Cara Membuat Sambal Terasi Enak Pedas Nikmat, Cocok Untuk Segala Makanan!

Resep sambal terasi – Hari ini Gue lagi pengen banget bikin sambal favorit, nih. Gue lagi mau bikin sambal terasi. Pecinta terasi boleh merapat nih biar tau resep dan cara bikin sambal terasi yang enak.

Sambal terasi ini cocok disajikan dengan apa saja, lho! Jadi Lo nggak perlu repot-repot bikin menu yang ribet. Cara membuatnya juga mudah, ikuti terus untuk tau resepnya, ya.

Sebelum bikin sambal terasi, Lo harus tau dulu nih, cara memilih terasi yang bagus dan berkualitas baik. Karena ini akan mempengaruhi citarasa dan aroma dari sambal terasi nantinya. Simak cara memilih terasi berikut ini, ya!

Cara Menyimpan Terasi

Setelah membeli, sebaiknya simpan terasi dengan benar. Gunakan wadah tertutup rapat dan kedap udara untuk menyimpan terasi. Sehingga terasi juga lebih awet dan tahan lama.

See also  Resep Nasi Goreng Jawa Simpel dan Lezat!

Cara Memilih Terasi Kualitas Baik

Gimana sih caranya milih terasi yang masih bagus? Ini dia caranya :

1. Kemasan Masih Utuh

Pilih kemasan yang masih utuh, ya. Karena kemasan yang rusak akan rentan membuat terasi rusak dan tercemar kuman atau kotoran.

2. Bentuk

Terasi yang bagus bentuknya kering dan padat. Lo bisa merasakannya saat menyentuh terasi. Rasanya lembut dan mudah dicubit.

3. Warna

Warna terasi yang masih bagus umumnya coklat kehitaman. Hindari terasi dengan warna merah yang mencolok, karena dikhawatirkan menggunakan pewarna.

4. Aroma

Aroma terasi yang masih bagus akan sangat khas dan segar. Hindari terasi yang berbau busuk atau menyengat terlalu tajam. Dikhawatirkan menggunakan ikan atau udang rebon yang sudah nggak layak.

 

Bahan dan Cara Membuat Sambal Terasi Enak

Sebelum lanjut ke masak-masak, Lo perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terasi, catet ya :

  • Cabe rawit merah : pilih cabe yang berkualitas ya, jangan sampai ada yang busuk. Gunakan secukupnya sesuai level pedas yang diinginkan.
  • Cabe merah keriting : bahan bikin sambal terasi juga, semakin banyak semakin enak dan merah.
  • Cabe rawit ijo : sebagai campuran cabe rawit merah dan cabe merah keriting supaya lebih pedas nikmat.
  • Bawang putih : bahan bawangan supaya harum.
  • Bawang merah : bahan sambal biar gurih dan sedap.
  • Tomat : sebagai bahan sambal terasi supaya sambal lebih banyak, sedikit encer/lembek tapi rasanya mantap.
  • Terasi : ini bintang utamanya, pakai terasi yang berkualitas dan rasanya enak.
  • Garam : bumbu wajib ada, ya!
  • Penyedap rasa : biar sambal terasi makin sedap. Pakai secukupnya, aja.
  • Minyak goreng : secukupnya, untuk menggoreng bahan-bahan.
  • Gula merah : sebagai bumbu tambahan pada sambal terasi, biar ada rasa manis tapi tetap pedas mantap.
  • Jeruk limau : ambil airnya untuk perasan supaya sambal lebih segar dan nikmat.
  • Pelengkap : Lo bisa menyantap sambal terasi dengan nasi putih hangat dan aneka lauk lainnya.
See also  Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Membuat Sambal Terasi Enak Pedas Nikmat, Cocok Untuk Segala Makanan!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 20 Minutes
  • Yield: 6
  • Diet: Halal

Description

Sambal terasi ini cocok disajikan dengan apa saja, lho! Jadi Lo nggak perlu repot-repot bikin menu yang ribet. Cara membuatnya juga mudah, ikuti terus untuk tau resepnya, ya.


Ingredients

 

  • Cabe rawit merah : 10 buah
  • Cabe merah keriting : 10 buah
  • Cabe rawit ijo : 8 buah
  • Terasi : 1 bulat kecil
  • Tomat merah : 1 buah (ukuran besar)
  • Bawang merah : 7 butir
  • Bawang putih : 5 siung
  • Gula merah sisir : sejumput
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Jeruk limau : 2 buah (peras airnya)

Pelengkap Sambal Geprek : 

  • Nasi hangat
  • Ayam Goreng atau lauk lainnya
  • Tumisan

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahannya, buang tangkai cabe, kupas bawang, lalu cuci bersih semua bahan dan satukan dalam satu wadah.

Langkah 2 : Racik semua bahan, potong-potong cabe, bawang merah, bawang putih dan tomat.

Langkah 3 : Siapkan wajan. Panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng semua bahan : cabe-cabean, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi. Goreng sampai matang dengan api sedang (sambil siapin ulekannya).

Langkah 4 : Setelah matang, angkat wajan dan matikan kompor. Taruh bahan-bahan yang sudah digoreng (termasuk minyak yang ada dalam wajan) kedalam ulekan.

See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Langkah 5 : Haluskan semua bahan dengan cara diulek tangan. Ulek kasar, lalu tambahkan garam, penyedap rasa dan gula merah sisir. Ulek lagi sampai semuanya halus.

Langkah 6 : Setelah sambal halus, beri perasan jeruk limau. Aduk lagi sampai rata. Koreksi rasa.

Langkah 7 : Kalau dirasa belum pas, boleh tambahkan garam, gula dan penyedap rasa. Jika sudah pas, sajikan sambal terasi.

Langkah 8 :  Sambal terasi nikmat siap disajikan dengan aneka lauk dan sayuran lainnya.

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 10 Minutes
  • Category: Sambal
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 8 gram
  • Calories: 12 cal
  • Sugar: 2 gram
  • Sodium: 210 mg
  • Fat: 0.4 gram
  • Saturated Fat: 0 gram
  • Carbohydrates: 2 gram
  • Fiber: 0 gram
  • Protein: 0 gram
  • Cholesterol: 0 mg

Keywords: Sambal Terasi

Sambal Terasi Cocok Sama Apa Aja?

Masakan pedas sudah menjadi kunci makanan enak. Apalagi pecinta pedas, nggak bisa makan tanpa adanya sambal favorit, termasuk sambal terasi ini. Apa makanan yang cocok dengan sambal terasi?.

  • Ayam Goreng Lengkuas : sambal terasi sangat cocok dipadu dengan ayam goreng, apalagi ayam goreng lengkuas, rasanya pas banget.
  • Jengkol Goreng : jengkol juga cocok dengan sambal terasi, lebih nikmat kalau jengkol dimasak tumis atau di penyet.
  • Tahu Crispy : makanan renyah seperti tahu crispy sangat cocok dicocol pakai sambal terasi. Ditambah lagi dengan sepiring nasi hangat, bakal nambah terus!
  • Terong Goreng Tepung : selain tahu crispy, terong goreng tepung juga cocok, lho disantap bareng sambal terasi. Bisa digoreng biasa atau digoreng garing.
  • Lele Goreng : penjual pecel lele aja pakainya sambal terasi, lho. Ini karena renyahnya ikan lele goreng dengan sambal terasi emang cocok banget.
  • Bakso Goreng : nggak cuma cocok untuk camilan, Lo bisa coba makan bakso goreng dengan sambal terasi, dijamin bakal ketagihan!
  • Ikan Bandeng Goreng : selain ayam, sambal terasi juga cocok dengan berbagai jenis ikan, seperti ikan bandeng goreng. Rasanya gurih, ditambah sambal terasi pedas, bikin makan tambah lahap.
  • Olahan Seafood : nggak cuma ikan dan ayam, sambal terasi juga cocok disantap bareng olahan seafood, lho. Misalnya udang rebus. Rasanya unik dan asik, cobain deh!
  • Iga Bakar : bosan dengan makanan yang digoreng, Lo bisa coba iga bakar cocol sambal terasi. Aroma dan rasa iga bakar emang juara.

Tips Membuat Sambal Terasi 

Meski terbilang gampang, tapi bikin sambal terasi juga ada tips-tipsnya, lho. Ada beberapa tips yang perlu lo tau supaya sambal terasi buatan Lo rasanya enak.

1. Gunakan Bahan Berkualitas

Tentu ini hal pertama yang harus Lo perhatikan, yaitu bahan-bahan yang berkualitas baik dan masih fresh.

2. Pakai Ulekan atau Cobek

Menghaluskan sambal sebenarnya bisa pakai blender. Hasilnya pun bisa lebih halus. Tapi sambal yang diulek manual dengan tangan, rasanya akan lebih nikmat dan lebih otentik.

3. Gunakan Minyak Bekas

Tips lainnya yaitu menggoreng semua bahan dengan minyak bekas. Lo bisa menggunakan minyak bekas sisa menggoreng ayam, ikan, atau udang. Karena hal ini akan membuat cita rasa dan aroma yang khas pada sambal.

Perhatikan Durasi Waktu Menggoreng Bahan

Selanjutnya, Lo harus perhatikan durasi waktu dalam menggoreng bahan-bahan sambal. Misalnya Lo mau bikin sambal terasi untuk :

  • cocol ayam atau ikan goreng ala lesehan tempat makan, sebaiknya goreng bahan selama 4 menit saja.
  • pendamping aneka sayur, misalnya sayur asem, sayur berkuah santan, sayur sop, dan lainnya, sebaiknya goreng bahan selama 7 menit saja.

Perhatikan Kebersihan Cobek dan Ulekan

Jangan gunakan cobek dan ulekan bekas membuat bumbu lain. Ini akan membuat aroma sambal terasi nggak sedap. Kalau ada, gunakan cobek dan ulekan khusus sambal.

Rasa khas sambal terasi seperti apa?

Tentu rasanya pedas dan gurih. Pedas sambal ini karena terbuat dari aneka cabe seperti cabe rawit, cabe merah, dan cabe rawit ijo. Gurihnya ini didapat dari terasi tentunya.

Kenapa terasi harus digoreng atau dibakar dulu?

Terasi memang terbuat dari ikan atau jenis udang yang melalui fermentasi. Saat masak terasi tetap harus digoreng, dibakar atau dikukus, hal ini untuk membunuh bakteri yang mungkin di dalam terasi. Selain itu, aroma dan rasa terasi akan lebih keluar.

Apa sambal terasi harus pakai tomat?

Ya. Sambal terasi umumnya dicampur tomat dalam pembuatannya supaya lebih juicy.

Apakah bikin sambal terasi harus pakai gula merah?

Ya. Penambahan sedikit gula merah ke dalam sambal terasi tentu untuk menambah kenikmatan sambal. Tapi kalau Lo nggak suka atau sedang mengurangi gula, boleh di skip, ya.

Apa boleh bikin sambal terasi pakai blender?

Boleh saja. Sejatinya, blender berfungsi membantu kita bikin bumbu atau apapun agar lebih cepat selesai dan hemat waktu. Tapi, mungkin rasanya akan sedikit berbeda dengan sambal terasi yang diulek manual pakai tangan.

Apa merk terasi yang bagus?

Ini dia rekomendasi merk terasi yang bagus dan enak : 1. ABC Terasi Udang 2. Omaku Terasi Bubuk. 3. Kokita Terasi Siap Pakai. 4. Pronas Terasi Udang. 5. Mamasuka Terasi Udang. 6. Terasi Udang Bogajaya.

Apa terasi ada nilai gizinya?

Tentu! Terasi mengandung banyak vitamin seperti vitamin D, B12, sumber protein, mineral, dan sumber antioksidan.

Kalau nggak ada terasi, bisa diganti dengan apa?

Kalau Lo kehabisan terasi, Lo bisa menggunakan ebi sebagai pilihan alternatif. Ebi juga sejenis udang kecil yang biasa digunakan dalam berbagai resep masakan sebagai penyedap alami masakan.

Kesimpulan

Sambal terasi sudah melegenda di dalam kuliner masakan Indonesia. Tanpa kehadiran sambal terasi sepertinya belum lengkap. Lo bisa menyajikan sambal terasi untuk melengkapi aneka lauk pauk dan sayuran.

Bahannya sangat mudah didapat, cara membuatnya juga sangat-sangat gampang. Lo bisa ikuti resep Gue disini. Perhatikan juga tips-tipsnya, ya. Yuk, bikin sambal terasi!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star