Resep Capcay Kuah Sederhana Rumahan Yang Enak

Resep Capcay Kuah Simple Rumahan Yang Enak – siapa sih yang nggak kenal sayur capcay? Kayaknya kalau ibu-ibu yang suka masak pasti tau deh sama masakan satu ini. Sayur capcay jadi menu andalan saat bingung mau masak apa, tapi stok sayur banyak!

Gue sendiri suka sayur apa saja, termasuk capcay ini. Selain rasanya yang enak, mudah dibuat, dan tentunya sehat dong, karena isinya sayur mayur yang bagus untuk kesehatan sekaligus memenuhi asupan nutrisi sayur harian.

Capcay emang udah jadi kuliner yang digemari banyak orang lho, apalagi di tempat-tempat makan khusus chinese food, capcay udah jadi menu andalannya. Jadi nggak heran kalau capcay ini makin bervariasi dan banyak penggemarnya.

Asal Usul: Capcay kuah merupakan hidangan Tionghoa-Indonesia yang merupakan adaptasi dari hidangan cap cai (tsap ts’ai) dalam masakan Tionghoa.

Sayur berkuah dan bercita rasa gurih ini sudah sangat populer di Indonesia. Biasanya, orang-orang mengkreasikan hidangan capcay ini dengan berbagai macam sayuran dan pelengkap lainnya seperti bakso, ayam, cumi, udang, dan lainnya.

Cara bikinnya juga gampang banget, tapi sebelum kita lanjut ke resep dan masak-masak, Gue mau kasih tau sedikit tentang sejarah sayur capcay nih. Darimana sih asal usul sayur capcay? Yuk, disimak ya!

Males baca? Langsung Loncat ke Resep, Jangan Lupa kasih rating via komentar ya! Kalau gambar tidak load, silahkan reload websitenya!

Bagi yang ingin save di pinterest silahkan klik pin di gambar ini, dan bagi yang malas membaca bisa langsung loncat ke resep atau video

Pin capcay kuah 1

Sejarah Capcay 

Meski capcay populer di Indonesia, nyatanya hidangan ini bukan asli Indonesia lho, melainkan berasal dari Cina. Tapi hidangan ini justru nggak dikenal di Cina, kok bisa?

See also  Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Hal ini karena berkaitan dengan sejarah capcay itu sendiri. Dilansir dari kompas.com, asal usul capcay bermula dari tren mengumpulkan makanan sisa yang dilakukan oleh para pengemis di Canton.

Dulunya, para pengemis di Canton punya kebiasaan meminta makanan dari setiap rumah dengan membawa mangkuk besar. Hasil dari meminta itu, mereka sering menerima sayuran atau sisa makanan lain hingga 10 macam. Nah, sisa-sisa makanan ini mereka campur jadi satu sebelum dimakan.

Nama capcai berasal dari bahasa Hokkian yang berarti “aneka ragam sayur”

Lalu, pada masa gold rush di San Fransisco, tepatnya abad ke-19, banyak etnis Cina bermigrasi ke California untuk berburu emas. Nah, dalam rombongan imigran itu, ada ahli masak dari Canton yang juga turut serta dan membuka banyak kedai di sana.

Kala itu, tamu kulit putih mampir ke kedai Chinese food yang udah mau tutup. Pemilik kedai pun berinisiatif mengumpulkan sisa-sisa makanan dari tamu lainnya dan dimasak ulang dengan tambahan saus.

Tak disangka, hasil olahan dari makanan sisa itu ternyata disukai oleh orang-orang Amerika. Bahkan, setiap kali mampir ke kedai, orang-orang kulit putih selalu memesan capcay ini.

Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki Rumahan

Lalu, bagaimana orang-orang Indonesia bisa mengenal capcay?

Kemungkinan terbesarnya, capcay pertama dikenal di Indonesia yaitu di daerah Fujian. Daerah ini tempat menetapnya orang-orang Hokkian, yaitu etnis terbesar Tionghoa di Indonesia.

Menurut para imigran dari Tionghoa, mereka memasak capcay karena Indonesia kaya akan ragam dan jenis sayur mayur. Apalagi, sumber pangan seperti daging nggak begitu terjangkau.

Maka nggak heran, capcay yang hanya berbahan sayuran-sayuran dan mudah diolah, menjadi andalan berbagai kondisi. Capcay juga bisa memakai semua jenis sayur mayur sesuai selera.

Baca Juga :Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning

Nah, setelah tau asal usul capcay, sekarang waktunya kita cobain resep capcay ayam ala Gue nih, cara masaknya juga gampang banget, lho. Yuk simak!

See also  Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Bahan Membuat Capcay Kuah Dengan Ayam 

pin capcay kuah 2

Berikut sayur-sayuran dan bumbu capcay yang harus Lo siapin :

  • Ayam : isian capcay Gue pakai ayam biar tambah mantap! Kalau Lo mau berkreasi masak capcay pakai udang, bakso, cumi, atau lainnya juga boleh.
  • Sawi putih & Sawi hijau : sayuran pertama Gue pake sawi putih dan sawi hijau.
  • Wortel : sayuran kedua Gue pakai wortel, biar ada warna cerah-cerahnya. Lo bisa pakai wortel biasa atau wortel import juga boleh.
  • Jagung muda : bahan selanjutnya Gue pakai jagung muda ya, atau kalau di tukang sayur namanya jagung putren.
  • Bawang bombay : ini bumbu iris untuk menumis ya, selain itu bisa bikin masakan beraroma harum.
  • Bawang putih : harus selalu pakai ya, ini mah bumbu wajib.
  • Cabe merah : biasanya sih cabe cuma buat hiasan saja, tapi kalau Lo suka pedas boleh pakai cabe rawit ya.
  • Lada :  ini juga bumbu biar aroma capcay wangi dan pedas khas lada. Kalau nggak suka boleh di skip.
  • Saus tiram : Gue pakai saus tiram untuk capcay buatan Gue biar tambah nikmat.
  • Kaldu Ayam : fungsinya sama kayak penyedap rasa ya. Gue pakainya rasa ayam.
  • Minyak wijen : kalau ada bisa pakai minyak wijen, ini juga bisa bikin masakan jadi sedap ya.
  • Minyak goreng : untuk menumis, jadi secukupnya aja.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Telur Orak Arik Sederhana

Cara Membuat Capcay Kuah Dengan Ayam 

Mau langsung tonton videonya aja? Lo bisa klik video resep capcay ayam berikut ya!

Versi Vegetarian: Capcay kuah dapat disiapkan dalam versi vegetarian dengan menghilangkan daging atau menggunakan pengganti daging seperti tahu atau tempe.

 

Nah, berikut resep capcay ayam dan langkah-langkah membuatnya ya!

Langkah capcay kuah

Langkah 1 : siapkan semua bahan dan bumbu yang akan dimasak. Iris tipis bawang bombay, bawang putih. Potong-potong ayam, wortel, sawi hijau, dan sawi putih.

See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Langkah 2 capcay kuah

Langkah 2 : nyalakan kompor, panaskan minyak secukupnya. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

Langkah 3 capcay kuah

Langkah 3 : masukkan ayam, tumis sebentar. Masukkan wortel dan tambahkan sedikit air, tumis kembali.

Langkah 4 capcay Kuah

Langkah 4 : kira-kira wortel setengah matang, masukkan sawi putih dan sawi hijau, tumis lagi.

Langkah 5 Capcay Kuah

Langkah 5 : beri bumbu seperti minyak wijen, saus tiram, kaldu ayam, garam dan gula. Aduk hingga rata. Tumis sampai matang.

Langkah 7 capcay kuah

Langkah 6 : setelah matang, matikan kompor, dan capcay siap disajikan.

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Capcay Kuah Simple Rumahan Yang Enak


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 2 1x
  • Diet: Halal

Description

Resep capcay kuah yang simple rumahan untuk 2 porsi yang bisa dibuat dalam 30 menit


Ingredients

Units Scale

Bahan : 

  • Sawi putih : 2 lembar
  • Sawi hijau : 3 tangkai
  • Wortel : 1 buah
  • Ayam : 100 gram

Bumbu :

  • Bawang bombay : 1 buah
  • Bawang putih : 5 siung
  • Minyak wijen : 3 sdm
  • Saus tiram : 1 sdm
  • Kaldu ayam : 1 sdt
  • Gula : 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Instructions

  1. Iris tipis bawang bombay, bawang putih
  2. Potong-potong ayam menjadi kecil, wortel, sawi hijau, dan sawi putih
  3. Panaskan minyak secukupnya untuk menumis
  4. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
  5. Masukkan ayam, tumis sebentar
  6. Masukkan wortel dan tambahkan sedikit air, tumis kembali
  7. Setelah wortel setengah matang, masukkan sawi putih dan sawi hijau, tumis lagi
  8. Beri bumbu seperti minyak wijen, saus tiram, kaldu ayam, garam dan gula
  9. Aduk hingga rata
  10. Tumis sampai matang
  11. setelah matang, matikan kompor, dan capcay siap disajikan.

Notes

  1. Boleh tambahkan beberapa irisan cabe keriting atau rawit supaya terasa pedas.
  2. Koreksi rasa terlebih dahulu ya.
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: China

Keywords: Capcay Kuah

Capcay jenis masakan apa?

Capcay adalah jenis masakan Tionghoa-Indonesia. Karena asal usul capcay itu sendiri berasal dari Fujian, Tiongkok. Capcay berisi berbagai macam jenis sayuran yang di tumis atau di rebus.

Kenapa dinamakan capcay?

Istilah capcay berasal dari bahasa Mandarin, yaitu ”cap” yang berarti sepuluh, dan ”cay” yang berarti sayuran. Selain itu, istilah capcay juga berasal dari bahasa Hokkian yang artinya ”aneka ragam sayur”. Jadi, capcay ini berisi berbagai jenis sayuran yang dimasak menjadi satu dan diberi bumbu atau saus. Tapi 3 jenis sayur juga udah bisa dianggap sebagai capcay.

Sayuran apa saja yang bisa dimasak capcay?

Ada banyak jenis sayur yang bisa Lo masak sebagai capcay, seperti sawi putih, wortel, jagung putren, kembang kol, sawi hijau, brokoli, jamur atau sayur lainnya. Selain itu, Lo juga bisa menambahkan toping lainnya agar bervariasi, misalnya tambahkan bakso, sosis, suwiran ayam, atau lainnya. Jadi, capcay buatan Lo makin enak deh!

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang Anti Pecah

Kesimpulan

Capcay merupakan jenis masakan Tiongkok-Indonesia, yang berisi berbagai macam sayuran. Terlepas dari asal usulnya, kini capcay telah berkembang dan cukup populer di dunia kuliner.

Bahkan, sudah banyak resto atau tempat-tempat makan yang menyajikan menu capcay ini. Tapi Lo nggak perlu repot beli, Lo bisa masak sendiri dirumah dan ikuti resep gampang bikin capcay ala Gue ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star