Resep Cumi Cumi Saus Padang Sedap & Mudah

Resep cumi saus Padang – Buat para penggemar seafood pasti nggak asing lagi dengan sajian seperti cumi. Cumi menjadi salah satu olahan yang lezat dan bergizi untuk keluarga tercinta.

Salah satu resep yang bisa dibuat yaitu cumi saus Padang. Citarasa saus Padang berpadu dengan cumi yang kenyal akan sangat pas, lho. Buat pecinta rasa pedas pasti bakal ketagihan!

Lo nggak perlu lagi pergi ke restoran kalau ingin menikmati menu spesial ini. Lo bisa masak cumi saus Padang sendiri dirumah. Rasanya nggak bakal kalah nikmat dengan beli di luar.

Lo bisa ikuti resep Gue disini untuk membuat cumi saus Padang yang lezat dan nikmat spesial untuk keluarga dirumah. Yuk, intip resepnya cuma disini ya!

Ciri-ciri Cumi Yang Segar

Sebelum masak olahan cumi, sebaiknya Lo harus tau caranya memilih cumi yang segar dan berkualitas. Karena kualitas cumi yang Lo beli akan mempengaruhi citarasa dan tekstur cumi saat dimasak nantinya.

Oleh karena itu, Lo harus teliti dan pintar dalam memilih cumi yang segar. Supaya cumi nggak alot atau bau amis. Simak nih ciri-cirinya :

  • Warna Cumi
See also  Cara Buat Kari Ayam Spesial, Bisa Untuk Menu Lebaran!

Pertama, Lo bisa memperhatikan cumi dari warnanya. Cumi yang masih segar berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Hindari cumi yang berwarna cenderung lebih gelap. Karena dikhawatirkan cumi sudah lama atau hampir rusak.

  • Ukuran Cumi

Untuk mengetahui kualitas dan kesegarannya, Lo bisa pilih dari ukuran cumi. Cumi segar umumnya memiliki ukuran sekitar 20 sentimeter. Meski begitu, cumi sebenarnya punya banyak variasi ukuran, mulai cumi kecil, sedang sampai cumi besar.

  • Masih Utuh dan Bersih

Selanjutnya, pilih cumi yang masih utuh dan bersih. Perhatikan permukaannya, ya. Cumi yang masih segar akan tampak utuh dan permukaannya mengkilap. Selain itu, cumi yang bersih dari tinta akan membuat cumi tidak amis.

  • Bertekstur Kenyal

Cumi segar dan berkualitas akan bertekstur kenyal saat dipegang. Jadi, jangan lupa memegangnya saat membelinya, ya. Hindari cumi yang bertekstur lembek dan berlendir. Hal itu tandanya cumi udah nggak segar.

  • Aromanya Khas

Cumi yang masih segar akan beraroma khas laut. Hindari membeli cumi yang baunya amis menyengat atau bahkan bau busuk. Karena itu menandakan cumi nggak disimpan dengan baik atau sudah nggak segar.

Bahan Untuk Membuat Cumi Cumi Saus Padang Enak Menggugah Selera

  • Cumi : pilih cumi yang segar dan berkualitas. Bersihkan cumi dengan benar dan buang tintanya.
  • Bawang bombay : bumbu saus Padang biasanya menggunakan bombay supaya saus lezat dan aromanya sedap.
  • Saus sambal : digunakan sebagai bahan saus Padang.
  • Saus tomat : sama seperti saus sambal, gunakan secukupnya saus tomat untuk campuran bahan saus Padang.
  • Bumbu halus  : simpel banget, cuma irisan bawang putih, bawang merah, cabe, dan jahe.
  • Cabe : irisan cabe merah keriting atau cabe merah besar berfungsi untuk mempercantik tampilan. Untuk rasa pedas, Lo bisa tambahkan cabe rawit sesuai selera.
  • Garam-penyedap rasa : bumbu wajib ada dong!
  • Penyedap rasa : jangan lupa tambahkan saus tiram dan kaldu bubuk, supaya cumi saus Padang makin sedap.
  • Minyak goreng : gunakan secukupnya aja untuk menumis bumbu halus.
  • Margarin : sebagai bahan campuran pada minyak goreng untuk menumis bumbu. Karena, dengan margarin rasanya akan lebih nikmat dan sedap.
  • Daun bawang : bahan ini untuk menambah rasa dan aroma saus Padang yang segar dan nikmat.
  • Pelengkap : Lo bisa menyantap cumi saus padang ini dengan sepiring nasi hangat, dijamin nambah lagi!
  • Print
    clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

    Resep Cumi Cumi Saus Padang Sedap & Mudah


    • Author: Utari K.A
    • Total Time: 40 Minutes
    • Yield: 4
    • Diet: Halal

    Description

    Lo bisa ikuti resep Gue disini untuk membuat cumi saus Padang yang lezat dan nikmat spesial untuk keluarga dirumah. Yuk, intip resepnya cuma disini ya!


    Ingredients

     

    • Cumi basah : 500 gram (bersihkan tintanya)
    • Bawang bombay : 1/2 buah (iris-iris)
    • Bawang putih : 3 siung
    • Bawang merah : 5 butir
    • Cabe merah keriting : 3 buah
    • Cabe rawit : 5 buah
    • Jahe : 3 ruang jempol (geprek)
    • Saus sambal : 6 sdm (merk apa saja)
    • Saus tiram : 2 sdm
    • Saus tomat : 2 sdm
    • Margarin : 4 sdm
    • Daun bawang : 2 batang (potong-potong)
    • Air : secukupnya
    • Minyak goreng : secukupnya

    Bahan pelengkap/secukupnya :

    • Nasi putih
    • Sayur pendamping

    Instructions

    Langkah 1 : Siapkan bumbu-bumbunya. Cuci bersih cumi dan potong-potong berbentuk ring. Taruh dalam piring.

    Langkah 2 : Racik bumbunya : iris-iris bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabe merah, cabe rawit dan geprek jahe.

    Langkah 3 : Panaskan minyak goreng dan tambahan margarin, lalu goreng cuminya sebentar saja. Angkat dan tiriskan.

    Langkah 4 : Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay sampai harum. Tumis pakai minyak bekas cumi tadi.

    Langkah 5 : Masukkan jahe geprek, cabe merah dan cabe rawit. Tambahkan margarin kalau kurang. Tumis sampai matang.

    Langkah 6 : Tambahkan saus tomat, saus tiram, saus sambal dan daun bawang, lalu aduk.

    Langkah 7 : Setelah tercampur rata, masukkan cuminya, lalu tambahkan sedikit air. Aduk sampai rata.

    Langkah 8 : Beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk lagi sampai rata.

    Langkah 9 : Masak cumi sampai airnya menyusut. Lalu angkat dan sajikan.

    Langkah 10 : Cumi saus Padang siap disajikan

    Notes

    • Sebaiknya masak cumi jangan terlalu lama, ya. Karena bisa membuat teksturnya menjadi alot.
    • Prep Time: 20 Minutes
    • Cook Time: 20 Minutes
    • Category: Makanan Utama
    • Method: Tumis
    • Cuisine: Indonesia

    Keywords: cumi saus padang

Tips Memasak Cumi Supaya Nggak Alot dan Empuk

Meski terlihat gampang, tapi masak cumi harus dengan cara yang tepat, lho. Karena seafood ini kalau dimasak dengan cara yang salah teksturnya akan mudah alot. Durasi yang dibutuhkan juga berbeda dengan cara mengolahnya.

Berikut hal-hal yang perlu Lo perhatikan kalau ingin memasak cumi :

  • Bersihkan Cumi-Cumi

Pertama-tama, Lo harus membersihkan cumi dengan benar. Buang tinta cumi, karena ini akan merusak cita rasa dan tampilan masakan. Cuci bersih dengan air mengalir. Cumi yang segar juga akan menambah sedap rasanya.

  • Gunakan Garam dan Baking Soda

Sebelum diolah, Lo bisa menggunakan garam dan baking soda untuk merendam cumi. Ini bisa membuat cumi bebas amis dan mudah empuk.

  • Masak Sebentar atau Sekalian Lama

Durasi masak cumi adalah hal yang penting diperhatikan. Karena cumi terkenal seafood yang susah-susah gampang diolahnya. Masak cumi cukup sebentar saja, yaitu 5 menit. Atau Lo bisa memasaknya sekalian dengan waktu yang lama sekitar 30 menit.

  • Rebus Dulu 

Lo juga bisa merebus cuminya lebih dulu sebelum dimasak. Supaya cumi lebih lembut dan empuk tanpa lama-lama dimasak. Rebus cumi sebentar saja sekitar 3 menit, lalu angkat dan siram dengan air dingin supaya proses masak cumi terhenti. Baru olah sesuai selera.

  • Perhatikan Potongan Cumi

Potongan cumi juga bisa mempengaruhi tekstur cumi, lho. Potong ring tipis lebih baik supaya cumi gampang matang. Jangan memotong cumi terlalu tebal, ya. Karena cumi akan lama matangnya.

  • Teknik di Bakar

Untuk olahan tanpa minyak, Lo bisa memasak cumi dengan cara dibakar. Ini merupakan cara mengolah cumi yang terbilang simpel, lho. Bersihkan cumi, bumbui dengan aneka bumbu andalan, lalu bakar cumi atau panggang dengan teflon selama 5 menit.

  • Goreng Cukup 5 Menit

Untuk mengolah cumi dengan minyak. Lo boleh menggorengnya lebih dulu supaya teksturnya empuk. Tunggu sampai minyak benar-benar panas, dan cukup goreng cumi sekitar 5 menit saja. Kalau sudah berubah warna, segera angkat.

Apakah tinta cumi harus dibuang?

Ya! Karena tinta cumi bisa merusak citarasa masakan, terutama tampilan menjadi kurang menarik. Jadi, sebaiknya bersihkan dan buang tintanya, ya.

Bolehkah nggak pakai bawang bombay?

Boleh saja. Menggunakan bawang bombay sendiri untuk menambah citarasa yang khas dan lezat pada saus.

Apa cumi saus Padang bisa lebih pedas?

Ya, boleh banget! Lo bisa mengatur level pedas sesuka Lo. Tambahkan irisan cabe rawit merah dan saus sambal sesuai selera.

Berapa lama waktu memasak cumi supaya nggak alot?

Masak cumi gampang-gampang susah. Karena kalau dimasak terlalu lama cumi bisa alot. Jadi, sebaiknya goreng atau rebus dulu cumi sebelum diolah. Cukup goreng atau rebus selama 3-4 menit.

Gimana caranya menghilangkan bau amis cumi?

Untuk menghilangkan bau amis cumi, Lo bisa merendam cumi-cumi dengan bahan seperti parutan jahe dan perasan jeruk nipis. Lumuri dengan kedua bahan ini lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air bersih.

Berapa lama cumi bisa bertahan?

Cumi yang sudah dimasak, bisa disimpan dengan baik di kulkas dan bisa dihangatkan untuk esok hari. Cumi mentah, jika disimpan dengan benar bisa bertahan sampai 1 minggu, lho.

Kesimpulan

Cumi saus Padang bisa menjadi menu spesial yang bisa Lo hidangan untuk menjamu tamu atau untuk keluarga tercinta di rumah. Rasanya lezat dan menggugah selera, bikin sesi makan makin lahap.

Cara mengolahnya pun mudah asal Lo ikuti semua tips-tips di atas supaya hasil masakan Lo lezat anti alot. Nggak cuma lezat, banyak manfaat kesehatan yang bisa Lo dapatkan dengan menyantap seafood satu ini. Selamat mencoba, ya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star