Cara Membuat Tempe Orek Basah Kecap, Bikin Makan Nambah Terus !

Resep tempe orek – Siapa yang nggak kenal tempe orek? Menu satu ini sering kita jumpai di tempat makan seperti warteg. Dari dulu sampai sekarang, menu simpel ini emang nggak ada matinya, lho.

Karena bahannya murah dan mudah ditemukan, tempe orek bisa menjadi pilihan menu makan dirumah. Nggak cuma enak, tempe menjadi bahan yang sehat dan banyak memberikan manfaat untuk kesehatan.

Lo membuat tempe orek sedikit basah atau kering sama-sama enak. Bisa untuk menu sehari-hari atau untuk bekal ke kantor. Yuk, simak cara membuat tempe orek disini!

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Bahan Membuat Tempe Orek 

Sebelum masak, Lo harus menyiapkan dulu bahan-bahannya nih :

  • Tempe : pilih tempe yang masih bagus dan baru, ya. Beli beberapa potong sesuai porsi tempe orek yang ingin Lo buat.
  • Kecap manis : tempe orek identik dengan warna coklat dan rasa manis dari kecap, ya. Jadi, gunakan sesuai porsi.
  • Bumbu halus : gampang banget, lho, cuma bawang merah, bawang putih, lada butir dan garam. Kalau nggak ada stok, Lo bisa pakai lada bubuk.
  • Bawang putih : selain untuk dihaluskan, bawang putih juga ada yang diiris. Supaya wangi khas bawang putih-nya semakin kuat.
  • Cabe : Lo bisa pakai cabe merah keriting secukupnya, dan bisa menambahkan cabe rawit kalau suka. Ada juga resep tempe orek yang pakai cabe hijau.
  • Bumbu aromatik : cuma lengkuas dan daun salam, biar tempe orek aromanya sedap.
  • Saus sambal : kalau Lo nggak suka pakai cabe, Lo bisa nih menggantinya pakai saus sambal. Bisa juga pakai dua-duanya, ya.
  • Garam-penyedap rasa : ini bumbu wajib, ya. Untuk penyedap rasa, Lo bisa pakai kaldu jamur atau kaldu rasa ayam.
  • Gula merah : sebagai bumbu tambahan supaya tempe orek lebih pas manisnya. Ada banyak resep, ada yang pakai gula merah, ada juga yang pakai gula pasir. Kembali ke selera Lo, ya.
  • Minyak goreng : pakai secukupnya untuk menggoreng tempe dan menumis bumbu.
See also  Cara Membuat Puding Cokelat Manis & Lembut Favorit Keluarga.

 

Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Membuat Tempe Orek Basah Kecap, Bikin Makan Nambah Terus !


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 50 Minutes
  • Yield: 4
  • Diet: Vegan

Description

Karena bahannya murah dan mudah ditemukan, tempe orek bisa menjadi pilihan menu makan dirumah. Nggak cuma enak, tempe menjadi bahan yang sehat dan banyak memberikan manfaat untuk kesehatan.


Ingredients

  • Tempe ukuran sedang : 1 pcs (potong kotak/korek api)
  • Bawang putih : 4 siung (iris tipis)
  • Kecap manis : 4 sdm (merk sesuai selera)
  • Lengkuas : 2 ruas jempol (geprek)
  • Daun salam : 2 lembar
  • Cabe merah : 7 buah (iris serong)
  • Cabe rawit : 5 buah (optional)
  • Saus sambal : 2 sdm
  • Kaldu ayam bubuk : 1 sdm
  • Gula : 1/2 sdt
  • Garam : secukupnya
  • Air : 1 gelas
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 6 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Lada butir : 1/4 sdt (boleh pakai lada bubuk)
  • Garam : secukupnya

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan-bahannya. Iris tempe sesuai selera (kotak/korek api). Iris tipis bawang putih, iris serong cabai, dan geprek lengkuas.

Langkah 2 : Siapkan blender. Boleh pakai ulekan. Haluskan semua bumbu halus. Sisihkan.

Langkah 3 : Siapkan wajan. Tuang minyak, lalu goreng tempe sampai matang. Tingkat kematangan sesuai selera ya, Lo suka yang setengah matang atau yang garing. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

See also  Resep Capcay Kuah Sederhana Rumahan Yang Enak

Langkah 4 : Panaskan minyak lagi, lalu tumis irisan bawang putih sampai setengah matang. Setelah itu, masukkan bumbu halusnya. Tumis sampai harum.

Langkah 5 : Masukkan bumbu aromatik daun salam dan lengkuas geprek. Tumis sebentar atau sampai layu dan harum.

Langkah 6 : Masukkan tempe yang tadi sudah digoreng. Kecilkan api, aduk sampai rata.

Langkah 7 : Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk/kaldu jamur. Aduk lagi sebentar. Tuang sedikit air. Lalu aduk.

Langkah 8 : Terakhir, tambahkan saus sambal dan kecap manis. Aduk lagi sampai rata. Biarkan bumbu meresap dan air mengering.

Langkah 9 : Kalau air sudah habis, koreksi rasa. Kalau dirasa sudah pas. Matikan api. Angkat dan sajikan.

Langkah 10 : Liat tuh tempe oreknya siap disajikan dengan nasi hangat. Hmm… dijamin nambah terus! Selamat mencoba resepnya, ya.

Notes

  • Memasukkan kecap manis dan saus sambalnya saat air di wajan sudah sedikit mengering, ya. Baru lanjutkan tumis/aduk sampai benar-benar kering.
  • Sebaiknya masak dengan api kecil supaya nggak lengket dan bumbu meresap sempurna.
  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 175 cal
  • Sugar: 5.3 gram
  • Sodium: 220 gram
  • Fat: 8.4 gram
  • Saturated Fat: 1.7 gram
  • Unsaturated Fat: 2.6 gram
  • Carbohydrates: 15 gram
  • Fiber: 0.5 gram
  • Protein: 13.3 gram
  • Cholesterol: 0 mg

Keywords: Tempe Orek

Apa sih yang dimaksud tempe orek? Samakah dengan tumis tempe?

Tempe orek merupakan makanan tradisional khas tanah Jawa. Identik dengan rasa manis pedas, biasanya tempe orek dimasak menggunakan kecap manis dan gula merah, dilengkapi dengan bumbu aromatik seperti daun salam dan lengkuas. Sementara tumis tempe hanya cabe, bawang, garam dan penyedap rasa.

Bolehkan menambahkan bahan lain kedalam tempe orek?

Ya, tentu saja! Lo bisa menambahkan bahan lain seperti teri, kacang tanah kupas, dan irisan cabe hijau. Tentu akan lebih bervariasi dan nikmat.

Apa gula merah bisa diganti gula pasir?

Ya, boleh saja. Bumbu gula untuk menambah citarasa manis yang nikmat. Lo bisa pakai gula merah atau gula pasir untuk masak tempe orek.

Bagaimana potongan yang tepat untuk bikin tempe orek?

Potongan yang sering dipakai untuk bikin tempe orek yaitu potong dadu atau potong korek api.

Apa merk kecap yang bagus?

Ada banyak merk kecap yang tersedia dipasaran. Lo bisa pilih kecap dengan menyesuaikan lidah dan kesukaan Lo. Beberapa rekomendasi kecap yang rasanya enak, seperti : Kecap manis Bango Kecap manis Indofood Kecap manis ABC Kecap manis Zebra

Berapa lama tempe orek bisa bertahan?

Olahan tempe orek yang dimasak dengan benar dan bumbu matang meresap sempurna, bisa bertahan 2 sampai 3 hari, lho. Bahkan, varian tempe orek kering bisa bertahan sampe 5 hari.

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang Goreng Sederhana Anti Pecah

Ciri-ciri Tempe Yang Bagus

Ada banyak jenis tempe dengan berbagai kualitas di pasaran. Sebelum membeli, sebaiknya Lo harus perhatikan dulu bagaimana ciri-ciri tempe yang bagus dan berkualitas. Berikut ciri-cirinya :

1. Pilih Tempe Yang Masih Hangat

Ciri pertama yaitu pilih tempe yang masih hangat. Saat tempe disentuh dan masih terasa hangat, itu tandanya tempe masih fresh dan proses fermentasinya masih berlangsung.

2. Permukaan Tempe Bersih

Lo juga harus memperhatikan permukaan tempenya. Pilih yang permukaannya bersih dan tidak ada bintik-bintik hitam. Hindari juga tempe yang sudah dijamah oleh banyak orang.

3. Kedelai Berwarna Putih Sedikit Kekuningan 

Ciri lainnya yaitu kedelai berwarna putih kekuningan, karena ini merupakan warna alami dari kedelai. Hindari membeli tempe dengan warna kusam atau mungkin terlalu kuning, karena dikhawatirkan menggunakan pewarna.

4. Pilih Yang Padat

Selanjutnya, pilih tempe dengan fermentasi sempurna. Ini terlihat dari bentuknya yang padat dan setiap biji kedelainya rapat. Kalau kedelai masih belum padat, bisa dipastikan tempe akan hancur saat diolah.

5. Tempe Yang Dibungkus

Demi menjaga keamanan dan kesehatan, sebaiknya pilihlah tempe yang masih terbungkus dengan baik. Ini tentu lebih higienis dan aman. Pilihlah tempe yang terbungkus plastik, daun jati, atau daun pisang sesuai selera, ya.

Baca Juga : Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk

Tips Masak Orek Tempe Yang Nikmat 

Meski tempe menjadi masakan yang simpel dan sederhana, tapi membuat orek tempe yang nikmat juga ada tipsnya, lho. Simak nih tipsnya :

1. Pilih Tempe Yang Bagus

Tips pertama yaitu dari pemilihan tempenya. Lo harus memilih tempe yang masih bagus dan berkualitas. Pilih tempe yang padat dan kedelai terlihat utuh, serta jamur yang merata.

Kalau salah beli tempe, maka hasil tempe orek Lo bisa hancur karena biji kedelainya terlepas dan mungkin rasa serta aromanya bisa sedikit asam.

2. Tumis Bumbu Sampai Matang

Setelah memilih tempe yang bagus, tips selanjutnya yaitu perhatikan juga cara menumis bumbunya. Tumis bumbu orek sampai benar-benar matang dan harum. Sehingga rasa dan aroma tempe oreknya nggak langu.

3. Kecap Yang Enak

Selain bahan utama tempe dan cara menumis bumbunya, memilih kecap yang enak juga jadi kunci kelezatan tempe orek. Karena, tempe orek memang identik dengan pemakaian kecap, jadi sebaiknya pilihlah kecap yang enak.

4. Masak Sampai Bumbunya Meresap 

Setelah semuanya beres, tips terakhir yaitu masak tempe orek dengan api kecil dan biarkan sampai bumbu benar-benar meresap. Karena tempe orek umumnya kering alias nggak berkuah, jadi sebaiknya tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap.

5. Kandungan Gizi Tempe

Nggak cuma enak dan murah, tempe rupanya memiliki nutrisi yang baik, lho. Tempe mengandung vitamin dan mineral, serta kaya akan protein nabati. Berikut nutrisinya :

  • Energi : 150 kal
  • Lemak : 7,7 gr
  • Protein : 14 gr
  • Serat : 1,4 gr
  • Karbohidrat : 9,1 gr
  • Natrium : 7 mcg
  • Kalsium : 517 mcg
  • Fosfor : 202 mcg

Dari kandungan didalamnya, tempe bisa menjadi sumber protein yang baik. Nggak cuma murah, Lo bisa mendapatkan berbagai nutrisi tempe jika rajin mengkonsumsinya.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Tempe sering dijadikan alternatif untuk menggantikan daging pada kalangan vegetarian. Nah, apa aja sih manfaat yang bisa kita dapatkan kalau mengonsumsi tempe?

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Makanan hasil fermentasi seperti tempe ini mengandung probiotik. Nah, probiotik ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

2. Tinggi Protein

Nggak cuma dari daging hewan, Lo bisa mendapatkan asupan protein yang tinggi dari tempe. Maka nggak heran, tempe sering menjadi pengganti protein hewani.

3. Mencegah Anemia

Tempe juga mengandung zat besi yang cukup tinggi, lho. Makanya, sangat baik untuk mencegah anemia. Apalagi buat Lo yang vegetarian, bisa mendapatkan zat besi ini dari tempe.

4. Kenyang Lebih Lama

Tempe tinggi protein, maka bisa membantu mengendalikan nafsu makan. Karena sifat protein bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat tempe lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium pada kacang kedelai atau tempe. Sehingga bisa mencegah osteoporosis.

6. Membentuk Massa Otot

Tempe juga mengandung vitamin B12, vitamin ini mencakup sembilan asam amino esensial yang berfungsi untuk membentuk massa otot dan kesehatan tulang.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Tempe mengandung lemak baik atau asam lemak tak jenuh. Nah, kandungan ini berfungsi untuk membersihkan endapan kolesterol yang bisa menghambat pembuluh darah di jantung.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Kesimpulan

Tempe orek merupakan sajian sederhana yang bisa Lo temui di tempat makan seperti warteg. Mudahnya bahan dan mengolahnya, Lo bisa membuatnya sendiri dirumah, lho.

Tempe orek sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan sayur lainnya. Nggak cuma murah, enak dan bergizi, Lo juga bisa berkreasi dengan bahan yang sederhana ini didapur Lo. Yuk, masak!

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star