Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Resep Seblak Kuah Pedas Simple dan Enak! – Halo luvner, mau masak apa hari ini? Musim hujan gini enaknya ngemil yang pedes-pedes kali yaa, sekaligus bisa menghangatkan badan. Nah, ngomongin yang pedes-pedes, gue punya camilan favorit nih, yaitu seblak!

seblak kuah pedas

Siapa sih yang nggak kenal camilan satu ini? Seblak kuah pedas dengan aroma yang khas, bisa bikin semua orang ketagihan saat menikmatinya. Ada banyak bahan yang bisa Lo jadikan topping untuk membuat seblak favorit jadi makin sedap.

Nah, kali ini Gue akan berbagi resep seblak yang enak dan gampang buat Lo bikin sendiri dirumah. Selain itu, Gue juga bakal kupas sedikit tentang asal usul seblak nih, udah tau belum? Yuk, simak!

Males baca? Langsung Loncat ke Resep, Jangan Lupa kasih rating via komentar ya! Kalau gambar tidak load, silahkan reload websitenya!

Bagi yang ingin save di pinterest silahkan klik pin di gambar ini, dan bagi yang malas membaca bisa langsung loncat ke resep atau video

Seblak kuah pedas

Apa sih Arti Seblak?

Seblak kini telah menjelma menjadi jajanan yang hits di semua kalangan loh. Kata seblak ini mewakili masakan yang berbahan dasar kerupuk mentah yang dibumbui dengan kencur sebagai bumbu utamanya, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit.

Nah, banyak yang penasaran nih dengan arti seblak. Apa sih arti Seblak?

Seblak dalam bahasa Sunda disebut Nyeblak yang berarti ”mengagetkan”.

Tentu arti ini senada ya dengan rasa seblak yang bikin kaget karena rasanya yang pedas gurih!

Baca Juga : Resep Sayur Pokcoy Tahu Bening Yang Enak dan Simple

Asal Usul Seblak 

seblak kuah pedas

Sebenarnya tidak ada sejarah pasti tentang kapan awal mula makanan seblak ini ditemukan. Tapi menurut beberapa informasi seperti Wikipedia, seblak ini berasal dari kota Bandung. Konon, camilan satu ini digadang-gadang sudah ada sejak awal kemerdekaan di Parahyangan.

Tapi, sebelum seblak hits sebagai kuliner khas Sunda, ternyata ada juga loh makanan yang mirip seblak yaitu ’krupuk godog’ (kerupuk rebus) yang terkenal di Sumpiuh Jawa Tengah.

Tapi bedanya, krupuk godog ini nggak pake kencur, sementara seblak identik dengan bumbu kencur yang khas.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Ada juga asal usul seblak yang beredar di cerita masyarakat Bandung. Konon, dulu persediaan kerupuk sangatlah melimpah, sehingga sampai terbuang sia-sia. Orang-orang mulai merasa sayang jika harus membuang kerupuk begitu saja.

See also  Resep Tumis Buncis Telur Orak Arik Sederhana

Lalu, munculnya ide untuk mengolah kembali kerupuk dengan bumbu-bumbu dapur agar tidak terbuang sia-sia, hingga terciptalah seblak. Nah, hingga sekarang, seblak telah menjadi kuliner legendaris khas Sunda yang banyak diminati berbagai kalangan hingga saat ini.

Ciri Khas Seblak

Seblak, kini telah menjadi camilan yang nge-hits dan banyak dicari lho. Bahkan di setiap pinggir jalan, banyak orang yang sudah menjajakan makanan khas satu ini. Rasanya yang nikmat dan cocok buat nongkrong, membuat seblak kian laris manis.

Apalagi sekarang, dengan makin banyaknya minat orang untuk menikmati makanan ini, membuat seblak kini telah berkembang dan dimodifikasi dengan berbagai varias topping dani isiannya lho, misalnya pake pilus cikur, ceker, cilok, sayuran, mie instan, siomay, hingga bakso.

Baca Juga : Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal

Padahal, dulunya seblak ini cuma kerupuk mentah yang direndam lalu dimasak dengan bumbu dasar kencur, bawang merah, dan bawang putih. Khas kencurnya inilah yang bisa meningkatkan nafsu makan, apalagi buat Lo yang lagi batuk flu, makan seblak pedes-pedes, wiihhh… pastinya mantap!

Nah, sekarang Gue mau berbagi sedikit resep sederhana yang mudah untuk membuat seblak nih, tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita intip resepnya!

Bahan Untuk Membuat Seblak Kuah Pedas

Sebelum lanjut ke cara memasaknya, Lo perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan dan bumbu dasar untuk membuat seblak sederhana ini, yaitu :

  • Telur : bahan pertama yang harus Lo siapin yaitu telur. Telur ini wajib ya, karena telur akan memberikan sensasi gurih pada seblak buatan Lo.
  • Sosis : Lo butuh beberapa buah sosis untuk membuat seblak sesuai selera. Lo bisa membelinya di tukang sayur atau supermarket terdekat.
  • Sawi hijau : kalau ini supaya ada kandungan sayurnya juga ya, dan tentu sajian seblak jadi semakin lengkap.
  • Makaroni : ini juga bahan atau isian khas untuk membuat seblak agar makin mantap. Untuk penggunaannya, mungkin nggak banyak-banyak sih, sesuaikan saja dengan berapa porsi seblak yang nanti akan Lo buat.
  • Kerupuk Seblak  : ini mah bintang utamanya seblak, nggak boleh sampai ketinggalan ya, karena seblak ya harus ada kerupuk seblaknya. Kerupuk Seblak ini warnanya oranye. Lo bisa membelinya di tukang sayur terdekat.
  • Kencur : nah bumbu utama seblak ya kencur. Ini mah nggak bisa ditawar-tawar lagi dah.
  • Bawang Merah & Putih : ini sudah jadi bumbu wajib semua masakan ya luvner.
  • Cabai : Lo yang suka pedes, tentu bumbu satu ini juga nggak boleh ketinggalan. Untuk seberapa level pedasnya, itu tergantung selera masing-masing ya.
  • Garam : ini juga bumbu wajib yang harus ada di setiap masakan deh, tanpa garam semuanya hambar dong!
  • Penyedap Rasa : boleh pakai rasa ayam atau sapi, sesuaikan selera aja ya.
  • Gula : buat yang suka boleh pakai secukupnya, biar seblaknya tambah nikmat, tapi kalau Lo nggak suka boleh di skip ya.
See also  Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Nah, itu dia bahan-bahan yang wajib Lo siapin untuk membuat seblak sederhana. Untuk hasil yang lebih gurih, asin, atau pedasnya tentu Lo sesuaikan aja. Lo juga bisa menyiapkan topping atau isian yang lebih bervariasi, misalnya tambahkan ceker, bakso, sawi, dan lain sebagainya.

@luvnedotcom Cara Membuat Resep Seblak. Lihat resep selengkapnya dengan klik link di bio yaa ~! #resepseblak #resepmasakanrumahan #resepsimple ♬ 가을바람 – BGM President

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
seblak kuah pedas

Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 1 1x
  • Diet: Halal

Description

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat seblak kuah pedas yang enak dan simple ala luvne 


Ingredients

Scale

Bahan :

  • 2 butir telur, kocok
  • 4 buah sosis, potong-potong
  • Makaroni pipa
  • Sawi hijau, potong-potong
  • Kerupuk seblak (warna orange)

Topping :

  • Pilus cikur (sesuai selera)

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm kencur, jika suka aroma kencur yang lebih kuat, bisa tambah lagi
  • 10 buah cabai merah (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa ayam atau sapi
  • Gula

Instructions

Langkah 1 seblak kuah pedas

Langkah 1 : siapkan semua bahan dan bumbu. sebelum mulai meracik bahan yang lain, rendam dulu kerupuk seblak dan makaroninya pakai air panas. Tunggu sampai teksturnya menjadi lembek. Sisihkan.

See also  Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Langkah 2 seblak kuah

Langkah 2 : haluskan kencur, bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga halus menggunakan blender atau chopper ya. Setelah itu, panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bumbu yang sudah diblender tadi dengan api sedang.

langkah 3 seblak kuah

Langkah 3 : setelah bumbu harum, masukkan ± 300 ml air, lalu masak sampai mendidih. Masukan bahan utama seperti bakso, makaroni, dan kerupuk. Aduk rata.

langkah 4 seblak kuah

Langkah 4 : masukkan telur dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan garam, kaldu bubuk. Aduk hingga rata, tunggu sampai air sedikit menyusut.

Langkah 5 : catatan aja si, Lo juga bisa menambahkan isian seblak buatan Lo biar makin nikmat, misalnya pakai ceker, bakso, siomay atau lainnya. Tapi itu si sesuai selera aja ya, biar seblaknya makin beragam.

langkah 5 seblak kuah

Langkah 6 : setelah mendidih dan matang, cek rasa. Terakhir, masukkan sawi dan daun bawang, masak sebentar. Seblak nikmat siap disajikan. Taburkan daun bawang. Lo juga bisa menikmatinya dengan topping pilus cikur khas seblak jika suka

Notes

  • Lo juga bisa menambahkan isian seblak buatan Lo biar makin nikmat, misalnya pakai ceker, bakso, siomay atau lainnya.
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: seblak kuah pedas

Apakah masak seblak bisa lebih pedas?

Ya, tentu saja! Lo bisa memasak seblak favorit dengan level pedas sesuai selera.

Apa saja isian yang biasa digunakan dalam resep Seblak?

Lo bisa menambahkan isian seblak seperti ceker, cilok, siomay, mie, kikil, basreng, telur puyuh hingga bakso agar seblak makin nikmat saat disantap dan makin beragam.

Adakah manfaat seblak ini?

Oh tentu! Seblak punya manfaat untuk kesehatan lho. Pasalnya, seblak mengandung sumber protein, vitamin dan karbohidrat sebagai sumber energi. Ini didapat dari bahan-bahan seblak seperti telur, sayuran dan kencur sebagai bumbu alami dari seblak.

Apa saja macam-macam seblak?

Ada banyak macam-macam seblak yang bisa Lo cicipi atau berkreasi di dapur, seperti seblak ceker, seblak sayuran, seblak kering, seblak basah, seblak mie instan, seblak teopokki, hingga seblak ayam tahu.

Kesimpulan Seblak Kuah Pedas

Seblak merupakan makanan khas Sunda yang telah populer hingga kini. Bahkan, sekarang seblak telah menjadi camilan favorit bagi sebagian orang. Rasanya yang pedas dan gurih, serta cara membuatnya yang mudah, menjadikan seblak cocok sebagai cemilan keluarga tercinta. Tunggu apa lagi, yuk, coba resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star