Cara Membuat Puding Cokelat Manis & Lembut Favorit Keluarga.

Resep puding cokelat – Siapa sih yang nggak suka sama dessert puding? Hampir semua orang menyukai kudapan favorit ini.  Puding juga sering dijadikan hidangan penutup setelah makan berat.

Puding banyak disukai karena rasanya yang manis dan sensasi dingin saat dimakan, membuat puding sangat disukai anak-anak bahkan orang dewasa, pokoknya bikin nagih banget!

Nah, sebenarnya Lo bisa membuatnya sendiri  dirumah, lho. Bahkan, bahan dan cara membuatnya sangat gampang. Lo bisa ikuti resep Gue disini, ya.

Puding cokelat ini bisa Lo kreasikan sesuai dengan selera anak-anak di rumah. Ini bakal jadi rebutan keluarga, deh. Meski untuk menikmati puding, Lo harus bersabar menunggu sampai puding mengeras dan dingin.

Bahan Untuk Membuat Puding cokelat 

Setelah mengenal asal usul puding, kini saatnya Lo cobain buat bikin puding cokelat sendiri, nih. Catat bahan-bahannya, yah!

  • Agar-agar plain : membuat puding membutuhkan agar-agar sebagai bahan utamanya. Pilih yang plain (tawar) ya. Supaya mudah diolah warna atau rasa cokelat.
  • Santan : rekomendasi terbaik si pakai santan, ya. Tapi kalau Lo nggak suka atau sedang menghindari santan, Lo bisa menggunakan air biasa untuk membuat puding.
  • Susu kental manis : bahan selanjutnya untuk membuat puding. Memberikan rasa manis khas cokelat yang creamy.
  • cokelat bubuk : sebagai bahan tambahan supaya puding lebih berasa cokelatnya dan lebih pekat.
  • Gula pasir : bahan pemanis alami untuk membuat puding. Lo juga bisa menggunakan gula merah atau gula aren jika suka.
  • Vanili bubuk : Jangan Lupa tambahan vanili bubuk supaya aromanya harum semerbak.
  • Bahan fla : Lo bisa membuat Fla sendiri atau bisa membeli kemasan di supermarket. Semua sesuai selera aja, ya. Kalau Lo ingin membuatnya sendiri, bisa ikuti resep Gue disini!
See also  Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Membuat Puding Coklat Manis & Lembut Favorit Keluarga.


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 10 1x
  • Diet: Vegan

Description

Puding Cokelat banyak disukai karena rasanya yang manis dan sensasi dingin saat dimakan, membuat puding sangat disukai anak-anak bahkan orang dewasa, pokoknya bikin nagih banget!


Ingredients

Units Scale

 

  • Agar-agar plain (tawar) : 2 saset
  • Susu kental manis coklat : 1 kaleng
  • Santan : 800 ml
  • Coklat bubuk : 2 sdt (larutkan dengan sedikit air)
  • Gula pasir : 4 sdm
  • Vanili bubuk : 1 sdt

Bahan Vla : 

  • Susu cair UHT : 500 ml (plain)
  • Gula pasir : 90 gram
  • Telur : 1 butir (ambil kuningnya, kocok dengan sedikit gula pasir)
  • Tepung maizena : 2 sdm (larutkan dengan sedikit susu cair UHT)
  • Vanili : 1/2 sdt

Instructions

 

Langkah 1 : Siapkan bahan-bahannya. Siapkan panci sedang dan nyalakan api. Tuang santan kedalam panci.

Langkah 2 : Lanjutkan dengan bahan lain. Masukkan semua bahan : agar-agar, susu kental manis, coklat bubuk (yang sudah dicairkan), gula pasir, dan vanili.

Langkah 3 : Aduk rata semua bahan menjadi satu. Aduk sampai semua larut dan tidak bergerindil.

Langkah 4 : Masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk.

Langkah 5 : Setelah mendidih kurang lebih 10 menit, angkat panci, lalu pindahkan cairan puding ke cetakan.

See also  Resep Pisang Goreng Renyah Kriuk Tahan Lama!

Langkah 6 : Diamkan puding sampai dingin atau bersuhu ruangan. Baru Lo boleh memasukkannya ke dalam kulkas.

Langkah 7 : Sambil menunggu puding mengeras, Lo siapkan bahan untuk membuat vla. Siapkan bahan-bahannya dan panci.

Langkah 8 : Masak susu cair UHT campur gula pasir. Masak dengan api kecil, ya.

Langkah 9 : Pecahkan telur, ambil kuningnya saja. Lalu kocok kuning telur dengan gula sampai berubah warna dan kaku. Sisihkan.

Langkah 10 : Kalau susu sudah mengeluarkan uap panas, ambil 5 sendok susu panas lalu tuangkan kedalam kocokan telur. Aduk perlahan.

Langkah 11 : Kira-kira adonan vla di mangkuk telur sudah teraduk rata, tuangkan kedalam panci yang berisi susu. Aduk secara perlahan. Sebaiknya gunakan api kecil karena biasanya agak meluap.

Langkah 12 : Masukkan larutan maizena sambil terus diaduk perlahan.

Langkah 13 : Tunggu sampai mendidih. Lalu matikan api. Vla puding sudah jadi deh.

Langkah 14 : Sajikan puding coklat dengan lelehan vla. Lo bisa menambahkan topping remah-remah wafer atau oreo diatasnya.

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 30 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Eropa

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 137 cal
  • Sugar: 17.5 gram
  • Sodium: 130 gram
  • Fat: 4.4 gram
  • Saturated Fat: 0.75 gram
  • Unsaturated Fat: 1.4 gram
  • Carbohydrates: 24 gram
  • Fiber: 1 gram
  • Protein: 2.7 gram
  • Cholesterol: 3 mg

Keywords: Puding cokelat

Tips Membuat Puding Supaya Nggak Berair 

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, membuat puding disukai banyak orang, terutama anak-anak. Puding biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

Lo bisa membuat beragam kreasi, mulai dari puding cokelat, puding keju, puding buah-buahan, sampai puding dengan lelehan fla. Lo bisa membuat kreasi puding sendiri dengan mudah.

Tapi, ada beberapa tips yang harus Lo perhatikan supaya puding buatan Lo nggak gagal, lembek dan cepat berair. Sehingga puding terasa enak, manis, kenyal dan lembut. Dijamin puding Lo bakal lebih nikmat, deh!

  • Pastikan takaran santan atau airnya nggak berlebihan. Misalnya, di kemasan tertulis 600 ml, maka Lo pakai saja 500 ml, supaya puding tetap lembut dan nggak berair.
  • Kalau Lo suka puding dengan warna yang bersih, Lo bisa menggunakan gula pasir biasa, bukan palm sugar ataupun gula merah.
  • Campurkan semua bahan puding sebelum di dididihkan. Karena kalau dicampurkan saat mendidih, maka adonan puding bisa menggumpal.
  • Lo bisa menambahkan kuning telur ke dalam adonan puding, supaya tekstur puding lebih lembut.
  • Cara mencampurkan kuning telur juga nggak boleh sembarangan. Gunakan dulu wadah kecil untuk mengocok telur dengan sedikit adonan, baru setelah itu, campurkan telur ke dalam adonan puding.
  • Masak puding dengan api kecil sampai sedang, ya. Terutama kalau puding buatan Lo memakai santan, karena santan gampang pecah.
  • Cara membuat puding yang benar yaitu harus selalu diaduk supaya nggak ada yang menggumpal atau ada bagian yang gosong. Aduk saja secara perlahan dan konsisten.
  • Setelah puding matang, biarkan dulu di dalam panci dalam keadaan terbuka sampai bersuhu ruang. Kalau langsung ditutup, puding nantinya akan berair.
  • Bilas dulu cetakan puding dengan air sebelum adonan puding dituang kedalam cetakan. Supaya Lo nggak kesusahan melepas puding dari cetakan.
  • Ambil dan buang buih yang biasanya ada diatas puding. Karena itu bisa merusak tampilan dan membuat tekstur puding jadi kasar.

Itulah beberapa tips yang perlu Lo perhatikan kalau ingin puding buatan Lo berhasil dan nggak berair. Mudah kan? Butuh sedikit ketelitian dan kesabaran, tapi hasilnya tentu nggak akan mengecewakan! Selamat mencoba, ya.

Asal Usul Kudapan Puding 

Terkait asal usulnya, puding punya kisah yang sedikit menarik untuk Lo simak, nih. Dulunya, kudapan ini ternyata nggak identik dengan manis. Gimana asal usulnya?

Puding merupakan hidangan penutup yang telah populer di berbagai belahan dunia. Menu dessert ini banyak digemari karena rasanya yang enak, manis, lembut dan lumer di mulut.

Bahkan, setiap negara punya sajian puding khas-nya masing-masing, lho. Misalnya panna cotta dari Italia, kazandibi asal Turki, dan khao niao mamuang khas Thailand.

Sebelum menu puding menyebar ke seluruh dunia, puding pertama dikenal pada abad ke-17an. Dulunya, puding bukanlah hidangan penutup manis seperti sekarang ini, tapi hanya makanan yang mirip dengan sosis.

Kala itu, puding berbahan dasar tepung dan daging yang direbus dalam wadah khusus. Selain itu, ada juga puding bubur dari kacang polong yang sangat disukai anak-anak.

Pada abad ke-18, Inggris nggak lagi membuat puding dari bahan daging. Ketika abad ke-19, Inggris mulai berinovasi menciptakan puding prem atau puding natal.

Puding natal ini mirip dengan kue. Proses membuatnya pun bukan direbus, tapi dikukus. Menu puding prem akhirnya selalu disajikan di setiap selama perayaan Natal.

Sampai akhirnya, resep menu populer ini muncul dalam majalah The Good Housewife’s Jewel karya Thomas Dalton. Thomas menjelaskan resep puding hanggies, puding hitam dan puding panggang.

Uniknya, resep Thomas ini tidak mengatakan puding sebagai makanan penutup. Tapi bisa dinikmati kapan saja. Hingga akhirnya, banyak sekali bermunculan resep puding dengan berbagai kreasi.

Mulai dari puding rebus, puding kukus manis, puding kukus gurih, dan masih banyak lagi. Sampai sekarang, puding menjadi hidangan yang bisa ditemukan di berbagai acara dan banyak dijual bebas.

Kini, puding telah mengalami modifikasi dan kreasi yang sangat luar biasa. Lo bisa membuat puding favorit Lo dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dipasaran atau swalayan.

Berapa lama puding bisa bertahan?

Kudapan segar dan kenyal seperti puding ini bisa bertahan 3 sampai 4 hari kalau disimpan di kulkas. Jangan biarkan sampai satu minggu, apalagi kalau mengandung santan atau susu.

Gimana cara menyimpan puding yang benar?

Setelah puding matang, biarkan dulu sampai dingin di luar ruangan. Setelah dingin, baru Lo masukkan ke dalam kulkas.

Bolehkan menggunakan vla instan?

Boleh saja. Tapi vla kemasan mungkin rasanya nggak akan selezat buatan sendiri, lho. Selain itu, vla bikin sendiri tentunya akan lebih sehat dan lebih banyak.

Apakah bikin puding harus selalu pakai santan?

Lo bisa membuat puding dengan atau tanpa santan. Penggunaan susu atau santan pada puding supaya rasanya lebih gurih dan creamy. Tapi kalau Lo menghindari santan, Lo bisa pakai air biasa.

Bolehkah mengganti gula pasir dengan gula merah?

Untuk rasa manis puding, berasal dari gula dan susu kental manis. Kalau Lo suka, Lo bisa mengganti gula pasir dengan gula aren atau gula merah.

Berapa lama puding mengeras, dingin dan siap dinikmati?

Menunggu puding memang butuh sedikit kesabaran. Lo harus menunggu sekitar 30 menit sampai puding mengeras dan siap dinikmati.

Apa puding termasuk makanan sehat?

Tentu saja! Kudapan nikmat seperti puding sangatlah sehat, karena non-minyak dan terbuat dari bahan sederhana seperti agar-agar, susu, santan dan gula. Untuk rasa manisnya, Lo bisa mengaturnya sesuai kesukaan, ya.

Kesimpulan

Puding merupakan kudapan yang manis dan segar. Biasanya disajikan sebagai menu penutup atau dessert setelah makanan utama. Membuat puding cokelat sendiri rasanya akan lebih nikmat dan bisa dijadikan sebagai camilan keluarga dirumah.

Lo bisa berkreasi dengan menambahkan variasi pada puding buatan Lo. Misalnya, tambahkan remah-remah biskuit, wafer, buah-buahan, topping krim, dan lelehan fla untuk menambah kenikmatan puding buatan Lo. Selamat mencoba, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star