Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Resep ayam goreng mentega – Ayam goreng mentega merupakan masakan yang sering Gue temui di restoran chinese food, ataupun resto-resto lokal juga ada yang menyediakan menu ini.

Ciri khas ayam goreng mentega ini yaitu potongan ayam yang kecil-kecil, yang dibumbui dengan saus khas yang nikmat dan meresap sempurna. Meski cuma dimakan sama nasi putih hangat, rasanya bikin pengen nambah terus.

ayam goreng mentega 1

Sajian ini dikenal masakan yang spesial dan bisa Lo sajikan untuk acara-acara tertentu, lho. Termasuk olahan ayam yang menarik dan istimewa dari berbagai olahan ayam yang ada.

Cara membuatnya pun sangat mudah kok, asalkan Lo bisa memilih ayam yang benar-benar sehat dan berkualitas supaya rasanya semakin nikmat. Gimana, pengen bikin ayam goreng mentega? Yuk, intip resep Gue disini!

Baca Juga Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!

Resep Ayam Goreng Mentega Ala Chinese Food

Kalau Lo mau coba masak ayam goreng mentega, siapkan dulu nih bahan-bahan, yaitu :

  • Ayam : pilih ayam segar. Boleh ayam utuh lalu potong-potong, boleh bagian tertentu seperti sayap, paha, atau dada.
  • Bawang bombay : sebagai bahan supaya cita rasa saus menteganya lebih gurih dan nikmat.
  • Bawang putih : bumbu penting yang harus ada ya, karena akan menambah citarasa dan aroma yang khas.
  • Daun bawang : bisa untuk mempercantik tampilan, juga menghadirkan sensasi wangi ayam goreng mentega lezat.
  • Jeruk nipis :  perlu secukupnya aja untuk melumuri ayam supaya nggak bau amis.
  • Mentega : Nah, ini nih bintang utamanya, menu ayam goreng mentega tentu harus pake mentega yang berkualitas supaya saus menteganya terasa nikmat.
  • Garam – penyedap rasa : ini sudah jadi bumbu wajib, ya!
  • Gula : sebagai penyedap rasa biar lebih mantap, boleh Lo skip kalau nggak suka.
  • Lada bubuk : untuk citarasa pedas lada yang khas.
  • Kecap manis : sedikit kecap manis, Lo boleh pakai merk apa saja.
  • Kecap inggris : bumbu ini tentu untuk menambah gurih masakan ya, tapi kalau nggak ada, Lo bisa pakai kecap asin sedikit.
  • Saus tomat : ini juga wajib ada ya, untuk menghasilkan tekstur saus yang creamy dan lezat.
  • Saus tiram : perlu sedikit juga, untuk menambah kenikmatan saus mentega.
  • Bahan pelengkap : Lo bisa makan ayam goreng mentega dengan nasi putih hangat, tumisan, dan kerupuk.

Baca Juga :Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
ayam goreng mentega 1

Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Tempe Mendoan Sederhana Anti Gagal, Gurihnya Pas!

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 60 Minutes
  • Yield: 8
  • Diet: Halal

Description

Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com yang enak dan gampang dibuat di rumah


Ingredients

  • Ayam : 1 ekor (potong-potong)
  • Bawang bombay : 1 buah (potong-potong)
  • Bawang putih : 5 siung (cincang halus)
  • Daun bawang : 1 tangkai (potong-potong)
  • Jeruk nipis : 1 buah
  • Mentega : secukupnya
  • Gula : 1 sdt
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Garam : secukupnya
  • Lada : 1/2 sdt
  • Kecap manis : 5 sdm
  • Kecap inggris : 2 sdm
  • Saus tomat : 2 sdm
  • Saus tiram : 1 sdm
  • Air : secukupnya

Bahan pelengkap/secukupnya :

  • Nasi putih
  • Tumisan
  • Kerupuk

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan bumbu. Cuci bersih ayam, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Aduk sampai rata dan ayam terasa keset. Diamkan kurang lebih 20 menitan.

Langkah 2 : Sambil menunggu ayam, racik bumbu. Potong-potong bawang bombay, geprek dan cincang halus bawang putih, potong-potong daun bawang.

Langkah 3 : Panaskan minyak goreng, agak banyak ya, kira-kira cukup untuk menggoreng ayamnya. Campurkan 2 sdm mentega kedalam minyak.

Langkah 4 : Setelah minyak panas, goreng ayam sampai matang, angkat dan sisihkan dalam piring.

Langkah 5 : Panaskan 4 sendok makan mentega. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Lalu, masukkan bumbu lain seperti kecap inggris, kecap manis, saus tiram, saus tomat, lada bubuk, penyedap rasa, dan garam. Aduk sampai rata.

Langkah 6 : Masukkan ayam yang tadi sudah digoreng. Aduk sampai ayam tercampur rata dengan bumbu. Gunakan api kecil aja, ya.

Langkah 7 : Setelah ayam tercampur rata dengan bumbu, tuang air secukupnya. Aduk lagi sampai rata. Tunggu sampai mendidih dan air menyusut dan mengental.

See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Langkah 8 : Kalau air sudah menyusut dan mengental, koreksi rasa. Kalau sudah pas, Lo masukkan daun bawangnya. Aduk sebentar, lalu angkat dan sajikan.

Langkah 9 : Santap dengan nasi hangat dan pelengkap lainnya. Dijamin bakalan nambah nih!

Notes

  • Sebaiknya potong ayam menjadi kecil-kecil. Karena akan lebih cepat matang dan mudah untuk disantap.
  • Lo juga bisa pakai ayam fillet tanpa tulang, tapi tetap ukurannya jangan terlalu besar, ya.
  • Lumuri ayam menggunakan perasan air jeruk nipis. Kemudian marinasi dengan bumbu : garam, kecap asin, lada bubuk, kaldu bubuk.
  • Kalau ingin ayam teksturnya lembut, Lo bisa tambahkan tepung maizena saat marinasi. Dengan begitu, ayam akan terasa juicy meski bahkan luarnya garing dan crispy.
  • Lakukan marinasi selama 30 sampai 60 menit di suhu ruangan, ya. Sebaiknya wadah ditutup plastik. Lo juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas jika marinasi lebih dari 1 jam.
  • Saat menggoreng ayam, gunakan metode menggoreng deep frying atau pakai minyak banyak. Goreng saat minyak benar-benar panas dan menggunakan api sedang supaya ayam renyah.
  • Sebelum mulai membuat saus mentega, bawang bombay dan bawang putih geprek harus digoreng dulu supaya aromanya keluar.
  • Supaya lebih nikmat, pakai campuran mentega pada minyak goreng untuk menumis bumbu. Koreksi rasa asin dengan tambahan garam, saus tiram, dan kecap asin secukupnya.
  • Gunakan api kecil saat melelehkan margarin, supaya nggak gosong dan meletup-letup.
  • Setelah saus mentega dirasa sudah matang, baru masukkan ayamnya. Lalu aduk sampai rata. Pastikan juga saus mentega benar-benar meresap sempurna kedalam ayam.
  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 40 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: China

Keywords: Ayam Goreng Mentega

See also  Resep Bumbu Gulai Sapi Sederhana, Bumbunya Meresap.

Sayur Pendamping Yang Cocok Dengan Ayam Goreng Mentega 

Meski ayam goreng mentega udah nikmat banget ditemani nasi putih hangat, tapi Lo juga bisa menambahkan aneka sayur pendamping biar tambah nikmat makannya.

Selain, tinggi nutrisi, kenikmatan ayam mentega juga banyak disukai anak-anak, lho. Bisa menambahkan nafsu makan mereka. Lengkapi juga dengan sayur pendamping berikut biar tambah nikmat :

 

  • Balado Terong 

Kalau Lo malas bikin sambal, Lo bisa masak terong balado nih buat temen makan ayam goreng mentega. Pasti nikmatnya pengen bikin nambah nasi!

  • Cah Brokoli 

Ayam goreng mentega juga cocok ditemani cah brokoli. Cukup dibumbui pakai bawang putih cincang, gula, kecap asin, Lo bisa menikmati cah brokoli bergizi dan lezat.

  • Oseng Toge Buncis

Lo juga bisa menikmati ayam goreng mentega dengan oseng toge buncis yang dimasak dengan bumbu dan tambahan terasi. Dijamin makan makin lahap deh!

  • Cah Pakcoy 

Selain cah brokoli, Lo juga bisa masak cah pokcoy untuk mendampingi ayam goreng mentega. Nikmatnya ayam mentega ditambah pokcoy saus tiram, rasanya masuk banget dah!

  • Kangkung Tauco

Lo bisa masak tumis yang simpel seperti tumis kangkung, tambahkan sedikit tauco. Rasa dan aromanya sangat menggugah selera, lho.

  • Tumis Labu Siam

Tumis labu siam yang masih kres-kres enak banget nih buat teman ayam goreng mentega. Dijamin makin laris manis.

  • Telur Dadar/Telur Mata Sapi

Pendamping sederhana tapi juara, Lo bisa menikmati ayam mentega dengan telur dadar atau telur mata sapi, hmm sesi makan makin yummy!

Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Tau Nggak Lo Apa Manfaat Mentega Untuk Tubuh?

Ada banyak manfaat yang bisa Lo dapatkan saat mengkonsumsi mentega, tapi dengan catatan tetap dikonsumsi dalam porsi dan takaran yang wajar.

Mentega mengandung berbagai macam vitamin, lho, seperti vitamin A, D, E, fosfor, kalsium, magnesium dan kalium. Lalu, apa manfaat untuk kesehatan?

Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi mentega secukupnya bisa membantu menjaga kesehatan tulang, lho. Manfaat ini berasal dari kandungan fosfor, vitamin D, dan kalsium di dalamnya.

Baik Untuk Mata

Ada beberapa jenis olahan mentega yang dilengkapi dengan vitamin A yang tentu baik untuk mata. Bisa melindungi kornea mata dari gangguan dan kerusakan akibat radikal bebas serta berbagai resiko penyakit mata lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat mentega selanjutnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Ini bisa Lo dapatkan dari kandungan vitamin E dalam mentega. Vitamin E yang juga sebagai sumber antioksidan ini berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas.

Baca Juga : Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk

Apa resep ayam goreng mentega harus selalu pakai bawang bombay?

Ya! Menu masakan ayam goreng mentega memang khas dengan irisan bawang bombay. Inilah yang akan menambah kenikmatan dalam saus menteganya.

Apakah ayam goreng mentega boleh pedas?

Boleh. Meski kebanyakan menu ayam goreng mentega nggak pedas, Lo boleh menambahkan sedikit irisan cabe untuk mendapatkan versi pedas dan mempercantik sajian.

Kalau nggak ada kecap inggris boleh diganti apa?

Bumbu seperti kecap inggris bisa untuk merendam ayam supaya rasanya lebih meresap. Kalau nggak ada kecap inggris, Lo bisa pakai kecap asin sebagai penggantinya.

Apa boleh pakai ayam kampung?

Boleh saja. Tapi bedanya mungkin teksturnya akan lebih keras. Mungkin Lo harus menambahkan banyak air saat memasak.

Bolehkah menambahkan bumbu instan?

Dengan kemajuan kuliner, hampir semua bumbu ada versi instan-nya, termasuk bumbu/saus mentega. Lo boleh menggunakan bumbu instan untuk menambah citarasa yang lebih kuat pada masakan. Tapi tentu dengan memperhatikan takaran dan porsinya, ya.

Ayam goreng mentega tahan berapa lama?

Ayam goreng mentega yang sudah dimasak dan nggak habis, Lo bisa menyimpannya di kulkas untuk esok hari. Tapi, jangan panaskan ayam goreng mentega berkali-kali, ya.

 

Kesimpulan

Ayam goreng mentega ini telah menjadi hidangan kekinian yang lezat dan menggugah selera. Anak-anak pun sangat suka dengan menu satu ini. Sajian ini juga bisa Lo hidangkan untuk tamu atau keluarga tercinta.

Rasanya lezat dan nggak kalah nikmat seperti makan di resto bintang lima, lho. Lo bisa membuat menu ayam goreng mentega ini dirumah. Bahan dan bumbunya pun mudah didapat. Lo bisa ikuti resep Gue diatas untuk mempermudah.

Sajikan menu ayam goreng mentega ini dengan pelengkap lainnya atau tumisan favorit Lo. Dijamin bakal nambah terus. Yuk, cobain resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star