Resep Sayur Pokcoy Tahu Bening Yang Enak dan Simple

Resep pokcoy tahu bening – Sayur emang jadi kebutuhan yang penting buat tubuh kita ya. Apalagi untuk usia anak-anak yang masih butuh asupan nutrisi baik dari buah maupun sayuran. Sehingga tubuh kita pun akan sehat secara keseluruhan.

Tanpa sayuran, tubuh kita akan kekurangan vitamin dan serat, lho. Artinya, tubuh kita akan jadi gampang sakit. Banyak orang yang nggak suka makan sayur, katanya si membosankan dan rasanya kurang enak.

pokcoy tahu bening
pokcoy tahu bening

Padahal, sayuran kalau bisa masaknya menurut Gue si enak-enak aja, bahkan terasa nikmat. Misalnya aja sayur pakcoy. Pasti tau dong sayur mirip sawi ini? Ya, pokcoy emang masih varietas sawi ya.

Sayur pakcoy biasanya dimasak dengan cara ditumis dengan saus tiram atau untuk campuran masakan lain. Wah, pokoknya rasanya enak! Gue punya resep sayur bening pokcoy yang super simpel tapi dijamin enak dan bakal ketagihan deh! 

Males baca? Langsung Loncat ke Resep, Jangan Lupa kasih rating via komentar ya! Kalau gambar tidak load, silahkan reload websitenya!

Bagi yang ingin save di pinterest silahkan klik pin di gambar ini, dan bagi yang malas membaca bisa langsung loncat ke resep atau video

sayur pokcoy tahu

Darimana Asal Sayur Pokcoy?

Tau nggak sayur pakcoy berasal dari mana? Bok choy atau sering dikenal dengan pakcoy adalah sayuran yang masih satu keluarga dengan sawi. Di Indonesia sendiri, ada yang menyebutnya dengan sawi sendok.

See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Hal ini karena daunnya yang melengkung mirip dengan sendok.

Pokcoy pertama ditemukan di negara China sebelum abad ke-15.

Kini, pokcoy banyak digunakan dalam resep masakan Asia, lho, salah satunya ya Indonesia.

Pakcoy mirip dengan sawi, batangnya berwarna sedikit putih dan daun berwarna hijau tua, hanya saja ukurannya lebih pendek dibanding sawi hijau. Pokcoy ternyata jenis sayuran hasil persilangan dari genus brokoli dan kol.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Sayur pokcoy juga kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan, maka tak heran, olahan pokcoy kini telah mendunia, lho.  Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kita masak sayur pokcoy!

Bahan Untuk Resep Sayur Pokcoy Tahu Bening

resep pokcoy tahu bening

Nah, kali ini Gue gue mau bikin sayur yang seger-seger dari pokcoy nih, Gue mau bikin sayur bening pokcoy. Berikut bahan-bahan untuk membuat sayur bening pokcoy :

  • Sayur pokcoy : pilih pakcoy yang masih segar dan renyah. Lo bisa membelinya di tukang sayur atau pasar terdekat.
  • Tahu sutera : biasanya berbentuk kotak, warnanya putih dan biasanya udah di bungkusin. Tahu ini teksturnya lebih lembut dan gampang pecah dibandingkan dengan tahu putih biasa.
  • Tomat : pakai yang ukuran kecil saja. Agar penampilan sayur bening pokcoynya jadi cantik dan kuahnya segar.
  • Bawang merah : bumbu wajib untuk memasak sayur bening.
  • Bawang putih : bumbu wajib juga ya, agar sayur bening terasa harum bawang putih.
  • Minyak goreng : secukupnya aja untuk menumis bumbu.
  • Garam : kalau nggak asin ya nggak enak dong.
  • Gula : kalau Gue pakai gula ya, tapi kalau Lo nggak suka boleh di skip.
  • Penyebab rasa : buat nyedepin sayur bening, Gue lebih suka pakai kaldu jamur. Lo boleh pakai penyedap rasa yang ada di rumah ya.

Baca Juga : Resep Capcay Kuah Sederhana Rumahan Yang Enak

Nah, itu dia bahan-bahan yang perlu Lo siapkan untuk memasak sayur bening pokcoy. Yuk kita masak sekarang!

@luvnedotcom Cara Membuat Resep Pokcoy Tahu Bening dalam 15 Menit untuk 2 porsi! Lihat resep selengkapnya dengan klik link di bio #resepmasakan #resepsayur #resep sayurtahutanpadiulek #resepsayurbening ♬ Beautiful Paradise – Aga Alamsyah

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
pokcoy tahu bening

Resep Sayur Pokcoy Tahu Bening Yang Enak dan Simple


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 15 minutes
  • Yield: 1
  • Diet: Vegetarian

Description

Cukup 15 menit untuk membuat sayur ini karena sangat simple dalam pembuatannya


Ingredients

  • Pokcoy : 16 lembar (setara dengan 1 bonggol pokcoy)
  • Tahu sutera : 1 buah (potong kecil-kecil)
  • Tomat : 1 buah (ukuran kecil)
  • Bawang merah : 2 butir
  • Bawang putih : 3 siung
  • Garam : 1/2 sdt
  • Gula : 1/2 sdt
  • Kaldu jamur : 1 sdt
  • Minyak goreng : secukupnya

Instructions

Langkah 1 sayur pokcoy tahu bening

Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan bumbunya. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Potong-potong tomat, sayur pakcoy dan tahu sutera.

Langkah 2 sayur pokcoy tahu bening

Langkah 2 : Nyalakan kompor. Siapkan panci dan tuang minyak goreng secukupnya. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.

Langkah 3 sayur pokcoy tahu bening

Langkah 3 : Tambahkan air secukupnya. Masukkan tahu sutera lebih dulu. Masak sampai mendidih. Tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk.

Langkah 4 sayur pokcoy tahu bening

Langkah 4 : Terakhir, masukkan sayur pakcoy dan potongan tomat. Masak sampai matang.

Langkah 5 sayur pokcoy tahu bening

Langkah 5 : Setelah matang, angkat dan sajikan. Jangan lupa tes rasa ya!

  • Prep Time: 5 minutes
  • Cook Time: 10 minutes
  • Category: Sup
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: sayur pokcoy

Baca Juga : Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk

Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Mengutip dari halodoc.com, sayur pakcoy atau sawi sendok ini punya deretan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, lho. Dengan mengkonsumsinya setiap hari, maka akan terasa efek baiknya dalam tubuh.

Adapun kandungan nutrisi dalam sayur pokcoy mentah diantaranya ada kalori, protein, serat makanan, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, selenium, asam folat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan K.

Maka tak heran, sayur pokcoy punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, lho, karena tinggi antioksidan dan nutrisi lainnya. Berikut beberapa manfaatnya ;

  1. Mencegah Kanker

Siapa sih yang nggak takut kanker? Penyakit mematikan ini sangat berbahaya untuk kesehatan, bahkan banyak angka kematian akibat kanker.

Pokcoy mengandung senyawa yang bisa melawan kanker seperti selenium, folat, beta karoten, vitamin C dan E. Kandungan ini merupakan antioksidan yang baik untuk membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.

  1. Mengurangi Peradangan

Seperti jenis sawi hijau lainnya, pokcoy juga sebagai sumber flavonoid quercetin yang baik, lho. Quercetin bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sehingga bisa membantu mengurangi resiko terkena masalah kesehatan yang kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sayur pakcoy juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin K. Kandungan inilah yang membantu menjaga kesehatan tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

  1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Pakcoy bisa membantu menurunkan resiko serangan jantung, lho. Karena mengandung vitamin B6 dan asam folat yang bekerja menghilangkan homosistein dari darah.

  1. Baik Untuk Mata

Pakcoy juga mengandung beta karoten dan vitamin A dengan jumlah yang cukup. Sehingga bisa memenuhi asupan vitamin A harian yang dibutuhkan.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Senyawa selenium dalam sayur pakcoy bisa membantu jaringan tubuh pada sistem imun untuk merangsang kekebalan tubuh dalam melawan  bakteri dan virus yang berbahaya.

Berapa waktu yang tepat untuk memasak sayur pokcoy?

Waktu yang tepat untuk memasak sayur pakcoy yaitu sekitar 3-5 menit. Jangan memasak pokcoy dalam waktu yang lama ya, karena sayur ini gampang layu dan cepat lembek.

Apa saja kandungan vitamin dalam sayur pokcoy?

Sama seperti jenis sawi lainnya, sayur pokcoy juga mengandung beberapa vitamin dan senyawa yang baik untuk kesehatan, diantaranya serat, antioksidan beta karoten, asam folat, kalsium, dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, B6, C, dan K.

Pakcoy biasanya dimasak apa?

Bagi yang suka, pokcoy ternyata bisa dimakan mentah, lho. Tapi jangan lupa untuk mencucinya sampai benar-benar bersih, ya. Pokcoy juga bisa diolah menjadi tumisan, sup, pelengkap menu lain atau untuk campuran masak mie instan.

Berapa lama sayur bening pokcoy bisa bertahan?

Setelah dimasak, sayur bening pokcoy bisa bertahan sekitar 1-2 hari. Tapi kalau sayur pokcoy mentah, bisa bertahan sampai seminggu jika disimpan di kulkas.

Kesimpulan

Sayur bening pokcoy merupakan sayur yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, pokcoy juga gampang diolah, kok, Lo bisa memasaknya dengan cara ditumis, direbus atau dibikin sayur bening kaya Gue.

Kalau Lo belum pernah mengolah pokcoy sebelumnya, Lo bisa ikuti resep Gue ini ya, karena caranya gampang dan simpel banget. Yuk, cobain resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star