Resep Bumbu Semur Tahu Bulat, Manis dan Lezat!

Resep semur telur – Hampir setiap rumah, pasti punya stok telur di rumah. Telur memang menjadi bahan yang paling gampang diolah dan praktis. Ada banyak menu masakan yang bisa diolah dari bahan telur, misalnya dimasak jadi semur telur.

Menu semur telur telah menjadi hidangan yang banyak disukai karena rasanya yang legit dan manis, serta aroma harum rempah-rempah. Cara membuatnya juga cukup mudah, lho.

Nah, kalau Lo hari ini bingung mau masak apa, mungkin semur telur bisa jadi pilihan, nih. Tinggal rebus telur di kulkas dan siapkan bumbunya. Tentu akan jadi menu yang lezat dan hemat. Yuk, simak resepnya!

Baca Juga : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Bahan Membuat Semur Telur 

Sebelum masak semur telur, Lo siapkan dulu nih bahan-bahannya, diantaranya :

  • Telur : siapkan beberapa butir sesuai kebutuhan. Rebus telurnya. Sebaiknya gunakan telur yang sudah didiamkan beberapa hari, ya.
  • Kecap manis : karena menunya semur, tentu si hitam manis menjadi bumbu paling mencolok disini!
  • Bumbu cemplung : cuma daun salam, serai, dan lengkuas. Untuk mendapatkan aroma khas rempah-rempah tentunya.
  • Gula merah : sebagai bumbu tambahan supaya semur makin manis dan sedap.
  • Bumbu halus : gampang banget, lho, siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada butir/lada bubuk, ketumbar dan biji pala.
  • Garam & Kaldu bubuk : pakai secukupnya untuk mendapatkan semur telur yang lezat dan nikmat.
  • Minyak goreng : gunakan secukupnya, untuk menumis bumbu.

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang Goreng Sederhana Anti Pecah

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Bumbu Semur Tahu Bulat, Manis dan Lezat!


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Cara Membuat Tempe Orek Basah Kecap, Bikin Makan Nambah Terus !

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 6
  • Diet: Halal

Description

Menu semur telur telah menjadi hidangan yang banyak disukai karena rasanya yang legit dan manis, serta aroma harum rempah-rempah. Cara membuatnya juga cukup mudah, lho.


Ingredients

  • Telur ayam : 6 butir
  • Tahu coklat/putih : 5 pcs
  • Daun salam : 3 lembar
  • Serai : 2 batang (geprek)
  • Lengkuas : 2 ruas jempol (iris, lalu geprek)
  • Gula merah (sisir) : 2 sdm

Bumbu Halus :

  • Bawang merah : 8 butir
  • Bawang putih : 5 siung
  • Kemiri : 6 butir
  • Lada butir/bubuk : 1/2 sdt
  • Biji pala : 1/4 butir pala
  • Ketumbar : 1/2 sdt

Bumbu Secukupnya  : 

  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Kecap manis

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan. Panaskan air dalam panci. Rebus telur sampai matang. Setelah itu, kupas kulitnya, lalu sisihkan.

Langkah 2 : Goreng tahu sampai kecoklatan. Angkat sisihkan. Mulai siapkan bumbu.

Langkah 3 : Haluskan bumbu sampai halus menggunakan blender.

Langkah 4 : Siapkan wajan. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum.

Langkah 5 : Masukkan bumbu cemplung seperti daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis sampai layu dan harum.

Langkah 6 : Masukkan telur dan tahunya. Aduk sampai rata.

Langkah 7 : Beri kecap manis, gula merah, garam, dan kaldu bubuk. Aduk sebentar sampai merata.

Langkah 8 : Tuang air kurang lebih 200 ml atau sesuai selera. Aduk lagi sampai rata. Masak sampai matang.

Langkah 9 : Masak terus sampai air menyusut dan tinggal sedikit. Lalu tes rasa, ya.

Gambar 10 : Kalau dirasa sudah pas, matikan kompor. Angkat dan sajikan.

Langkah 11 : Sajikan semur telur dengan taburan bawang goreng. Santap dengan nasi hangat, sambal dan kerupuk. Wih.. yummy banget!

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia
See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 130 cal
  • Sugar: 3.3 gram
  • Sodium: 420 mg
  • Fat: 8.14 gram
  • Saturated Fat: 2.24 gram
  • Unsaturated Fat: 1.3 gram
  • Carbohydrates: 5.8 gram
  • Protein: 9.3 gram
  • Cholesterol: 289 mg

Keywords: Semur Telur

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur?

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur nggak terlalu lama, kok. Rebus sekitar 10 sampai 15 menit terhitung dari air sudah mendidih, ya. Lo akan mendapatkan kuning telur yang sedikit lunak. Tapi kalau Lo ingin telur rebus yang matang sempurna, Lo bisa merebusnya setidaknya 20 menit.

Kenapa harus menambahkan garam saat merebus telur?

Menambahkan garam dalam air rebusan telur, bukan bertujuan supaya telur menjadi asin. Melainkan, sebuah trik supaya titik didih air memanas lebih cepat dan dalam suhu yang lebih tinggi. Sehingga proses merebus akan lebih cepat matang.

Apakah masak semur telur harus pakai santan?

Ada beberapa variasi resep semur yang menggunakan santan. Banyak juga yang nggak pakai santan. Karena yang terpenting, menu semur identik dengan citarasa manis dari gula merah dan kecap. Sementara santan untuk menambah kekentalan dan rasa yang lebih gurih.

Bahan apa saja yang bisa dimasak bareng semur telur?

Ada banyak variasi resep, Lo bisa menambahkan bahan seperti tahu, tempe, kentang, ati ampela, hingga daging dalam masakan semur telur Lo.

Apakah masak semur harus selalu pakai gula merah?

Dari dulu, gula merah banyak digunakan dalam berbagai resep, termasuk semur. Penambahan gula merah adalah sebagai tambahan bumbu untuk mendapatkan rasa manis yang khas. Tapi kalau Lo nggak suka, Lo bisa menggunakan kecap manis sebagai penggantinya.

Apa saja rekomendasi kecap yang bagus untuk masak semur?

Ada banyak sekali merk kecap manis di Indonesia. Lo bisa pakai kecap manis favorit atau sesuai selera masing-masing. Berikut beberapa merk dagang kecap manis yang ada di Indonesia : Kecap manis Bango Kecap manis ABC Kecap manis Indofood Kecap manis SH Kecap manis cap Menjangan Kecap manis cap Sawi Kecap manis cap Matahari Kecap manis cap Tomat Lombok

Baca Juga Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Tips Mengupas Telur Rebus Supaya Hasilnya Mulus

Kadang, saat merebus telur, ada yang sudah dikupas. Sering banget kita jumpai telur yang kulitnya sangat lengket saat dikupas. Sehingga telur dikupas rusak dan nggak mulus.

Lalu, gimana sih caranya ngupas telur supaya hasilnya mulus? Buat Lo yang penasaran, simak nih beberapa cara mengupas telur supaya hasilnya cantik dan mulus.

1. Gunakan Telur Kemasan

Tips pertama yaitu gunakan telur kemasan atau telur yang sudah didiamkan selama beberapa hari. Karena, kalau pakai telur segar langsung dari peternakan, biasanya akan sulit dikupas.

Hal tersebut karena adanya senyawa kimia tertentu pada lapisan kulit telur. Jadi, kalau tujuannya direbus, Lo mending pakai telur yang sudah dikemas beberapa hari.

2. Cara Merebus Telur

Tips selanjutnya yaitu saat merebus telur. Cara merebus telur yang benar yaitu tunggu sampai airnya benar-benar mendidih, lalu beri tambahan garam ke dalamnya. Baru masukkan telurnya.

Pastikan juga air untuk merebus telur harus penuh. Ini supaya telur terendam dengan sempurna. Rebus sampai telur matang, tutup pancinya lebih baik ya, supaya cepat matang.

3. Rendam Telur Dalam Air Es/Dingin

Setelah telur rebus matang, langsung angkat dan masukkan telur rebus ke dalam rendaman air es atau air dingin. Tunggu sampai beberapa menit. Ini cara supaya kulit telur gampang dikupas dan hasilnya mulus.

4. Gulirkan Telur Sampai Kulitnya Retak

Telur yang sudah direndam dalam air es atau air dingin, bisa Lo gulirkan dalam wadah tertutup, atau bisa juga kocok-kocok sampai kulit telurnya retak.

Kulit telur yang retak akan mempermudah Lo dalam mengupasnya, dan bisa membuat telur lebih mudah dikupas dan hasilnya mulus.

5. Gunakan Sendok/Garpu 

Lo juga bisa menggunakan sendok atau garpu untuk mengupas telur. Pukul perlahan telur rebus sampai kulit retak merata. Lalu kupas kulit telur secara perlahan-lahan.

Itulah beberapa tips yang bisa Lo praktekkan di rumah jika ingin hasil telur rebusnya cantik dan mulus tanpa hancur.

6. Semur Telur Cocok Disantap Dengan Nasi-nasian 

Semur telur sudah menjadi masakan favorit banyak orang, lho. Bahkan, semur telur banyak dijual dengan menu nasi-nasian. Tentu karena rasanya yang legit dan gurih, membuat semur telur cocok disantap bareng nasi-nasian.

Semur umumnya dibuat menggunakan daging sapi, daging ayam, atau kentang. Intinya, sajian semur ini memang diadaptasi dari kuliner Belanda dengan citarasa manis dari gula merah atau kecap sebagai ciri khasnya.

Karena diolah dengan bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang khas, membuat semur telur terasa kenyal-kenyal gurih dengan bumbu yang meresap sempurna ke dalam telur.

Nah, semur telur ini paling cocok disantap bareng nasi-nasian, misalnya seperti :

  • Nasi Putih Biasa : semur telur cocok disantap pakai nasi putih biasa juga sudah nikmat. Santap selagi hangat, nikmatnya pol!
  • Nasi Kuning : semur telur juga cocok dengan nasi kuning. Sering ditemukan di nasi tumpeng.
  • Nasi Uduk : kalau Lo sering membeli nasi uduk, kadang juga tersedia semur telur sebagai pelengkapnya.
  • Nasi Gurih/Liwet : semur telur juga enak dimakan dengan nasi gurih, lho. Cobain deh!
  • Lontong Sayur : semur telur juga cocok dengan menu lontong sayur atau ketupat sayur. Makanya, penjual lontong sayur/ketupat sayur pasti menyediakan semur telur sebagai pelengkapnya.

Baca Juga : Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Aneka Olahan Semur Telur 

Meski biasanya olahan semur berbahan dasar daging sapi, tapi sekarang ada banyak menu semur yang bisa Lo coba, seperti semur telur. Semur telur juga bisa dimodifikasi dan dicampur dengan bahan lain sesuai selera, lho.

1. Semur Telur Kecap

Semur telur kecap menu paling praktis. Tinggal rebus telur, lalu bumbui dengan kecap, bawang, dan rempah-rempah.

2. Semur Telur Tahu Coklat

Semur telur juga lezat dicampur pakai tahu coklat. Rebus beberapa butir telur, goreng tahu coklat, lalu bumbui dengan cabe, bawang, pala, kemiri, dan kecap manis.

3. Semur Telur Ceplok

Kalau Lo nggak suka dengan telur rebus bulat, maka Lo bisa menggantinya dengan telur yang di ceplok untuk membuat semur. Bumbui dengan cabe, bawang, rempah-rempah, dan kecap.

4. Semur Telur Tahu Putih

Olahan semur telur juga enak dicampur tahu putih. Goreng dulu tahunya, olah menjadi semur bersama dengan telur rebus dan bumbu semur.

5. Semur Telur Ati Ampela

Semur telur juga sangat cocok diolah dengan ati ampela, nih. Rasanya tentu sangat gurih dan nikmat. Bumbui dengan bumbu semur dan tambahkan sedikit santan, hmm.. pastinya bikin nagih!

6. Semur Telur Campur Kentang

Semur telur juga cocok dicampur dengan kentang. Kentang sendiri sering dimasak semur bersama bahan lain seperti daging sapi atau ayam. Tambahkan potongan kentang, dijamin menu semur telur kentang ini lezat dan mengenyangkan.

Baca Juga : Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal

Kesimpulan

Semur telur telah menjadi sajian lezat yang banyak disukai. Rasanya yang manis dan gurih membuat semur telur cocok dijadikan sebagai menu harian. Nggak cuma enak, telur juga tinggi protein, lho.

Cara masak semur telur juga cukup gampang, bahan dan bumbunya mudah didapat. Lo bisa ikuti resep Gue yang simpel. Dijamin ketagihan deh! Selamat mencoba resepnya , ya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star