Resep Pisang Goreng Renyah Kriuk Tahan Lama!

Resep pisang goreng – Siapa sih yang nggak kenal camilan lezat pisang goreng? Pisang goreng enak disantap saat bersantai dan ditemani teh hangat atau kopi. Selain lezat, camilan pisang goreng juga mengenyangkan, lho.

Nggak melulu harus beli, Lo bisa membuat sendiri dirumah, asalkan tau resepnya. Dijamin pasti anak-anak dan suami tercinta ketagihan deh mencicipi pisang goreng buatan Lo.

Lo bisa berkreasi di dapur membuat pisang goreng ala rumahan yang lezat dan nikmat untuk camilan. Kalau Lo bingung, Lo bisa ikuti resep Gue disini, ya. Yuk, simak resepnya disini!

Baca Juga : Resep Tempe Mendoan Sederhana Anti Gagal, Gurihnya Pas!

Resep Pisang Goreng Crispy 

Nah, sekarang Lo perlu siapkan bahan-bahan untuk membuat pisang goreng renyah dan garing nih :

  • Pisang : Lo bisa pilih pisang sesuai selera, misalnya ingin menggunakan pisang uli, pisang kepok, pisang nangka, atau jenis lainnya.
  • Tepung terigu : sebagai bahan utama untuk membuat adonan, ya. Pakai secukupnya.
  • Tepung beras : sebagai campuran adonan tepung terigu. Sesuaikan takarannya, campuran ini bisa membuat adonan crispy di bagian luarnya.
  • Madu : Lo bisa pakai tambahan sedikit madu pada adonan tepung, supaya menghasilkan pisang goreng manis khas madu.
  • Garam : Beri sedikit garam, supaya adonan nggak hambar.
  • Gula pasir : tambahkan sedikit gula pasir biar rasanya tambah manis. Apalagi kalau pisang yang akan digoreng belum terlalu matang sempurna. Tapi kalau sudah pakai madu, Lo bisa skip gula pasirnya.
  • Margarin : tambahkan sedikit margarin pada dolanan, akan membuat pisang goreng makin nikmat.
  • Vanili bubuk : pakai secukupnya supaya pisang gorengnya beraroma harum.
  • Air : secukupnya untuk membuat adonan. Jangan terlalu encer atau terlalu kental, ya.
  • Minyak goreng : Gunakan minyak agak banyak ya, atau goreng pisang dengan metode deep frying, supaya pisang lebih crispy tahan lama.

Baca Juga : Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Pisang Goreng Renyah Kriuk Tahan Lama!


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 10 1x
  • Diet: Vegan

Description

Lo bisa berkreasi di dapur membuat pisang goreng ala rumahan yang lezat dan nikmat untuk camilan. Kalau Lo bingung, Lo bisa ikuti resep Gue disini, ya.


Ingredients

Scale

Bahan : 

  • Pisang : 5 pcs (belah 2)

Bahan adonan :

  • Tepung terigu : 100 gram
  • Tepung beras : 2 sdm
  • Madu : 3 sdm
  • Garam : sejumput
  • Gula pasir : 1 sdt
  • Margarin : 3 sdm
  • Vanilli : 1/2 sdt
  • Air : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menggoreng

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan diatas. Mulai racik adonan : campurkan tepung terigu dan tepung beras. Beri sedikit garam, vanili, gula pasir, dan margarin.

Langkah 2 : Tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan pas. Aduk sampai rata dan kekentalan yang pas.

Langkah 3 : Masukkan 2 sendok makan madu ke dalam adonan tepung, lalu aduk rata.

Langkah 4 : Kupas pisang, lalu belah menjadi 2 bagian. Sisihkan dalam piring.

Langkah 5 : Nyalakan kompor. Tuang minyak agak banyak. Tunggu sampai panas. Goreng dulu pisang yang sudah dibelah 2. Goreng sampai setengah matang, ya. Lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 6 : Celupkan pisang yang sudah digoreng setengah matang tadi ke dalam adonan tepung.

Langkah 7 : Goreng lagi pisang sampai berwarna kuning keemasan. Lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 9 : Sajikan pisang selagi hangat untuk teman teh atau kopi. Hmm… rasanya mantul dah!

Notes

  • Supaya pisang goreng matang sempurna dan nggak gosong, sebaiknya goreng pisang dengan api kecil sampai sedang, ya.
  • Buat adonannya kudu pas, ya. Jangan terlalu encer atau terlalu kental.
  • Pilih pisang favorit Lo. Sebaiknya pilih yang matangnya sedang.
  • Goreng pisang menggunakan metode deep frying alias minyaknya harus banyak, ya. Supaya hasil pisang gorengnya renyah dan lembut.
See also  Resep Bumbu Oles & Ungkep Ayam Bakar Kecap Empuk, Bumbunya Meresap!
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Goreng
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 85 gram
  • Calories: 214 cal
  • Sugar: 14.5 gram
  • Sodium: 4 mg
  • Fat: 12 gram
  • Saturated Fat: 1.5 gram
  • Unsaturated Fat: 3.7 gram
  • Carbohydrates: 38 gram
  • Protein: 1.26 gram
  • Cholesterol: 0 mg

Keywords: pisang goreng

Tips Membuat Pisang Goreng Supaya Renyah Tahan Lama

Lo bisa membuat pisang goreng yang crispy dan garing tahan lama. Gimana caranya? Simak nih :

1. Memilih Jenis Pisang

Tips pertama yang harus Lo perhatikan yaitu pilih jenis pisang yang tepat. Karena, nggak semua jenis pisang bisa digoreng. Ada jenis pisang buah atau bisa langsung dimakan, ada jenis pisang yang harus diolah dulu, baik digoreng, direbus, atau dikukus.

Selain itu, pilih juga pisang dengan tingkat kematangan yang pas. Hindari juga pisang yang terlalu matang karena bisa lembek atau benyek saat di goreng.

2. Cara Memotong Pisang

Tips selanjutnya, perhatikan juga cara memotong pisangnya. Kalau pisang akan digoreng, sebaiknya potong varian yang disarankan. Seperti belah menjadi dua bagian,  potong empat lapis, potong serong, atau potong koin. Semua ini akan menentukan tingkat kematangan pisang saat digoreng.

3. Membuat Adonan Yang Tepat

Jangan lupa untuk membuat adonan tepung yang tepat, ya. Kalau Lo mau bikin pisang goreng, sebaiknya gunakan tepung terigu protein tinggi. Selain itu, beri sedikit campuran tepung beras supaya pisang goreng lebih renyah.

4. Gunakan Baking Powder Jika Perlu 

Kalau adonan tepung sudah benar, Lo bisa menambahkan sedikit baking powder jika diperlukan. Baking powder bisa membantu adonan makin renyah dan tahan lama.

5. Gunakan Wajan Cekung

Tips selanjutnya yaitu gunakan wajan cekung untuk menggoreng pisang. Wajan yang cekung akan membuat minyak mengumpul di tengah, sehingga pisang akan terendam sempurna.

6. Goreng dengan Api Sedang

Jangan lupa untuk menggunakan api kecil sampai sedang saat menggoreng pisang. Ini supaya pisang goreng nggak cepat gosong dan matangnya merata.

7. Minyak Harus Banyak 

Kebanyakan goreng-gorengan termasuk pisang goreng, lebih bagus menggunakan minyak yang banyak atau yang sering disebut dengan metode menggoreng ”deep frying”.

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang Goreng Sederhana Anti Pecah

Jenis Pisang untuk Digoreng

Nah, sebelum mulai masak-masak, da baiknya Lo mengenal dulu nama pisang yang cocok untuk digoreng, supaya Lo nggak salah pilih pisang goreng favorit.

Pisang menjadi salah satu buah yang bernutrisi tinggi, lho. Jenis-jenis pun ada banyak. Ada pisang yang enak dimakan langsung, apa juga yang harus diolah dulu.

Dari sekian banyak pisang, jenis pisang apa yang cocok di goreng? simak nih jenisnya :

  • Pisang Uli

Pisang raja uli atau sering disebut pisang uli ini menjadi salah satu jenis pisang yang cocok untuk digoreng, lho. Lo bisa bikin pisang goreng pakai pisang uli ini. Pilih pisang yang matangnya sedang, jadi saat digoreng rasanya manis pas dan tekstur pisang yang renyah.

  • Pisang Raja Bulu

Pilihan pisang lain yang juga cocok digoreng yaitu ada pisang raja bulu. Pisang ini daging buahnya lebih tebal dan aroma harum yang khas. Cita rasa pisang ini juga semanis madu dengan tekstur yang padat dan lembut. Jenis pisang ini sering dibuat pisang goreng kipas, lho.

  • Pisang Kepok

Jenis pisang yang cocok digoreng lainnya yaitu pisang kepok. Pisang ini punya tekstur daging buah yang legit dan empuk. Nah, apalagi kalau digoreng, rasanya akan tambah nikmat dan lembut saat digigit.

Kebanyakan orang suka memilih pisang kepok untuk pisang goreng. Karena dibanding pisang lain, pisang kepok lebih enak, daging padat, rasa lebih legit dan nggak mudah lembek saat digoreng.

Pisang kepok sendiri ada yang macam ya, ada pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Keduanya enak, tapi soal harga, pisang kepok putih lebih mahal dibanding kepok kuning.

  • Pisang Tanduk

Jenis pisang lainnya yang bisa jadi pilihan untuk digoreng yaitu pisang tanduk. Disebut tanduk karena pisang ini bentuknya menyerupai tanduk hewan. Sebenarnya pisang tanduk bisa dimakan langsung, tapi akan lebih nikmat kalau digoreng dulu.

  • Pisang Nangka

Pisang nangka juga enaknya digoreng. Pisang ini berwarna hijau polos dengan rasa manis dan daging buah yang renyah. Pisang nangka punya aroma yang harum seperti buah nangka dan rasa yang manis. Makanya, cocok sekali buat digoreng.

Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Fun Fact Tentang Pisang Goreng, Camilan Manis Yang Mendunia

Pisang goreng jadi camilan yang lezat dan favorit banyak orang. Rasanya yang lezat, manis, dan crispy, membuatnya nggak bisa berhenti ngemil.

Selain lezat, pisang goreng juga bergizi dan mengenyangkan. Lebih dari itu, ada banyak fakta menarik dibalik camilan manis ini, lho. Apa saja? Simak fakta pisang goreng berikut :

1. Fakta 1 : Asal Pisang Goreng

Mengutip dari web liputan6.com, pisang goreng memiliki fakta berasal dari bangsa Portugis. Jadi, masyarakat Indonesia pertama kali mengenal pisang goreng saat bangsa Portugis masuk ke Indonesia pada 1511 M.

2. Fakta 2 : Camilan Kaum Bangsawan

Dulunya, pisang goreng merupakan camilan kaum bangsawan dan ningrat, lho. Jadi, cuma orang-orang tertentu yang bisa makan pisang goreng ini. Apalagi masyarakat pribumi yang dinilai kurang mampu, mereka nggak bisa mencicipi makanan satu ini.

3. Fakta 3 : Modifikasi Pisang Goreng 

Zaman dulu, pertama bangsa Portugis memperkenalkan pisang goreng, mereka punya resep sendiri. Kini, seiring perkembangan zaman, orang Indonesia mulai membuat resep pisang goreng ala lidah masing-masing.

Sampai sekarang, pisang goreng terus mengalami modifikasi rasa. Nggak cuma di Indonesia, ternyata pisang goreng juga ditemukan di Malaysia dan Singapura, lho.

Baca Juga: Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal

Bolehkah pakai tepung goreng pisang instan?

Boleh aja. Lo bisa menggunakan tepung pisang instan untuk membuat adonan. Tapi alangkah baiknya Lo berkreasi sendiri membuat adonan pisang goreng yang lezat dan nikmat.

Apa adonan harus pakai gula?

Tambahan seperti gula, madu, sampai susu bubuk pada resep pisang goreng, semuanya bertujuan untuk menghasilkan pisang goreng yang manis, lezat dan creamy.

Apa tepung terigu yang bagus untuk menggoreng pisang?

Tepung yang dipakai untuk membuat adonan pisang goreng yaitu tepung terigu dan tepung beras. Gunakan tepung terigu protein tinggi, ya.

Apa gunanya vanili bubuk?

Penggunaan vanili bubuk pada adonan bertujuan untuk meningkatkan aroma pada adonan. Sehingga pisang goreng aromanya harum nikmat.

Berapa banyak minyak untuk menggoreng pisang?

Banyaknya minyak tergantung berapa ukuran wajan yang digunakan sekaligus jumlah pisang yang Lo goreng. Lo bisa menuang minyak sampai kira-kira pisang goreng terendam sempurna.

Bolehkan mengganti air dengan santan?

Ya, boleh banget! Memang ada beberapa varian resep pisang goreng yang menggunakan santan untuk membuat adonannya. Ini akan menambah citarasa yang khas pada pisang goreng nantinya.

Kesimpulan

Pisang goreng memang telah menjadi camilan yang sehat sekaligus mengenyangkan. Gue dan keluarga gue juga suka banget sama pisang goreng. Resepnya yang sangat mudah, Lo pasti bisa membuatnya sendiri dirumah.

Pilihlah pisang yang matangnya sedang, ya, supaya hasilnya legit dan manisnya pas tapi nggak lembek atau benyek. Gimana, tertarik bikin pisang goreng sendiri? Selamat mencoba resep Gue, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star