Resep Buko Pandan Praktis dan Menyegarkan

Resep buko pandan – Kalau cuaca lagi panas, enaknya makan yang seger-seger, nih. Selain es buah, mungkin Lo ingin membuat kreasi lain seperti buko pandan? Mungkin ada yang pernah coba bikin buko pandan?

Buko pandan merupakan minuman segar yang cocok disajikan saat cuaca panas. Dan pastinya, kesegaran buko pandan ini bakal jadi rebutan keluarga dirumah deh!

Menu ini juga aman dan sehat untuk anak-anak. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dan berkualitas, jadi Lo nggak perlu khawatir akan nutrisi dan kesehatannya.

Buko pandan biasanya disajikan dalam perayaan atau acara tertentu saja, tapi sekarang Lo bisa membelinya di toko kue atau membuatnya sendiri di rumah. Pastinya akan lebih aman dan nikmat.

Nah, kali ini Gue mau berbagi resep cara membuat buko pandan. Buat Lo yang mau coba membuatnya, bisa intip resep Gue dibawah, ya!

Apa itu Buko Pandan?

Sebelum lanjut ke resep, ada yang tau nggak apa itu buko pandan? Mungkin sebagian ada yang sudah familiar, sebagian lagi belum pernah mendengarnya.

Belakangan ini buko pandan cukup tenar dan menarik perhatian para pecinta dessert. Hal ini karena buko pandan memiliki tampilan yang mempesona dengan warna hijau muda dan juga aroma daun pandan yang menggugah selera.

Dalam bahasa Philipina, ”buko” artinya kelapa muda. Nah, buko ini sering digunakan untuk bahan minuman atau dessert di negara tersebut, termasuk untuk membuat buko salad.

Buko salad merupakan salad buah yang berisi lembaran daging kelapa muda dan campuran krim atau susu kental manis. Sementara, buko pandan merupakan salah satu varian dari buko salad yang populer ini.

See also  Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Buko pandan memiliki rasa yang manis dan gurih, berisi beragam isian yang lezat seperti daging kelapa muda, agar-agar, sagu mutiara, dan nata de coco yang kenyal bercampur dengan segarnya air kelapa muda dan susu evaporasi.

Sepintas, tampilan menarik buko pandan ini seperti kue tradisional khas Indonesia, tapi faktanya minuman  segar ini berasal dari Philipina. Disana, menu buko pandan sangat populer dan memang telah menjadi dessert favorit untuk berbagai acara.

Lezatnya buko pandan juga cocok disajikan dalam keadaan dingin atau agak beku, rasanya akan lebih nikmat. Selain itu, buko pandan khas Philipina dilengkapi dengan tambahan es krim rasa vanila di atasnya yang menambah kesegarannya.

 

Bahan Membuat Buko Pandan 

Membuat buko pandan terbilang sangat mudah, lho. Lo bisa mendapatkan bahan-bahannya di supermarket atau toko kue. Berikut bahan yang perlu Lo siapkan :

  • Agar-agar swallow : sebagai bahan utama buko pandan. Boleh pakai agar-agar plain atau varian rasa lain sesuai selera.
  • Gula pasir : untuk membuat agar-agar supaya manis.
  • Air kelapa : bahan khas buko pandan pakai air kelapa muda, ada juga yang membuat kreasi buko pandan memakai santan, lho.
  • Pasta pandan : bahan yang penting dalam buko pandan karena untuk rasa buko khas pandan.
  • Susu Evaporasi : pakai secukupnya yaa. Bisa juga diganti dengan susu kental manis.
  • Isian Buko lainnya : biasanya berisi sagu mutiara, daging kelapa muda, dan Nata de Coco.
  • Pelengkap : susu kental manis, pewarna merah, pewarna hijau dan keju parut.
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Buko Pandan Praktis dan Menyegarkan


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Nasi Goreng Jawa Simpel dan Lezat!

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 45 Minutes
  • Yield: 5 1x
  • Diet: Vegan

Description

Buko pandan biasanya disajikan dalam perayaan atau acara tertentu saja, tapi sekarang Lo bisa membelinya di toko kue atau membuatnya sendiri di rumah. Pastinya akan lebih aman dan nikmat.


Ingredients

Units Scale

Bahan Puding Hijau :

  • Agar-agar swallow : 1 saset
  • Gula pasir : 100 gram
  • Air : 900 ml
  • Pasta Pandan : secukupnya

Bahan lain : 

  • Sagu mutiara : 100 gram
  • Daging kelapa muda : 100 gram (dari 1 butir kelapa)
  • Air Kelapa dari 1 butir kelapa muda
  • Susu evaporasi : 1 kaleng (pakai secukupnya)
  • Nata de coco : 100 gram

Secukupnya :

  • Susu kental manis
  • Pewarna merah
  • Pewarna hijau
  • Keju parut

Instructions

Langkah 1 : Pertama-tama, panaskan air secukupnya. Lalu rebus sagu mutiara sekitar 8 menit. Jangan lupa beri sedikit pewarna merah, lalu tutup pancinya.

Langkah 2 : Setelah mendidih , matikan kompor dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, rebus lagi selama 5 menit, lalu matikan api. Biarkan sagu mutiara mengembang.

Langkah 3 : Mulai bikin agar-agarnya. Siapkan panci, tuang 900 ml air, lalu masukkan bubuk agar-agarnya, gula pasir, dan pewarna hijau. Didihkan sambil terus diaduk.

Langkah 4 : Setelah mendidih, angkat dan cetak dalam loyang. Biarkan sampai dingin.

Langkah 5 : Setelah dingin, potong dadu agar-agar.

Langkah 6 : Siapkan semua bahan. Satukan dalam satu wadah.

Langkah 7 : Tuang susu kental manis dan susu evaporasi. Lalu beri sedikit pewarna hijau dan aduk sampai rata.

Langkah 8 : Koreksi rasa. Tuang dalam gelas lalu taburi dengan keju parut diatasnya.

Langkah 9 : Sajikan dingin lebih segar, lho!

  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia
See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 190 cal
  • Sugar: 8 gram
  • Sodium: 54 mg
  • Fat: 14.5 gram
  • Saturated Fat: 11.24 gram
  • Unsaturated Fat: 0.2 gram
  • Carbohydrates: 15 gram
  • Fiber: 1.6 gram
  • Protein: 2.7 gram
  • Cholesterol: 0 mg

Keywords: buko pandan

Serba-serbi Buko Pandan 

Ada hal menarik lainnya tentang buko pandan yang perlu Lo ketahui, nih :

  • Buko Pandan adalah Dessert Favorit di Philipina

Di Filipina, buko pandan merupakan kuliner minuman segar yang sudah sangat populer. Hampir setiap tempat di sana bisa dengan mudah ditemukan penjual es buko pandan.

Bahkan, saking populernya, sampai-sampai mereka memproduksi produk jelly bubuk praktis rasa buko pandan yang siap masak, lho. Produk jelly bubuk ini telah tersebar dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

Buko pandan menjadi menu dessert andalan dan favorit di Filipina. Rasanya yang segar membuat buko pandan bisa dikreasikan menjadi aneka dessert sesuai selera.

Misalnya seperti milk tea, smoothies, slushy, minuman es, hingga cake lezat rasa buko pandan. Menarik kan?

Buko pandan disukai orang Indonesia karena lidah orang Asia yang hampir sama dan bahan buko pandan seperti kelapa dan rasa pandan yang juga mudah ditemukan dan nggak asing bagi orang Indonesia.

  • Buko Pandan Dijual Offline dan Online 

Di Indonesia, buko pandan mulai dikenal dan digemari sebagian orang, lho. Bahkan, banyak yang telah menjualnya secara online seperti di Instagram.

Selain, itu banyak juga yang tengah mencoba menjajal bisnis minuman segar ini dengan berbagai kreasi dan dijual secara online maupun offline.

Ada banyak kreasi dan modifikasi buko pandan di Indonesia. Masing-masing memiliki inovasi dan kreasi buko pandan yang enak dan menarik.

  • Mulai Dikemas Dalam Jar atau Cup Plastik 

Kepopuleran buko pandan di tengah masyarakat, membuatnya berkembang dan semakin inovatif, kreatif dan simpel. Kini, banyak sekali pedagang atau pebisnis yang sedang merintis bisnis minuman segar ini.

Mereka membuatnya makin kreatif dan simpel, misalnya dikemas dalam jar atau cup plastik dengan beragam harga. Sehingga pembeli bisa menyesuaikan dengan kantong mereka.

Fun Fact Menarik Buko Pandan

Buko pandan memang sangat populer dan menjadi dessert favorit di Philipina. Buko pandan biasanya dijadikan sebagai dessert dalam berbagai acara seperti perayaan, pesta, atau untuk jamuan makan.

Dan, ada banyak fakta menarik tentang buko pandan, lho. Pengen tau? Simak beberapa fakta menarik dibawah ini :

  • Buko pandan memiliki tampilan yang sangat mirip dengan salad buko khas Philipina, tapi keduanya berbeda, lho.
  • Di negara asalnya, buko pandan sangat populer dan dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup dalam berbagai acara.
  • Buko pandan enak dan segar dinikmati dalam keadaan dingin. Kalau di Philipina, buko pandan biasanya menggunakan es krim vanilla sebagai toppingnya.
  • Buko pandan telah diproduksi menjadi produk kemasan berbentuk jelly bubuk rasa buko pandan, dan mudah ditemui di Philipina.
  • Rasa dari buko pandan sangat segar karena terbuat air kelapa asli, creamy dari susu kental manis atau susu evaporasi, aroma harum dari pandan, dan sehat dari agar-agar yang kaya serat.
  • Buko pandan bisa tahan sampai seminggu, tapi kalau disimpan dengan benar di freezer.
  • Buko pandan memiliki citarasa manis, asam dan asin.
  • Kalau di Philipina, buko pandan biasa disajikan untuk dessert pada acara perayaan, jamuan atau pesta. Tapi di Indonesia sering dibuat untuk sajian berbuka puasa atau takjil.
  • Setiap daerah di Philipina juga memiliki resep buko pandan yang berbeda dan bervariasi, lho. Semua tergantung dari bahan atau hasil bumi daerah tersebut.

Agar-agar swallow-nya rasa apa?

Agar-agar menjadi bahan umum dan identik di buko pandan. Lo bisa menggunakan agar-agar plain (tawar) atau agar-agar rasa kelapa juga bisa.

Apa saja contoh susu evaporasi?

Ada banyak merk susu yang termasuk susu evaporasi. Berikut beberapa contoh merk susu evaporasi terbaik : Susu Evaporasi Carnation Susu Evaporasi Tiga Sapi Susu Evaporasi F&N Susu Evaporasi Sunbay Susu Evaporasi Frisian Flag Susu Evaporasi Omela

Topping apa yang sering digunakan?

Buko pandan merupakan es segar yang berisi aneka isian yang menggiurkan lidah. Mulai dari agar-agar, nata de coco, sagu mutiara dan segarnya air kelapa. Lo bisa menambahkan topping es krim atau parutan keju sebagai toppingnya.

Apa saja sih isian paling umum dari Buko Pandan?

Buko pandan merupakan es segar yang berisi aneka isian yang menggiurkan lidah. Mulai dari agar-agar, nata de coco, sagu mutiara, susu evaporasi, daging kelapa muda, pasta pandan dan segarnya air kelapa.

Kenapa harus pakai pasta pandan?

Pasta pandan sangat penting dalam menu buko pandan. Karena, buko pandan memang identik dengan warna dan aroma pandan. Pasta pandan ini berfungsi memberi aroma dan juga warna pandan yang segar dan menggoda.

Apa boleh mengganti air dengan santan?

Memang, ada beberapa orang yang membuat kreasi resep buko pandan dengan menggunakan santan. Tentunya, kreasi ini menambah citarasa khas bagi penggemar santan.

Berapa lama buko pandan bertahan?

Es buko pandan bisa bertahan selama 2 sampai 3 hari di kulkas. Kalau dibekukan, bisa bertahan sampai seminggu, lho.

Kesimpulan

Minuman populer dan segar berisi jelly-jellyan alias buko pandan ini memang berasal dari Philipina. Tapi, di Indonesia juga mulai banyak peminatnya. Malah sudah populer di Sumatera, lho.

Rasanya yang manis segar dari kombinasi susu evaporasi dan air kelapa muda, ditambah lagi sensasi aroma daun pandan yang khas, membuat tampilan buko pandan makin cantik dan menarik.

Penasaran dengan rasanya? Lo bisa membuatnya sendiri dengan mudah, kok. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapat. Yuk, bikin buko pandan!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star