Resep Bumbu Oles & Ungkep Ayam Bakar Kecap Empuk, Bumbunya Meresap!

Resep ayam bakar kecap – Siapa sih yang nggak pernah makan ayam bakar? Kayaknya menu sepopuler ini pasti sudah menjadi menu pilihan sehari-hari, ya. Nggak tua, muda atau anak-anak, hampir semuanya suka menu ayam bakar kecap.

Gue juga suka banget sama ayam bakar kecap, karena menu ini terbilang lezat dan berkelas. Rasanya yang juara memang selalu menggugah selera.

Tapi, daripada kantong jebol buat beli ayam bakar melulu, mendingan bikin sendiri dirumah. Lo yang belum pernah bikin jangan khawatir, ya. Lo bisa mengikuti resep ala Gue bikin ayam bakar kecap spesial.

Caranya gampang banget, lho. Tapi Lo harus sabar dan ikuti step by step-nya, ya. Penasaran gimana cara bikinnya? Simak, yuk!

Bahan Bumbu Oles & Ungkep Ayam Bakar Kecap Empuk

Nah, sekarang Lo harus siapkan bahan dan bumbu-bumbunya. Simak yah!

  • Ayam : pilih ayam segar yang beli di pasar. Boleh juga menggunakan ayam kampung kalau suka.
  • Kecap : bahan utama dan paling penting untuk membuat ayam bakar kecap. Pilih kecap yang enak dan berkualitas.
  • Jeruk nipis : untuk marinasi ayam, supaya ayam nggak bau amis.
  • Margarin : sebagai bahan olesan saat membakar ayam.
  • Air kaldu : sebagai bahan campuran untuk olesan pada ayam bakar supaya rasanya lebih enak dan gurih bumbu.
  • Bumbu ungkep : haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, garam dan penyedap rasa. Tambahkan bumbu aromatik juga, daun salam dan sereh.
  • Alat : teflon atau panggangan.
  • Pelengkap sajian : Lo bisa menyajikan ayam bakar kecap dengan nasi putih hangat, sambal favorit, dan juga lalapan.
See also  Resep Capcay Kuah Sederhana Rumahan Yang Enak
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Bumbu Oles & Ungkep Ayam Bakar Kecap Empuk, Bumbunya Meresap!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 1 Hours 30 Minutes
  • Yield: 8 1x
  • Diet: Halal

Description

Gue juga suka banget sama ayam bakar kecap, karena menu ini terbilang lezat dan berkelas. Rasanya yang juara memang selalu menggugah selera. Tapi, daripada kantong jebol buat beli ayam bakar melulu, mendingan bikin sendiri dirumah. Lo yang belum pernah bikin jangan khawatir, ya. Lo bisa mengikuti resep ala Gue bikin ayam bakar kecap spesial.


Ingredients

Units Scale

 

  • Ayam : 1 ekor (potong 4 bagian)
  • Jeruk nipis : 1 buah
  • Kecap : secukupnya (untuk olesan)
  • Margarin : secukupnya (untuk olesan)
  • Air kaldu : 100 ml

Bumbu ungkep :

  • Kemiri : 4 butir
  • Bawang merah : 8 butir
  • Bawang putih : 6 siung
  • Jahe : 1 ruas jempol
  • Kunyit : 1 ruas jempol
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Air : secukupnya (untuk ungkep ayam)
  • Daun salam : 3 lembar
  • Sereh : 1 batang (geprek)

Pelengkap sajian :

  • Nasi putih
  • Sambal favorit
  • Lalapan

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan, cuci bersih ayam, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Biarkan selama 15 menit. Cuci bersih ayam.

Langkah 2 : Siapkan bumbu ungkep : bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan sedikit minyak. Haluskan dengan blender. Sisihkan.

Langkah 3 : Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Beri bumbu aromatik : daun salam dan sereh, tumis sampai layu dan wangi.

See also  Cara Bikin Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!

Langkah 4 : Beri garam dan penyedap rasa, aduk sebentar. Tuang air secukupnya, lalu masukkan ayamnya. Aduk sampai rata.

Langkah 5 : Ungkep ayam sampai matang dan empuk. Sisakan air kaldu untuk olesan. Angkat ayam, lalu diamkan sampai bersuhu ruangan.

Langkah 6 : Siapkan bahan olesan : 2 mangkuk kecil, satu untuk kecap, yang satu lagi untuk air kaldu dan margarin (campur jadi satu).

Langkah 7 : Siapkan alat panggangnya. Bakar ayam di atas api kecil. Oleskan kecap dan margarin di seluruh bagian ayam. Bakar sampai matang dan kulit ayam sedikit garing kecoklatan.

Langkah 8 : Kira-kira sudah matang, angkat lalu sajikan ayam di piring saji.

Langkah 9 : Lo bisa menikmati ayam bakar kecap dengan nasi putih hangat, sambal, lalapan, dan kerupuk. Dijamin nambah deh!

Notes

  1. Gunakan api kecil saat memanggang ayam, supaya matangnya merata dan nggak cepat gosong.
  2. Boleh bikin ayam bakar pakai teflon.
  3. Balik sesekali supaya matang merata.
  • Prep Time: 30 Minutes
  • Cook Time: 1 Hours
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Bakar
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 170 cal
  • Sodium: 205 mg
  • Fat: 8.4 gram
  • Saturated Fat: 2.5 gram
  • Unsaturated Fat: 1.9 gram
  • Carbohydrates: 0 gram
  • Fiber: 0 gram
  • Protein: 13.3 gram
  • Cholesterol: 52 mg

Keywords: Ayam Bakar

Tips Membuat Ayam Bakar Kecap Lezat

Banyak orang memilih membeli ayam bakar diluar, karena dinilai lebih cepat dan praktis. Padahal, bikin sendiri dirumah lebih hemat, lho.

Jangan takut gagal, Lo cukup ikuti tips-tips di bawah ini supaya hasil ayam bakar Lo lezat dan anti gagal.

1. Pilih Ayam Segar

Kalau mau bikin ayam bakar, sebaiknya Lo pilih ayam yang masih fresh atau bukan yang beku. Pilih yang masih segar dan muda. Paling gampang, beli 1 ekor ayam dengan berat sekitar 700-800 gram lalu potong menjadi 4 bagian.

2. Tunggu Sampai Ayam Mencair

Tips ini berlaku kalau Lo mengeluarkan ayam dari kulkas atau freezer. Kalau Lo mau bikin ayam bakar, sebaiknya keluarkan dulu ayamnya lalu tunggu sampai mencair dan normal.

Ayam yang masih beku, akan membuat olahan ay bakar gagal. Bisa matangnya kurang merata atau bahkan dalamnya masih mentah. Kalau masih beku, coba rendam dengan air supaya cepat mencair.

3. Bersihkan Ayam Sebelum Dimasak

Ayam baru beli ataupun dari kulkas, tetap harus dicuci atau dibersihkan dulu sebelum diolah, ya. Meski terlihat bersih, tapi untuk meminimalisir kuman, darah, atau kotoran yang menempel. Baru setelah itu marinasi ayam dengan bumbu.

4. Ungkep Dulu Ayamnya

Sebelum Lo mulai bikin ayam bakar, sebaiknya ayam ungkep lebih dulu. Teknik ini membuat ayam lebih empuk dan matang lebih cepat. Bikin bumbu ungkepnya juga gampang, kok.

Ungkep dengan api sedang, tunggu sampai ayam benar-benar empuk dan air kaldu sisa sedikit. Dengan begitu, bumbu akan meresap sempurna ke dalam ayam.

5. Gunakan Api Kecil Sampai Sedang Saat Membakar Ayam

Selanjutnya, bakar ayam dengan api kecil, maksimal pakai api sedang. Hal ini supaya ayam bakar matang sempurna sampai kedalam, jadi nggak cuma bagian luarnya saja matang atau kering, tapi dagingnya juga empuk.

6. Olesi Dengan Bumbu Saat di Bakar

Ini bagian terpenting dalam ayam bakar yaa, saat ayam dibakar dipanggang, olesi dengan kecap dan margarin yang telah dicampur air kaldu. Rasanya pasti lezat dan gurih.

7. Sering Dibalik

Selain pakai api kecil, ayam bakar harus terus diperhatikan dan sering dibalik supaya nggak gosong dan matangnya merata. Olesi sesekali untuk menambah tampilan ayam bakar makin menarik.

8. Sajikan Dengan Sambal dan Lalap

Setelah ayam bakar matang, jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi putih hangat, aneka lalapan, sambal dan kerupuk. Dijamin nafsu makan bakal bertambah.

Kenapa ayam harus diungkep dulu sebelum dibakar?

Sebenarnya, ayam mentah bisa langsung dibuat ayam bakar, tapi hasilnya pasti kurang enak karena bumbu belum meresap, kemungkinan daging alot dan membutuhkan waktu yang sangat lama sampai ayam matang. Jadi, kalau ayam diungkep dulu, bisa menghindari itu semua.

Berapa lama ayam bakar bisa bertahan?

Ayam bakar idealnya langsung dimakan setelah matang. Tapi kalau masih tersisa, Lo bisa menyimpannya di kulkas. Ayam bakar bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 hari sebelum dimakan atau dibuang.

Berapa lama ayam di ungkep?

Supaya daging ayam lebih empuk dan lembut, perlu di ungkep dulu. Ayam perlu di ungkep dalam air mendidih selama 40 sampai 50 menit atau sampai air menyusut.

Berapa lama waktu membakar ayam?

Waktu yang ideal untuk membakar ayam yaitu 10 menit. Karena pada dasarnya ayam sudah matang di ungkep. Waktu 10 menit itu untuk mengoleskan bumbu dan membakar ayam sampai kecoklatan.

Benarkah ayam bakar lebih sehat daripada ayam goreng?

Dari segi kesehatan memang ayam bakar bisa dikatakan lebih sehat dibanding ayam goreng. Alasannya sederhana, ayam bakar nggak pakai minyak dalam pengolahannya, sementara ayam goreng sebaliknya. Sehingga ayam bakar dikenal lebih rendah kolesterol.

Apa merk kecap terbaik dengan rasa yang enak?

Ada banyak merk kecap di pasaran, berikut rekomendasi kecap manis yang enak : 1. Merk Bango 2. Merk ABC 3. Merk Menjangan 4. Merk SH 5. Merk Zebra 6. Merk Udang 7. Merk Matahari

Bolehkah menggunakan ayam kampung?

Boleh banget! Menggunakan ayam kampung malah akan menambah citarasa yang gurih dan sedap. Tapi mengolahnya (diungkep) harus lebih lama, ya.

Kesimpulan

Sajian ayam bakar kecap sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan kuliner ayam bakar seakan nggak ada matinya. Setiap ujung jalan pasti ada penjual ayam bakar. Rasa gurih, lezat, dan empuknya ayam bakar mampu memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star