjang. Kemudian, tusuk adonan (yang sudah dibentuk) dengan tusuk sate, lalu lilitkan.

Langkah 7 : Masukkan sempol yang sudah diberi tusukan kedalam air panas tadi. Ulangi sampai semua adonan habis.

See also  Cara Masak Rendang Ayam Dengan Bumbu Jadi Dari Pasar

Langkah 8 : Setelah selesai membentuk adonan, nyalakan lagi apinya. Rebus sampai sempol mengambang. Matikan api, lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 9 : Tunggu sampai sempol bersuhu ruangan. Nah, pada step ini, sempol bisa langsung di goreng ataupun dijadikan frozen food untuk camilan.

Langkah 10 : Kalau Lo mau menggoreng sempol, siapkan telur lalu kocok lepas, dan beri sedikit garam. Goreng dulu sempol tanpa telur sebentar saja, lalu angkat.

Langkah 11 : Celupkan sempol kedalam kocokan telur, gulirkan sampai merata. Lalu goreng lagi sampai sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Langkah 12 : Waktunya bikin sambalnya. Didihkan air, lalu masukkan bahan-bahannya (bahan sambal). Rebus sampai matang. Angkat, tiriskan sebentar.

Langkah 13 : Haluskan bumbu dengan blender. Lalu tumis bumbu tanpa minyak dulu, ya. Tumis sampai kandungan air mengering.

Langkah 14 : Tuang minyak secukupnya, tumis sampai harum dan matang. Setelah itu, tambahkan air secukupnya, saus tomat, gula, penyedap rasa dan garam. Aduk, lalu tes rasa.

Langkah 15 : Sambal untuk cocolan sempol sudah siap!

Langkah 16 : Sajikan sempol dengan sambalnya. Sambil ngopi atau ngeteh sore, wah dijamin ketagihan, nih!

Notes

  1. Cocolan sempol boleh pakai saus tomat atau saus sambal saja, sesuai selera.
  2. Saat merebus sempol, sebaiknya tambahkan sedikit minyak goreng, supaya sempol tidak lengket/menempel satu sama lain.
  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 40 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Goreng
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 220 cal
  • Sugar: 1 gram
  • Sodium: 307 gram
  • Fat: 7.4 gram
  • Saturated Fat: 1.5 gram
  • Unsaturated Fat: 2.1 gram
  • Carbohydrates: 25.8 gram
  • Fiber: 0.7 gram
  • Protein: 9.3 gram
  • Cholesterol: 79 mg

Keywords: Sempol Ayam

Tips Membuat Sempol Ayam Enak

Camilan sempol kini sudah sangat eksis, Lo bisa menemukan penjual sempol dengan mudah di pinggir-pinggir jalan. Bagi yang ketagihan dengan camilan gurih ini, seringkali mencoba bikin sendiri dirumah.

Nah, kalau Lo ingin membuat sempol sendiri dirumah, jangan lewatkan beberapa tips berikut supaya hasil sempolnya lebih enak dan gurih. Simak, ya.

1. Gunakan Daging Giling

Bahan utama untuk membuat sempol yaitu daging ayam. Beli daging fillet tanpa tulang. Lo harus menghaluskannya lebih dulu. Gunakan chopper atau blender daging untuk menghaluskan.

Kalau nggak punya banyak waktu, Lo bisa membeli daging giling di pasar, jadi Lo nggak perlu repot-repot menghaluskan lagi. Tinggal campurkan kedalam bahan-bahan lain untuk membuat adonan.

2. Buat Adonan Sampai Halus & Tidak Menggumpal

Selanjutnya, dalam step membuat adonan, sebaiknya aduk sampai halus dan lembut. Usahakan tidak ada yang menggumpal. Masukkan bahan kedalam blender satu per satu lalu haluskan.

Ulangi sampai benar-benar halus. Gunakan whisk supaya lebih merata. Adonan yang lembut merata akan mudah dibentuk, lho.

3. Tambahkan Bahan Lain Untuk Menambah Citarasa

Meski sempol umumnya terbuat dari ayam, bukan berarti Lo nggak boleh menambahkan bahan lain kedalamnya. Lo bisa bisa membuat sedikit variasi, misalnya tambahkan udang kedalam adonan.

Nggak perlu banyak, kok, tambahkan sedikit saja untuk menambah citarasa yang gurih dan unik. Haluskan udang lalu campurkan kedalam adonan sempol.

4. Gunakan Tusuk Sate Dengan Ukuran Yang Sama

Tips lainnya yaitu gunakan Tusuk sate dengan ukuran yang sama atau seragam. Jangan ada yang pendek atau lebih panjang. Ukuran yang sama akan mempermudah Lo saat menggoreng sempol, semua akan terendam minyak dengan rata.

5. Goreng Dengan Baluran Telur

Ciri khas dari camilan lezat ini memang harus digoreng dengan baluran telur. Bahan pencelup telur ini berguna untuk menambah tekstur sempol menjadi lebih crispy dan gurih.

6. Gunakan Wajan Tabung

Rekomendasi terbaik menggoreng sempol yaitu menggunakan wajan berbentuk tabung. Karena sempol sendiri bentuknya seperti sate, jadi akan lebih mudah dalam menggoreng. Semua sempol akan terendam minyak dengan sempurna. Goreng sampai matang dan crispy. Goreng sempol sekitar 5 sampai 10 menit. Sempol siap dinikmati.

Gimana, tips yang mudah, kan? Jadi selain mempersiapkan resepnya, Lo harus perhatikan juga tips-tipsnya. Sehingga sempol buatan Lo akan lezat maksimal.

Siapa pencipta menu sempol ayam?

Dilansir dari beberapa sumber, sempol ayam ini pertama dibuat oleh seorang pedagang cilok di kota Malang bernama Cak Man. Awalnya Cak Man berjualan cilok, kemudian memiliki ide ingin berjualan jajanan yang unik. Sampai akhirnya terciptalah jajanan sempol ayam.

Apa bahan ayam bisa diganti dengan ikan?

Boleh banget! Meski sempol dikenal berbahan dari ayam, tapi seiring berkembangnya kuliner bidang jajanan kekinian, sekarang sempol juga bisa dibuat dari berbagai bahan, lho, termasuk ikan.

Apa saja variasi sempol selain sempol ayam?

Ada banyak bahan yang bisa Lo buat menjadi sempol yang enak, lho. Misalnya : 1. Sempol Tahu 2. Sempol Tempe 3. Sempol Ikan Tuna 4. Sempol Udang 5. Sempol Ikan Tenggiri 6. Sempol Mie.

Apa sempol termasuk jajanan sehat?

Ya! Sempol terbuat dari ayam segar yang bernutrisi tinggi, telur sebagai sumber protein dan aneka bumbu yang menambah kelezatannya. Semua tergantung dari bahan yang digunakan dan minyak untuk menggoreng sempol.

Berapa lama sempol tahan lama di kulkas?

Sempol bisa dijadikan makanan frozen food untuk stok camilan dirumah. Kalau disimpan dengan benar, seperti di freezer, sempol ayam bisa bertahan sampai 1 minggu, lho.

Kesimpulan

Sempol menjadi jajanan kekinian yang disukai banyak orang, khususnya anak-anak. Sempol ayam banyak dijual di pinggir jalan atau di depan sekolah. Rasanya yang enak dan gurih, menjadikan jajanan ini selalu diserbu.

Untuk teman ngeteh atau ngopi dirumah, Lo bisa membuat sempol untuk camilan keluarga. Caranya cukup mudah. Malah kalau bikin sendiri bisa untuk stok di kulkas, lho. Cobain resepnya, yuk!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star