Resep Opor Ayam Kuning Santan Spesial Lebaran, Gurih & Lezat

Resep opor ayam kuning – Siapa sih yang nggak kenal sama menu opor ayam? Menu satu ini sering banget kita masak saat lebaran tiba. Banyak orang memasak menu serba santan termasuk opor ayam kuning ini sebagai menu andalan.

Jadi nggak heran lagi deh, kalau hari raya tiba, hampir di setiap rumah, kita akan menjumpai menu lezat ini. Umumnya, opor ayam disajikan bersama lontong atau ketupat, dan dilengkapi dengan sayur labu dan balado kentang ampela.

Tapi, Lo nggak perlu menunggu lebaran untuk bisa menikmati sajian opor ayam. Lo bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan dan caranya juga cukup mudah, lho. Kalau bingung, Lo bisa ikuti resep Gue disini. Yuk, masak!

Variasi Opor Ayam 

Opor ayam merupakan sajian berkuah santan yang lezat dan gurih dari bumbu rempah-rempah. Opor menjadi salah satu hidangan yang sering disajikan saat hari raya idul Fitri tiba.

Kuliner menu opor ayam ini biasanya disantap dengan lontong atau ketupat. Bisa juga dengan nasi putih biasa dan dilengkapi dengan aneka sayur dan lauk pendamping lainnya.

Rasanya yang otentik, aromanya yang harum, dan kuahnya yang gurih bisa menggugah selera makan. Dan ternyata, Indonesia punya 2 menu opor populer, yaitu opor ayam putih dan opor ayam kuning.

Perbedaan antara opor ayam putih dan opor ayam kuning sebenarnya cuma terletak dari penggunaan satu bahan, yaitu bumbu kunyit. Bumbu kunyit inilah yang memberi warna pada opor ayam kuning. Tapi, keduanya sama-sama lezat dan gurih.

See also  Resep Bumbu Semur Tahu Bulat, Manis dan Lezat!

Bahan Untuk Membuat Opor Ayam Kuning Santan Spesial Lebaran 

Sekarang, waktunya Lo bikin opor ayam kuning ini untuk makan siang keluarga, siapkan dulu bahan-bahannya, catat, yah!

  • Ayam : pilih ayam segar dan berkualitas. Gunakan secukupnya sesuai kebutuhan Lo. Lo juga bisa menggunakan ayam bagian tertentu, misalnya paha atau sayap.
  • Santan : pakai santan kental dari 1 butir kelapa lebih bagus. Tapi Lo juga bisa pakai santan instan untuk mempermudah.
  • Kemiri : bumbu yang bikin kuah opor jadi gurih. Dibakar dulu lebih nikmat.
  • Bumbu halus : terdiri dari duo bawang, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, dan merica. Haluskan dengan blender, ya.
  • Bumbu aromatik : pakai daun salam dan lengkuas, supaya aromanya harum.
  • Bumbu penyedap : garam, gula, dan kaldu bubuk.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis bumbu.
  • Bawang goreng : secukupnya untuk taburan.
  • Bahan pelengkap : Lo bisa menikmati sajian opor ayam kuning dengan nasi hangat, sambal, lauk pendamping lainnya dan kerupuk.
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Opor Ayam Kuning Santan Spesial Lebaran, Gurih & Lezat


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 50 Minutes
  • Yield: 5
  • Diet: Halal

Description

Yuk buat sendiri opor ayam kuning di rumah! Bahan dan caranya juga cukup mudah, lho. Kalau bingung, Lo bisa ikuti resep Gue disini. Yuk, masak!


Ingredients

 

  • Ayam : 1/2 kg (boleh bagian apa saja)
  • Jeruk nipis : 1 buah (untuk marinasi)
  • Santan instan : 1 bungkus
  • Daun salam : 3 lembar
  • Sereh : 1 batang (geprek)
  • Lengkuas : 1 ruas jempol (iris, geprek)
See also  Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Bumbu halus : 

  • Bawang putih : 5 siung
  • Bawang merah : 6 butir
  • Kemiri : 3 butir
  • Jahe : 1 ruas jempol
  • Kunyit : 1 ruas jempol
  • Ketumbar : 1 sdt
  • Merica : 1/2 sdt
  • Gula : 1 sdt
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Garam : secukupnya

Bahan pelengkap :

  • Nasi putih
  • Sambal favorit
  • Kerupuk
  • Bawang goreng (untuk taburan)

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan. Cuci bersih ayam, marinasi dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit. Cuci kembali, sisihkan.

Langkah 2 : Racik bumbu. Siapkan blender. Masukkan satu persatu, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, dan merica. Beri sedikit minyak, lalu blender sampai halus. Sisihkan.

Langkah 3 : Siapkan wajan. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halusnya, tunggu sampai harum.

Langkah 4 : Masukkan bumbu aromatik : daun salam, sereh dan lengkuas. Tumis sampai layu dan matang.

Langkah 5 : Masukkan ayamnya. Aduk sampai tercampur rata dengan bumbu. Masak sebentar.

Langkah 6 : Tuang air secukupnya. Masak sampai ayam empuk dan lembut.

Langkah 7 : Tambahan bumbu penyedap, garam, gula dan kaldu bubuk. Tes rasa.

Langkah 8 : Masukkan santannya. Aduk rata. Masak sampai matang.

Langkah 9 : Kalau sudah matang, matikan kompor. Opor ayam kuning siap disajikan.

Langkah 10 : Taburi opor ayam kuning dengan bawang goreng. Sajikan dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 185 cal
  • Sugar: 1.9 gram
  • Sodium: 220 gram
  • Fat: 8.7 gram
  • Saturated Fat: 5.5 gram
  • Unsaturated Fat: 0.6 gram
  • Trans Fat: 0.01 gram
  • Carbohydrates: 5.8 gram
  • Fiber: 1.5 gram
  • Protein: 17.7 gram
  • Cholesterol: 40 mg

Keywords: Opor Ayam

Tips Membuat Opor Ayam yang Gurih & Lezat 

Opor ayam telah menjadi menu yang sangat populer disuguhkan dalam sebuah acara atau sebagai menu di hari raya. Meski terlihat gampang, ada beberapa tips yang perlu Lo perhatikan kalau ingin membuat opor ayam yang gurih dan nikmat.

  • Pilih Ayam Segar

Pertama, Lo harus memilih ayam yang fresh atau segar. Jangan menggunakan ayam beku. Ini akan mempengaruhi citarasa ayam itu sendiri, lho. Beli ayam segar di pasar dengan ukuran yang diinginkan.

  • Gunakan Bumbu Asli

Selanjutnya, gunakan bumbu asli, maksudnya bumbu yang dihaluskan sendiri dari bumbu-bumbu dapur, bukan bumbu instan. Karena bumbu asli akan membuat rasa dan aroma opor ayam lebih nikmat dan menggugah selera.

  • Masak Dengan Api Kecil

Cara masak opor ayam juga kudu sabar, ya. Masak opor dengan api kecil. Dengan begitu ayam akan empuk merata dan supaya santan nggak pecah.

  • Gunakan Ayam Kampung

Selain menggunakan bahan-bahan dan bumbu berkualitas, opor ayam yang gurih dan enak, bisa Lo dapatkan dengan mengganti bahan utamanya yaitu dengan menggunakan ayam kampung. Rasa ayam kampung lebih gurih dan nggak gampang hancur.

  • Beri Taburan

Setelah opor matang, sajikan opor ayam dengan taburan bawang merah goreng. Supaya aromanya lebih harum dan menggugah selera.

Lauk & Sayur Pendamping Opor Ayam

Opor ayam kuning nggak cuma cocok disajikan untuk hari raya idul Fitri, Lo bisa menjadikan hidangan opor ayam ini untuk makan bersama keluarga. Supaya makin nikmat, sajikan opor ayam dengan tambahan lauk pendamping untuk menambah citarasanya.

Simak nih, beberapa rekomendasi sayur atau lauk pendamping yang cocok disantap dengan opor ayam. Sesi makan jadi semakin seru!

  • Gulai Nangka Muda 

Sayur pendamping yang cocok disantap bareng opor ayam yang pertama yaitu gulai nangka muda. Meski sama-sama berkuah santan, tapi rasanya seakan menyatu, gurih dan lezatnya pas.

Nggak cuma sebagai pendamping opor ayam, gulai nangka juga cocok dihidangkan bersama menu lain seperti rendang, ayam bakar, ikan bakar atau ayam goreng.

  • Tumis Kacang Panjang 

Sayur lainnya ada tumis kacang panjang. Meski sederhana, tapi teksturnya yang renyah membuatnya cocok disantap dengan opor ayam yang bersantan.

Rasanya ringan dengan irisan bawang, cabai dan kecap membuatnya menjadi kombinasi yang tepat. Selain itu, Lo bisa menambahkan potongan tempe atau tahu kedalam tumisan kacang panjang.

  • Sayur Pepaya Muda 

Sayur pepaya juga sangat cocok disandingkan dengan opor ayam. Lo bisa mengolahnya menjadi tumisan ataupun sayur berkuah. Dijamin cocok banget dan menambah nafsu makan Lo.

Kalau ditumis, Lo bisa menumisnya dengan bawang, cabai dan beri irisan petai dan teri. Kalau dibuat menjadi sayur berkuah, Lo bisa memasaknya menjadi sayur berkuah santan dengan tambahan potongan kentang didalamnya.

  • Tumis Labu Siam

Sajian opor ayam yang berkuah santan akan sangat cocok disantap dengan tumisan. Misalnya saja tumis labu siam. Tumis labu simpel bisa menjadi pilihan pendamping opor ayam kuning.

Lo bisa menemukan pasangan menu ini resto maupun rumah orang Sunda, lho. Tumis labu memberikan cita rasa gurih renyah dan segar. Kalau mau pedas, Lo bisa menambahkan irisan cabe rawit.

  • Acar Bumbu Kuning

Acar bumbu kuning umumnya terbuat dari wortel, timun dan buncis yang dibumbui dengan cuka. Sementara warna kuningnya berasal dari bumbu kunyit yang digunakan.

Nggak cuma cocok sebagai pendamping opor ayam, acar kuning ini sering dijumpai dalam nasi box pada menu catering, lho. Lo juga bisa membuat acar biasa tanpa bumbu kunyit.

  • Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Lo suka makanan dengan bumbu pedas? Lo bisa menikmati opor ayam dengan sambal goreng kentang ati ampela, lho. Gurih pedasnya sangat cocok disajikan dengan opor ayam berkuah santan.

Bolehkah menambahkan bumbu opor instan?

Boleh saja. Lo bisa menambahkan bumbu opor instan kedalam masakan opor ayam Lo. Ini untuk menambah citarasa opor yang semakin kuat. Jangan lupa tambahkan juga bumbu aromatik supaya lebih harum.

Opor ayam tahan berapa lama?

Masakan berkuah santan seperti opor ayam sangat rentan rusak. Kalau nggak habis, Lo bisa menyimpannya di kulkas untuk dihangatkan esok hari. Opor ayam yang disimpan dengan baik, bisa awet sampai tiga hari, lho. Tapi, hindari juga menyimpan opor sampai lebih lima hari.

Lebih enak mana, pakai ayam kampung atau ayam negri?

Rasa dan aroma opor ayam emang lezat dan menggugah selera. Baik menggunakan ayam negeri atau ayam kampung, keduanya sama-sama enak, lho. Itu tergantung selera masing-masing saja.

Bahan apa saja yang bisa ditambahkan kedalam opor ayam kuning?

Menu opor ayam kuning nggak cuma berisi ayam saja, kok. Lo bisa menambahkan bahan lain seperti telur, kentang, tahu, atau sesuai selera Lo.

Bisakan masak opor tanpa santan?

Ya! Meski hidangan opor identik dengan kuah bersantan, tapi ada beberapa resep opor tanpa santan. Tapi untuk cita rasa yang gurih dan lezat tentu karena pemakaian santan. Resep opor tanpa santan bisa menggantinya dengan kemiri, ya.

Bolehkan menambahkan cabe dalam menu opor?

Boleh saja. Buat Lo yang suka cita rasa sedikit pedas, Lo bisa menambahkan irisan cabe ke dalam olahan opor ayam buatan Lo.

Kesimpulan

Opor ayam kuning seakan telah menjadi sajian ikonik saat hari raya idul Fitri. Memang, di Indonesia rasanya kurang afdol kalau berlebaran tanpa menyajikan menu opor dirumah. Opor ayam kuning bisa menjadi pilihan tepat untuk menjamu tamu atau makan bersama setelah sholat Ied bersama keluarga tercinta.

Opor ayam kuning juga cocok disajikan dengan beberapa sayur atau lauk lainnya ala hari raya. Resep opor kuning juga sangat mudah dicoba. Kalau Lo mau mencoba memasak, bisa ikuti resep Gue di atas, ya. Semoga membantu.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star