Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Resep mie goreng Telor Spesial Ala Chinese – Siapa sih yang nggak suka sama mie goreng? Hampir semua orang kayaknya suka yang namanya mie goreng. Apalagi anak-anak, kalau bosan makan nasi pasti minta dibuatkan mie kesukaannya.

Kalau buat Gue, varian mie goreng yang paling enak dan lezat ya mie goreng ala buatan sendiri. Rasanya nggak kalah sama mie goreng jawa yang populer dan banyak dijual di pinggir jalan.

Resep mie goreng spesial

Nah, kali ini Gue mau masak mie goreng spesial buat menu makan bersama keluarga. Apa saja bahan-bahan dan bumbu-bumbunya? Baca terus sampai selesai, ya!  Dan ikuti resep Gue dibawah ini.

Baca Juga : Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Apa itu mie goreng?

Mie goreng adalah hidangan lezat yang dimasak dengan cara digoreng tumis dengan bumbu-bumbu yang kaya cita rasa. Mie goreng umumnya dimasak dengan tambahan sayuran, ayam, telur, atau seafood.

Kapan mie goreng mulai populer?

Mie goreng mulai populer di Indonesia sejak awal abad ke-20an.

Kala itu, banyak bermunculan pedagang kaki lima dan warung makan kecil, mulai membuat mie goreng sebagai jajanan yang murah dan lezat. Hingga kini, mie goreng telah menyebar dan mudah ditemukan di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Apakah mie goreng sehat?

Meski olahan mie goreng lezat dan nikmat, tapi Lo harus membatasi dalam mengkonsumsinya, ya. Apalagi mie instan. Mie instan umumnya tinggi karbohidrat, lemak serta mengandung sodium atau MSG.

See also  Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Kalau di konsumsi secara berlebihan, maka bisa berpotensi gampang terserang berbagai penyakit, lho. Jadi, hati-hati dan tetap bijak dalam makan mie, ya!

Bahan Membuat Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese

Berikut bahan-bahan untuk membuat mie goreng spesial rumahan ala Gue :

  • Mie kuning : Lo bisa pakai mie kuning kiloan atau kemasan, sesuai selera aja. Gramasenya bisa Lo atur sesuai porsi atau kebutuhan.
  • Kol : Lo bisa pakai kol sebagai isian mie goreng, tapi kalau nggak suka boleh di skip atau ganti yang lain.
  • Telur : Mie goreng rasanya kurang nikmat kalau nggak pakai telur ya, selain itu juga untuk tambahan protein dalam mie goreng kita.
  • Tomat : irisan tomat untuk mempercantik mie goreng dan memberikan kesan segar.
  • Bakso : ini bahan untuk isian mie goreng. Lo bisa menambahkan apa saja untuk isiannya, misalnya bakso, sosis, sewiran ayam, atau udang.
  • Daun bawang : bahan untuk meningkatkan aroma mie goreng agar lebih sedap.
  • Sawi hijau : sayuran selain kol juga pakai sawi hijau, biar mie goreng lebih lengkap dengan sayuran hijau.
  • Garam : ini udah jadi bumbu wajib setiap masakan, ya.
  • Penyedap rasa : agar masakan lebih sedap dan gurih. Lo bisa pakai kaldu bubuk atau kaldu jamur.
  • Bumbu halus : Lo bisa baca di resepnya ya, apa aja bumbunya!
  • Cabe rawit : karena Gue suka pedas, jadi pakai cabe rawit untuk bikin mie goreng favorit Gue.
  • Saus tiram : Tentu bahan ini bisa menambah rasa pada mie goreng makin lezat.
  • Kecap asin : Supaya mie goreng lebih gurih.
  • Kecap manis : Fungsinya ya supaya mie goreng nggak pucat ya, dan warna tentu mempengaruhi selera makan seseorang.
  • Saus sambal : untuk mendapatkan sensasi pedas saus.
  • Lada bubuk : Supaya terasa pedas rempahnya, kalau nggak suka boleh di skip, ya.
  • Minyak goreng : Secukupnya aja, ya. Untuk menumis bumbu.
  • Bawang goreng : jangan lupa taburi dengan bawang goreng supaya mie goreng makin nikmat dan harum.

Baca Juga : Cara Bikin Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!

Langkah-langkah Membuat Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese

@luvnedotcom Masak Mie goreng rumahan yuk.. anak aku suka banget sama Mie goreng. Daripada makan Mie goreng instan, lebih baik kita bikin aja. Caranya gampang banget dan pastinya enak dong 😆Lihat tips dan resep selengkapnya dengan mengunjungi website aku di bio ya ~ #resepmiegoreng #resepmiepedas #resepsimple #resepmasakanindonesia ♬ suara asli – luvnedotcom

 

See also  Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Buat Lo yang lebih suka liat video, Lo bisa langsung klik video resep mie goreng spesial, bisa juga sambil cek resepnya!

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
Resep mie goreng spesial

Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 3
  • Diet: Halal

Description

Berikut adalah resep mie goreng spesial dan cara membuatnya ya!


Ingredients

  • Mie kuning : 200 gram (1 Bks)
  • Cabe rawit : 5 buah
  • Bakso : 5 butir
  • Telur : 2 butir
  • Sawi hijau : 3 batang
  • Daun bawang : 1 batang

Bumbu halus

  • Bawang putih : 5 siung
  • Bawang merah : 5 butir
  • Kemiri : 1 butir
  • Terasi : 1 bungkus kecil
  • Kecap manis : 4 sdm
  • Kecap asin : 3 sdt
  • Saus tiram : 2 sdm
  • Saus sambal : 1 sdm
  • Kaldu jamur : 2 sdt
  • Gula : 1 sdm
  • Merica : 1 sdt

Pelengkap

  • Bawang goreng
  • Tomat

Instructions

Langkah 1 : Siapkan dan cuci bersih semua bahan yang diperlukan. Bahan utama, bumbu, dan juga bahan pelengkap.

Langkah 2 : Siapkan blender. Haluskan bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, dan beri sedikit minyak. Blender sampai bumbu benar-benar halus. Sisihkan.

Langkah 3 : Mulai racik bahan lainnya : potong-potong sawi hijau, bakso, daun bawang dan cabe. Letakkan dalam piring.

Langkah 4 : Siapkan panci. Tuang air bersih kurang lebih 1 liter air. Tunggu sampai mendidih. Lalu, masukkan mie kuning. Rebus mie sebentar saja, ya.

See also  Resep Perkedel Kentang Goreng Sederhana Anti Pecah

Langkah 5 : Setelah mie lunak (kurang lebih seperti pada gambar), angkat mie lalu tiriskan.

Langkah 6 : Siapkan wajan. Tuang minyak goreng secukupnya, lalu tumis bumbu halusnya sampai harum.

Langkah 7 : Setelah itu, masukkan 2 butir telur. Lalu, aduk di sisi bumbu.

Langkah 8 : Kemudian, masukkan irisan bakso. Tumis sebentar. Lalu, masukkan cabe rawit merah. Aduk sampai tercampur rata.

Langkah 9 : Selanjutnya, masukkan mie kuning yang tadi sudah direbus. Aduk sampai tercampur rata dengan bumbu. Lalu, masukkan bumbu seperti kecap manis, kecap asin, saus tiram dan saus sambal. Aduk lagi sampai tercampur rata dan mie berubah warna.

Langkah 10 : Masukkan sawi hijau. Aduk sampai sawi layu, lalu tambahkan garam, kaldu jamur, gula, dan lada bubuk/merica. Aduk lagi sampai rata.

Langkah 11 : Terakhir, masukkan daun bawang, aduk sebentar saja, lalu matikan api. Angkat dan sajikan mie dalam piring.

Langkah 12 : Jangan lupa untuk memberi pelengkap masakan ya, supaya mie goreng makin nikmat. Beri irisan tomat dan taburan bawang goreng untuk mempercantik.

Nah, jadi deh! Mie goreng spesial ala rumahan siap disajikan. Waktunya cicipin deh.. beuh, rasanya mantap!

Itulah resep mie goreng spesial ala Gue. Tapi kelezatannya bikin nagih, lho! Lo juga bisa menambahkan topping lainnya sesuai selera, misalnya sosis, udang, acar, wortel, kerupuk, sewiran ayam, dan sebagainya.

Notes

  • Merebus mie nggak boleh terlalu lama, nanti benyek dan lengket saat menumis.
  • Gak mau pake cabe juga boleh, saus diganti saus tomat juga boleh. Hanya saja Gue lebih suka yang pedes.
  • Boleh pake mie merk apa saja, yang penting ukurannya harus 200 gram. Kalau mau menggunakan 100 gram saja, tinggal dibagi setengah saja bumbu dan bahannya.
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: China

Nutrition

  • Serving Size: 1
  • Calories: 285 cal
  • Sugar: 12.52 gram
  • Sodium: 924 mg
  • Fat: 9.5 gram
  • Carbohydrates: 39 gram
  • Fiber: 4.6 gram
  • Protein: 12 gram
  • Cholesterol: 116 mg

Keywords: Mie Goreng

Tentang Mie Goreng & Mengenal Jenis-jenis Mie

Mie goreng sama artinya dengan ”mie yang digoreng”, merupakan hidangan mie yang dimasak dengan cara digoreng tumis ala Indonesia.

Mie goreng ternyata juga populer dan banyak disukai masyarakat Malaysia dan Singapura, lho. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis-jenis Mie yang populer untuk setiap masakan, diantaranya :

1. Mie Kuning/Mie Telor

Mie kuning atau sering disebut mie telor adalah salah satu varian mie yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari tepung terigu dan telur, jenis mie kuning ini ada 2 macam, yaitu mie kering dan mie basah.

Biasanya, mie kuning diolah untuk berbagai masakan, seperti di tumis atau ditambahkan ke hidangan lain. Misalnya seperti bakmi Jawa, mie Aceh, dan sebagainya.

2. Mie Kwetiau

Mie yang cukup populer di Indonesia lainnya yaitu mie kwetiau. Mie jenis ini bentuknya pipih, berwarna putih pucat, dan sedikit tebal karena terbuat dari tepung beras.

Biasanya kwetiau banyak digunakan untuk makanan khas Tiongkok atau menu-menu di resto chinese food. Mie kwetiau umumnya dijual dalam bentuk basah.

3. Bihun

Jenis mie yang terkenal juga yaitu bihun. Bahan dasar untuk membuat bihun yakni tepung terigu. Bentuk panjang dan sangat tipis, jika direbus teksturnya menjadi kenyal. Umumnya bihun dijual dalam bentuk kering.

Bihun bisa dimasak untuk berbagai macam hidangan atau isian suatu makanan. Misalnya seperti tambahan pada bakso, soto atau isian untuk sosis solo atau risoles.

4. Soun

Mie yang populer di Indonesia selanjutnya ada soun. Soun ini mirip sekali dengan bihun, tapi keduanya beda bahan, ya. Kalau bihun dari tepung beras, soun ini dari tepung dan tepung kacang hijau.

Dari segi tekstur juga berbeda, soun teksturnya lebih kenyal dan lebih transparan. Soun biasanya untuk campuran hidangan tertentu atau disiram kuah.

5. Misoa

Selanjutnya ada misoa. Misoa juga mirip dengan bihun dan soun, tapi teksturnya lebih lembut, karena bahan dasarnya dari tepung gandum. Misoa dijual dalam bentuk kering dan biasanya dimasak bersama oyong atau ayam kuah.

6. Mie Sagu

Berikutnya ada mie sagu. Mie ini terbuat dari tepung sagu. Mie ini jadi makanan pokok orang Riau, lho. Terutama wilayah timur kepulauan Riau.

Mie sagu teksturnya sangat kenyal, biasanya mie ini diolah untuk campuran makanan berkuah ataupun ditumis. Masyarakat Riau menjadikan mie sagu ini sebagai alternatif pengganti beras atau makanan pokok, lho.

7. Mie Lethek

Selanjutnya ada mie Lethek, mungkin agak jarang kita dengar, karena mie ini banyak ditemukan di kota Jogja. Mie Lethek terbuat dari tepung singkong, dan berwarna agak kusam.

Disebut ’lethek’ (dalam bahasa Jawa) atau dalam bahasa Indonesia artinya ”kusam”. Mie lethek biasanya diolah dan disajikan bersama dengan kuah hangat, toge, dan kerupuk.

8. Mie Organik 

Terakhir ada mie organik. Biasanya mie ini terbuat dari campuran tepung dan sayuran, seperti brokoli, wortel, sawi, dan sebagainya. Tapi sayangnya, di Indonesia belum terlalu banyak mie jenis ini. Kalaupun ada, harganya sedikit lebih mahal dibanding mie non-organik.

 

Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri, kelezatan mie goreng memang telah menjadi primadona bagi para pecinta mie. Setiap daerah bahkan punya resep mie goreng sendiri, dengan bumbu yang berbeda-beda.

Hal ini tentu menciptakan ragam rasa dan kelezatan yang memanjakan lidah. Cara membuat mie goreng juga cukup mudah kok, Lo bisa masak sendiri dirumah. Kalau mau masak mie goreng yang simpel, Lo ikuti resep Gue di atas, ya. Yuk, masak!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star