Resep Nasi Goreng Jawa Simpel dan Lezat!

Resep nasi goreng Jawa – Ayo, siapa yang suka sarapan pakai nasi goreng? Nasi goreng menjadi menu yang simpel untuk sarapan, untuk bekal ke sekolah atau pun ke kantor.

Selain rasanya lezat, Lo bisa menambahkan berbagai isian pada nasi goreng biar makin nikmat saat disantap. Nasi goreng juga punya banyak variasi, lho. Misalnya nasi goreng Jawa.

Nasi goreng Jawa menjadi salah satu varian nasi goreng yang cukup populer di kuliner Nusantara. Nasi goreng Jawa punya keunikan dari bumbu sampai cara pengolahannya.

Bumbu nasi goreng jawa asli pakai bumbu yang diulek, seperti cabe, bawang, kemiri, dan terasi. Cara masaknya pun pakai kayu bakar. Cara penyajiannya bisa ditambahkan telur, acar timun, dan kerupuk.

Lo ingin mencicipi citarasa nasi goreng Jawa? Lo bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan yang dibutuhkan juga nggak banyak, kok. Lo bisa ikuti resep Gue disini, ya! Yuk, simak.

Baca Juga :Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Sejarah Nasi Goreng Jawa 

Nasi goreng sendiri, dikenal sebagai kuliner yang mengadopsi dari budaya Tionghoa. Mereka tidak menyukai makanan yang dingin dan nggak suka membuang makanan dengan sia-sia.

See also  Resep Bumbu Oles & Ungkep Ayam Bakar Kecap Empuk, Bumbunya Meresap!

Kalau ada nasi dingin atau sisa nasi kemarin, mereka akan mengolahnya kembali dengan bumbu, jadilah nasi goreng. Menyajikannya pun dalam keadaan hangat.

Jadi, bisa dikatakan, sejarah nasi goreng sendiri berasal dari masyarakat Tionghoa sebagai pelopor pertamanya. Kebiasaan dan kuliner Tionghoa ini telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Meski begitu, nasi goreng telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam dunia kuliner. Ada banyak variasi nasi goreng di seluruh Indonesia. Setiap daerah telah mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Di Jawa, nasi goreng Jawa sangat populer dan banyak jajakan di setiap sudut jalan. Ciri khas nasi goreng Jawa ini dibumbui dengan bumbu ulek dan dimasak secara tradisional menggunakan anglo atau kayu bakar.

Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Bahan Membuat Nasi Goreng Jawa 

Nah, sekarang Lo perlu siapkan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng Jawa yang enak dan menggugah selera :

  • Nasi putih : sebaiknya, gunakan nasi putih sisa hari kemarin. Jadi hasilnya lebih bagus dan nggak lengket.
  • Telur :  gunakan telur secukupnya untuk campuran nasi goreng, sesuaikan porsinya, 1 butir telur untuk 1 porsi.
  • Bumbu halus : terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi bakar, tomat, dan cabe.
  • Terasi bakar : pakai sejumput atau 1 bungkus kecil aja untuk 2 porsinya. Terasi sebaiknya dibakar dulu sebentar supaya mengeluarkan aroma yang sedap khas.
  • Cabe : pemakaian cabai tergantung selera masing-masing, ya. Lo boleh menambahkan cabe rawit atau sebaliknya.
  • Tomat : sebagai tambahan bumbu dan untuk irisan nasi goreng biar makin cantik.
  • Kecap manis : ini bumbu yang sangat penting, ya. Nasi goreng jawa khas dengan semburat kecap manis.
  • Minyak wijen : tambahkan sedikit minyak wijen saat nasi goreng sudah mau matang. Ini bisa menambah aroma yang kuat dan sedap.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis bumbu.
  • Margarin : tambahan untuk campuran minyak goreng, supaya lebih wangi dan menambah citarasa gurih pada nasi goreng.
  • Daun bawang : nasi goreng jawa khas dengan taburan daun bawang. Masukkan daun bawang saat nasi goreng sebentar lagi matang.
  • Sayuran : Lo bisa menambahkan sayuran dalam nasi goreng, misalnya seperti sawi hijau, kol, irisan tomat, atau lainnya. Tapi kalau Lo nggak suka, boleh di skip.
See also  Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Nasi Goreng Jawa Simpel dan Lezat!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 20 Minutes
  • Yield: 2
  • Diet: Halal

Description

Nasi goreng Jawa menjadi salah satu varian nasi goreng yang cukup populer di kuliner Nusantara. Nasi goreng Jawa punya keunikan dari bumbu sampai cara pengolahannya.


Ingredients

  • Nasi putih : 1 piring
  • Bawang putih : 3 siung
  • Bawang merah : 4 butir
  • Kemiri : 1 buah
  • Terasi bakar : 1 bungkus kecil
  • Cabe merah : 3 buah
  • Cabe rawit : 2 buah (optional)
  • Tomat : 1 buah
  • Telur Ayam : 2 butir
  • Daun bawang : 1 batang (potong-potong)
  • Sayuran : (optional)
  • Lada bubuk : 1/2 sdt
  • Garam : secukupnya
  • Kecap manis : 3 sdm
  • Minyak wijen : 2 sdm
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Margarin : 2 sdm

Instructions

Langkah 1 : Siapkan sepiring nasi putih dan bumbu-bumbunya. Siapkan ulekan. Haluskan cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan tomat. Tambahkan terasi bakar (1 bungkus kecil).

Langkah 2 : Siapkan mangkuk, lalu kocok telur. Panaskan sedikit minyak goreng. Goreng telur sambil di hancurkan (di orak-arik).

Langkah 3 : Panaskan minyak lagi dengan campuran margarin. Tumis bumbu yang sudah Lo haluskan tadi sampai harum.

Langkah 4 : Masukkan nasi putih, lalu aduk sampai tercampur rata dengan bumbu.

Langkah 5 : Tambahkan garam, lada bubuk, kecap manis, minyak wijen, dan penyedap rasa. Aduk lagi sampai rata.

Langkah 6 : Terakhir, masukkan potongan daun bawang dan sayuran (kalau pakai). Aduk lagi sampai rata selama kurang lebih 1 menit.

See also  Resep Sempol Ayam Gurih, Praktis dan Anti Gagal

Langkah 7 : Jangan lupa koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan kompor. Sajikan nasi goreng Jawa dengan pelengkap lainnya.

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 10 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 1 Mangkok
  • Calories: 335
  • Sugar: 1.5 gram
  • Sodium: 850 mg
  • Fat: 12.5 gram
  • Saturated Fat: 2.24 gram
  • Unsaturated Fat: 3.7 gram
  • Carbohydrates: 41.8 gram
  • Fiber: 1.6 gram
  • Protein: 12.7 gram
  • Cholesterol: 110 mg

Keywords: Nasi Goreng

Tips Membuat Nasi Goreng Jawa

Bikin nasi goreng Jawa memang gampang, tapi kalau Lo belum pernah mencobanya, Lo bisa mengikuti tips berikut untuk membuat nasi goreng Jawa yang enak dan lezat :

1. Nasi

Pertama, Lo harus menyiapkan nasi putih sebagai bahan utamanya. Tapi, gunakan nasi putih yang khusus untuk nasi goreng. Ciri khasnya nasi memiliki tekstur lebih pera dibanding nasi lainnya.

Lo cukup menggunakan sisa nasi kemarin untuk membuat nasi goreng. Tapi nasi baru juga boleh, asalnya tunggu sampai benar-benar dingin, karena nasi panas kalau digoreng akan lengket di penggorengan.

2. Bumbu 

Variasi nasi goreng Jawa ada 2 macam nih, ada nasi goreng Jawa khas kampung dan nasi goreng oriental (Chinese). Masing-masing punya ciri khas dan cita rasa yang berbeda.

Nasi goreng Jawa kampung cenderung gelap dengan cita rasa yang khas dari ebi, kemiri dan terasi. Sementara nasi goreng oriental cenderung lebih terang dengan memadukan bumbu seperti saus tiram, minyak wijen, kecap ikan, dan kecap asin.

Baca Juga : Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

3. Teknik Memasak 

Umumnya, masak nasi goreng menggunakan teknik masak dengan kompor high pressure. Artinya masak dengan api besar. Ini akan membuat proses masak lebih cepat matang.

Kalau Lo perhatikan tukang nasi goreng, rata-rata mereka menggunakan teknik masak dengan kompor high pressure. Nasi goreng yang dihasilkan pun enak dan lezat.

4. Isian Nasi Goreng 

Setiap sajian nasi goreng, pasti ada banyak topping yang bisa dikreasikan. Begitu juga dengan nasi goreng Jawa. Lo bisa menambahkan aneka topping dalam nasi goreng Jawa buatan Lo.

Misalnya seperti menambahkan telur, irisan bakso, sosis, suwiran ayam, tomat, daun bawang, hingga sayuran jika suka.

5. Penggunaan Kecap 

Khusus resep nasi goreng Jawa ini, Lo harus menyesuaikan penggunaan kecap manis, ya. Umumnya, nasi goreng Jawa bercitarasa pedas dan semburat manis kecap yang khas.

Aneka Variasi Nasi Goreng Jawa 

Bicara soal nasi goreng Jawa, nasi goreng ini terdiri dari beberapa variasi. Karena berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, tentu masing-masing punya ciri khas tersendiri.

  • Semarang

Misalnya di Semarang, nasi goreng Jawa-nya berwarna cenderung coklat dengan lauk babat sebagai campurannya. Sehingga orang Semarang juga sering menyebutnya dengan nasi goreng babat.

  • Solo

Sementara di Solo, Jawa Tengah, sajian nasi goreng Jawa-nya cenderung lebih terang dan punya ciri khas unik, yaitu disajikan dengan suwiran ayam kampung dan lauk sayuran.

  • Surabaya

Beda lagi dengan nasi goreng Jawa di Surabaya, nasi goreng Jawa biasa disajikan dalam porsi besar. Untuk citarasa cenderung lebih pedas dan berwarna merah, dan biasa disajikan dengan ayam dan telur dadar.

  • Jogjakarta

Kalau di Jogyakarta, Lo juga bisa menemukan nasi goreng Jawa yang khas. Di kota pelajar ini, nasi goreng Jawa disebut sebagai nasi goreng kampung. Rasanya sangat khas, disajikan dengan ayam kampung dan dilengkapi dengan telur mata sapi.

Baca Juga : Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk

Darimana asal nasi goreng jawa?

Nasi goreng Jawa adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa, lebih tepatnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kini, nasi goreng Jawa telah tersebar ke seluruh wilayah Nusantara.

Apa bedanya nasi goreng Jawa dengan nasi goreng lainnya?

Nasi goreng Jawa memiliki ciri khas yang beda dari nasi goreng lainnya, nasi goreng Jawa cenderung berwarna merah kecoklatan karena pakai terasi. Selain itu, bumbu dasarnya di ulek. Malah, secara proses tradisional, nasi goreng jawa dimasak dengan tungku tanah liat dan menggunakan arang atau kayu sebagai bahan bakarnya.

Kapan waktu yang tepat makan nasi goreng?

Umumnya, nasi goreng dikonsumsi untuk menu sarapan. Meski begitu, sekarang Lo bisa menikmati nasi goreng kapan saja, baik pagi, siang, atau malam hari.

Apa boleh menambahkan toping pada nasi goreng Jawa?

Boleh banget dong! Hampir semua jenis nasi goreng bisa ditambahkan topping sesuai selera. Lo bisa menambahkan bahan lain seperti sayuran atau topping lain untuk memperkaya rasa dan variasi. Selain telur, Lo bisa menambahkan seperti bakso, sosis, sawi hijau, kol, tomat, suwiran ayam, atau lainnya.

Gimana caranya supaya nasi goreng rasanya gurih?

Ada banyak cara supaya hasil nasi goreng buatan Lo terasa gurih. Misalnya dengan menambahkan sedikit margarin pada minyak goreng, menambahkan minyak wijen, atau menambahkan bahan lain seperti kaldu bubuk, kaldu jamur, teri atau terasi.

Kesimpulan

Setiap daerah tentu punya ciri khas tersendiri untuk sajian nasi gorengnya. Nasi goreng Jawa hadir dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Kalau Lo mengunjungi daerah Jawa, pasti Lo akan dengan mudah menemukan kuliner nasi goreng Jawa ini di setiap sudut jalan. Rasanya khas dan bikin ketagihan. Tapi, nggak perlu jauh-jauh ke Jawa, Lo bisa bikin nasi goreng Jawa ini dirumah.

Bahan dan cara membuatnya pun sangat mudah.  Tambahkan acar mentimun, suwiran ayam, dan taburan bawang goreng di nasi goreng Jawa buatan Lo. Dijamin ketagihan deh! Selamat mencoba resepnya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star