Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Resep terong balado – Ada banyak sekali bahan yang bisa kita olah menjadi balado atau dengan citarasa pedas, termasuk juga terong. Ayo, siapa yang suka terong? Terong juga bisa dijadikan menu pedas atau terong balado.

Terong mentah emang bertekstur keras ketika dipegang, tapi kalau udah diolah, tekstur terong bisa menjadi lembut dan rasanya pun enak. Menu terong balado juga banyak tersedia di tempat-tempat makan seperti rumah makan Padang atau warteg.

Lo bisa masak menu ini untuk makan siang ataupun makan malam. Bahannya pun sangat mudah didapat dan juga murah, lho. Kalau Lo penggemar terong, Lo bisa masak terong balado sendiri dirumah.

Belum pernah masak terong? Nggak usah bingung, karena Gue akan berbagi resep cara membuat terong balado yang lezat seenak beli di luar! Simak terus sampai selesai, ya. Ikuti terus resep-resep dari Gue hanya di luvne.com.

Baca Juga : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

 

Bahan dan Bumbu Untuk Masak Terong Balado 

bahan membuat terong balado

Nah, kalau Lo hari ini mau masak terong balado, catet nih apa saja bahan dan bumbunya!

  • Terong ungu : sebagai bahan utama pilih terong yang masih bagus dan segar, ya. Lo boleh pakai terong ungu atau terong hijau sesuai selera.
  • Cabe merah keriting : namanya bumbu balado tentu pakai cabai dong! Banyaknya sesuaikan dengan kebutuhan, ya.
  • Cabe rawit merah : Lo bisa menambahkan cabe rawit kalau suka, kalau nggak suka pedas boleh di skip.
  • Tomat : untuk tambahan pada bumbu balado supaya bumbu lebih merah, segar, dan sedikit kental.
  • Bumbu halus : gampang banget deh! Cuma pakai bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat sebagai bumbu dasar.
  • Garam : ini mah bumbu wajib ya!
  • Penyedap rasa : buat nyedepin masakan supaya terong balado gurih dan lezat.
  • Gula pasir : kalau Gue sih pakai tambahan sedikit gula pasir, biar rasa terong baladonya makin sedap.
  • Daun jeruk : pakai daun jeruk biar makin sedep dan wangi segar.
  • Serai : ada beberapa resep terong balado yang pakai serai, tapi boleh di skip, ya.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menggoreng terong dan menumis bumbu halusnya.

Baca Juga : Cara Bikin Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!

Cara Memasak Terong Balado 

@luvnedotcom Cara Membuat Resep Terong Balado dalam waktu 30 menit untuk sajian 2-3 porsi saja ~ Lihat tips, cara menbuat yang lebih detail dengan mengunjungi website kami ya. Klik link websitenya di biodata yaa :) #resepterongbalado #resepmasakanrumahan #resepterongsimple ♬ suara asli – luvnedotcom

Nah, sekarang, waktunya masak! Lo bisa cek videonya disini ya untuk tutorial cara masaknya. Intip resepnya yuk!

See also  Resep Tumis Buncis Telur Orak Arik Sederhana
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 3
  • Diet: Vegan

Description

Lo bisa masak menu ini untuk makan siang ataupun makan malam. Bahannya pun sangat mudah didapat dan juga murah, lho. Kalau Lo penggemar terong, Lo bisa masak terong balado sendiri dirumah.


Ingredients

  • Terong ungu : 2 buah ukuran besar (potong-potong)
  • Tomat : 1 buah
  • Terasi : 1 bungkus kecil
  • Bawang putih : 4 siung
  • Bawang merah : 8 butir
  • Cabe merah keriting : 17 buah
  • Garam : 1/2 sdt
  • Gula : 1/2 sdt
  • Lada : 1/2 sdt
  • Kaldu jamur : 1/2 sdt
  • Minyak goreng : secukupnya

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan bumbu. Cuci bersih terong, lalu belah dua dan potong-potong sesuai selera. Sisihkan dalam piring.

Langkah 2 : Siapkan bumbu-bumbunya. Potong cabe jadi beberapa bagian. Potong-potong bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sisihkan.

Langkah 3 : Siapkan blender. Haluskan bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, tomat dan sedikit terasi. Blender sampai halus.

Langkah 4 : Nyalakan kompor. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng terong sampai layu. Jangan terlalu matang, ya. Nanti bisa hancur. Setelah layu dan matang, angkat dan tiriskan.

Langkah 5 : Tumis bumbu halus menggunakan minyak bekas menggoreng terong. Tumis sampai matang dan harum. Tambahkan daun jeruk dan serai (kalau pakai). Tumis sampai matang dan wangi.

See also  Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Langkah 6 : Tambahkan minyak secukupnya kalau dirasa kurang. Aduk lagi biar rata. Tambahkan bumbu seperti garam, kaldu jamur, lada bubuk dan gula. Aduk lagi sampai merata.

Langkah 7 : Masukkan terong yang tadi sudah digoreng sebelumnya. Aduk lagi sampai rata.

Langkah 8 : Tes rasa, jika sudah pas, matikan kompor. Waktunya plating dan penyajian.

Langkah 9 : Terong balado lezat siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya. Gimana? Gampang banget kan bikinnya? Selamat mencoba, ya.

Notes

  1. Karena terong ini ukurannya cukup besar, jadi Gue menggunakan hanya 2 buah saja. Jika terong yang dipilih ukurannya kecil, bisa pakai 3-4 buah terong ya.
  2. Saat masak diberi minyak tambahan agar awet, jika tidak suka memakai minyak berlebih, bisa di skip.
  3. Jangan lupa koreksi rasa kembali, ya.
  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Main Dish
  • Method: Stir Fry
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: terong balado

Kenapa terong harus direndam di air garam sebelum digoreng?

Terong yang direndam dalam air garam sebelum digoreng merupakan salah satu tips untuk menghilangkan kandungan air berlebih dari terong dan juga membuat terong nggak menyerap banyak minyak saat digoreng. Selain itu, trik ini juga bisa membuat terong bertekstur lebih padat dan nggak mudah lembek saat digoreng.

Berapa lama terong harus direndam dalam air garam?

Lo bisa merendamnya sebelum digoreng selama sekitar 20 menit. Nah, Setelah direndam, terong boleh langsung digoreng atau nggak perlu dibilas lagi.

Gimana cara menyimpan terong supaya tahan lama?

Selama terong masih utuh, terong lebih bagus disimpan di tempat yang sejuk dan bersuhu ruangan. Taruh terong dengan dialas kertas dan jauhkan dari sinar matahari langsung agar tidak cepat keriput.

Apa terong perlu dikupas?

Lo bisa memasak terong langsung dengan kulitnya, jadi nggak perlu dikupas dulu sebelum dimasak. Diketahui, kulit terong juga mengandung serat, lho. Jadi, nutrisi dalam kulit terong juga cukup bermanfaat.

Apa tanda bumbu sudah matang?

Ciri dari bumbu yang sudah benar-benar matang yaitu tidak lagi mengandung air, berbulir, dan minyak menjadi kemerahan.

Baca Juga : Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Tips Menggoreng Terong Yang Benar 

Buat Lo yang baru pertama masak terong, mungkin sering bingung gimana caranya masak terong yang benar biar rasanya enak seperti layaknya beli di luar.

Ada beberapa tips yang harus Lo perhatikan tentang cara masak terong yang benar supaya terong baladonya lezat :

  • Pilih Terong Segar

Supaya terong balado rasanya lezat dan juicy, tapi sedikit renyah, Lo harus pilih terong yang masih segar dan sedang (jangan terlalu muda atau terlalu tua).

  • Goreng Setengah Matang 

Tips kedua yaitu, saat menggoreng terong, gorenglah setengah matang. Jadi, jangan terlalu lama atau terlalu matang. Kalau terlalu matang, terong akan lonyot/lembek saat ditumis bersama bumbu.

  • Masukkan Terong Saat Bumbu Matang

Tips terakhir yaitu, Lo harus goreng bumbu halusnya sampai benar-benar matang sempurna dan nggak ada lagi kandungan airnya, baru Lo masukkan terong yang sudah digoreng kedalam bumbu tersebut. Masak dengan cepat dan sebentar saja.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Cara Merebus Terong Supaya Warnanya Nggak Berubah.

Selain harus memperhatikan tips cara menggoreng terong supaya nggak lonyot, sebenarnya ada trik lain yang juga mudah dipraktekkan.

Agar terong balado terlihat cantik dan menarik, nggak berubah, Lo bisa merebusnya lebih dulu sebelum diolah. Emang, Lo bisa langsung menggoreng terong dan menumisnya dengan bumbu.

Terong emang biasanya direbus atau digoreng dulu sebelum akhirnya ditumis dengan bumbu. Tapi, kalau Lo ingin terong dengan tampilan cantik dan nggak berubah warna, opsinya yaitu merebusnya lebih dulu.

Metode merebus ini juga sering dipraktekkan oleh banyak orang karena dianggap lebih sehat dan lebih praktis. Tapi Lo perlu tau, bahwa terong yang direbus juga sering menghitam. Hal ini karena terong merupakan sayuran yang mudah mengalami oksidasi.

Jadi, Lo harus merebusnya dengan baik supaya nggak berubah warna alias tetap terlihat ungu segar atau hijau segar. Caranya yaitu :

  • Cuci dan Rendam Dengan Air Garam

Cuci bersih terong lebih dulu. Lalu potong-potong terong sesuai selera dan menu apa yang ingin dimasak. Setelah di potong-potong, rendam terong dalam air garam selama beberapa menit, atau sekitar 15-20 menit.

  • Rebus Terong Saat Air Sudah Mendidih

Setelah direndam dengan air garam, siapkan panci, lalu rebus air secukupnya. Tunggu sampai air mendidih.

  • Tambahkan Cuka

Kalau air sudah mendidih, tambahkan satu sendok makan cuka ke dalam air rebusan tersebut. Aduk sampai rata. Setelah itu, baru masukkan terong yang sudah dipotong-potong dan direndam air garam tadi.

Penambahan cuka dalam air rebusan, ternyata bisa membantu mencegah perubahan warna pada buah atau sayuran akibat oksidasi. Kalau untuk merebus terong, otomatis warna terong akan tetap ungu/hijau cerah.

  • Buka Tutup Panci Sesekali 

Setelah terong dimasukkan, tutup panci, lalu biarkan mendidih dan rebus terong beberapa menit. Lo boleh buka tutup panci sesekali untuk mengaduk terong supaya matang merata.

  • Rebus Dengan Api Besar

Sebaiknya, rebus terong dengan api besar. Sehingga akan mempercepat proses pematangan terong. Untuk mengecek terong sudah empuk atau belum, Lo bisa tusuk terong pakai tusuk gigi atau garpu. Kalau sudah empuk, matikan api, angkat dan tiriskan.

Dijamin, terong hasil rebusannya pasti berwarna ungu cerah atau hijau cerah, bagian dalam terongnya pun pasti putih bersih. Cobain deh!

Baca Juga : Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Kandungan & Jenis-jenis Terong

Terong menjadi jenis buah sayur yang sangat cocok dijadikan menu sederhana sehari-hari, salah satunya yaitu dibuat balado terong. Nggak cuma enak dan murah, terong juga punya nutrisi yang cukup baik untuk tubuh, lho.

Terong mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, hingga serat yang sangat bagus untuk kesehatan dan pencernaan. Selain itu juga rendah kalori. Terong juga mengandung nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti tembaga, magnesium, dan niasin.

Terong yang padat nutrisi, menjadikan buah ini punya banyak manfaat, termasuk sebagai antioksidan, baik untuk usus dan pencernaan dan membantu mengelola kadar gula dalam darah.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa kandungan nutrisi terong per 100g :

  • Kalori : 20 cal
  • Serat : 3 gram
  • Karbohidrat : 5 gram
  • Protein : 1 gram
  • Folat : 5% dari RDI
  • Mangan : 10% dari RDI
  • Kalium: 5% dari RDI
  • Vitamin C : 3% dari RDI
  • Vitamin K : 4% dari RDI
  • Niasin : 2% dari RDI
  • Magnesium : 3% dari RDI
  • Tembaga : 1 % dari RDI

Berikut beberapa jenis terong yang perlu Lo tau, terong ini bisa dikonsumsi, ya :

  • Terong ungu
  • Terong hijau
  • Terong lalap ungu
  • Terong lalap hijau
  • Terong jingga
  • Terong pokak/tekokak
  • Terong putih
  • Terong Belanda
  • Terong telunjuk
  • Terong pipit

Kesimpulan

Terong balado merupakan sajian simpel tapi murah meriah, lho. Meski murah dan mudah, tapi soal rasa tetap enak. Maka nggak heran, menu terong balado sering tersedia di rumah makan Padang dan juga warteg-warteg.

Menu balado terong cocok untuk sajian sehari-hari, bisa untuk makan siang ataupun makan malam. Nggak cuma enak, terong balado juga mudah dibuat, Lo bisa masak sendiri dirumah.

Kalau Lo belum pernah masak terong sebelumnya, Lo bisa intip resep Gue dan ikuti langkah-langkah dan tips-tipsnya. Selamat mencoba, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star