Cara Membuat Churros Simple dan Renyah, Cocok untuk Camilan Dirumah!

Resep churros – Siapa yang pernah makan churros? Mungkin camilan satu ini masih asing ditelinga kita. Karena produksi camilan ini memang tergolong masih jarang.

Churros dengan citarasa yang gurih sangat cocok untuk camilan anak-anak. Apalagi ditambah dengan taburan gula, aneka topping, atau cocolan coklat lumer, dijamin anak-anak pasti menyukainya.

Ternyata, cara membuat churros mudah, lho. Lo bisa membuat churros yang enak dan renyah di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Lo cuma perlu menyiapkan plastik pastry, mixer, dan wajan untuk menggoreng.

Nah, kali ini Gue mau berbagi resep churros yang super simpel yang bisa Lo ikuti di rumah. Meski bahannya sangat sederhana, tapi hasilnya enak banget, lho. Yuk, langsung simak dan temukan resepnya disini, ya!

Apa itu Kue Churros?

Sebelum kita lanjut ke resep dan cara membuatnya, Lo harus tahu dulu, nih. Apa sih kue churros ini? Churros termasuk kategori pastry karena menggunakan tepung sebagai bahan utama lalu digoreng.

Churros juga dikenal sebagai kue donat ala Spanyol.

Nggak cuma di Spanyol, churros juga populer di beberapa negara seperti Amerika latin, USA, Brazil, Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya.

See also  Cara Masak Rendang Ayam Dengan Bumbu Jadi Dari Pasar

Meski dikenal sebagai donat Spanyol, tapi churros beda dengan donat, baik dari tekstur, bentuk maupun komposisinya. Tapi persamaannya, keduanya sama-sama di goreng.

Churros sering disajikan untuk camilan saat santai, sarapan pagi, atau sebagai dessert. Cara menyantap churros juga cukup unik, yaitu dicocol dengan lelehan coklat panas, susu atau kopi.

Churros memiliki sejarah yang cukup panjang, tapi ada beberapa versi cerita terkait sejarah kue churros ini.

 

Bahan dan Cara Membuat Churros Simple dan Renyah

Nah, sekarang ayo kita siapkan bahan-bahan untuk membuat menu churros, yuk. Gampang banget, lho. Simak, yah!

  • Tepung terigu : pakai tepung terigu dengan protein tinggi, ya. Pilih dan gunakan tepung yang bagus dan berkualitas.
  • Telur : sebagai bahan wajib untuk membuat aneka kue, termasuk kue churros ini.
  • Margarin : boleh pakai margarin kiloan atau kemasan, pakai sesuai takaran, ya.
  • Air : untuk membuat adonan churros.
  • Garam : tambahan bumbu supaya nggak hambar. Pakai secukupnya aja, ya.
  • Vanili bubuk : ini juga dipakai dalam berbagai olahan kue, termasuk churros ini. Supaya adonan aromanya harum dan menggugah selera.
  • Keju parut : gunakan keju berkualitas. Bahan keju bisa membuat kue churros lebih creamy dan gurih.
  • Cokelat : menikmati churros dengan lelehan coklat pastinya bakal bikin ketagihan. Bisa juga pakai coklat batangan yang dilelehkan.
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Membuat Churros Simple dan Renyah, Cocok untuk Camilan Dirumah!


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

See also  Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 3 1x
  • Diet: Halal

Description

Cara Membuat Churros Simple dan Renyah, Cocok untuk Camilan Dirumah! Meski bahannya sangat simple, tapi hasilnya enak banget, lho. Yuk, langsung simak dan temukan resepnya disini, ya!


Ingredients

Units Scale

 

  • Tepung terigu : 200 gram (protein tinggi)
  • Telur : 2 butir (kocok lepas)
  • Margarin : 80 gram
  • Air : 250 ml
  • Garam : 1/2 sdt
  • Vanili : 1/2 sdt
  • Keju parut : 30 gram

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan yang diperlukan. Taruh dalam satu wadah.

Langkah 2 : Siapkan panci kecil. Rebus air, keju dan margarin. Beri sedikit garam. Masak sampai mendidih.

Langkah 3 : Setelah mendidih, kecilkan apinya. Lalu masukkan tepung terigu ke dalamnya.

Langkah 4 : Masukkan vanili bubuk dan beri sedikit garam. Lalu aduk perlahan sampai kalis.

Langkah 5 : Kira-kira sudah kalis, matikan kompor. Diamkan sampai dingin.

Langkah 6 : Masukkan kocokan telur, lalu aduk sampai semuanya tercampur rata.

Langkah 7 : Selanjutnya, siapkan plastik dengan bentuk segitiga dan pasangi dengan spuit.

Langkah 8 : Masukkan adonan tadi kedalam plastik yang telah dipasangi spuit.

Langkah 9 : Nyalakan kompor. Tuang minyak untuk menggoreng. Tunggu sampai minyak panas.

Langkah 10 : Masukkan adonan churros ke dalam wajan. Goreng dengan api kecil saja, ya. Supaya churros nggak hancur atau berubah bentuk.

Langkah 11 : Goreng sampai churros berubah warna keemasan. Lalu angkat dan tiriskan minyaknya.

Langkah 12 : Churros yang sudah matang, taburi dengan topping kesukaan atau sesuai selera.

Sajikan dan nikmati churros dengan cara celupkan ke dalam lelehan coklat, dijamin nggak bakal bisa berhenti ngemil, deh!

See also  Resep Ayam Ungkep Goreng Bumbu Kuning Simple Yang Empuk
  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 20 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Goreng
  • Cuisine: Spanyol

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 450 cal
  • Sugar: 27 gram
  • Sodium: 160 gram
  • Fat: 28.4 gram
  • Saturated Fat: 7.5 gram
  • Unsaturated Fat: 3.8 gram
  • Carbohydrates: 46 gram
  • Fiber: 0.7 gram
  • Protein: 2.3 gram
  • Cholesterol: 7 mg

Keywords: Churros

Trik Menggoreng Churros Supaya Hasilnya Maksimal

Banyak orang yang mencoba menggoreng churros, tapi hasilnya nggak sempurna, karena caranya yang salah. Bagian luarnya sudah kecoklatan tapi dalamnya masih lembek atau belum matang.

Nah, supaya hasil churros buatan Lo enak dan hasilnya bagus, Lo harus ikuti beberapa trik menggoreng churros berikut ini :

  • Gunakan Banyak Minyak

Pertama, Lo harus menggunakan banyak minyak untuk menggoreng adonan churros. Tuang minyak sampai kira-kira adonan churros terendam dengan sempurna.

  • Gunakan Wajan Cekung 

Selanjutnya gunakan wajan cekung untuk menggoreng churros, karena kalau wajan datar minyaknya nggak panas sempurna dan menyebar ke sisi-sisi wajan, sehingga adonan churros nggak tergoreng dengan baik.

  • Jangan Sering Dibalik

Tips lainnya yaitu saat adonan sudah dimasukkan ke wajan, jangan sering membolak-baliknya. Tunggu beberapa saat sampai churros agak berwarna kekuningan, baru Lo bisa membaliknya supaya nggak lengket.

  • Pakai Api Kecil 

Goreng churros dengan api kecil. Ini lebih aman untuk hasil yang memuaskan. Balik sesekali sampai churros berwarna kecoklatan. Jangan terlalu panas atau menggunakan api besar, karna churros bisa cepat gosong tapi bagian dalamnya belum matang.

  • Balut dengan Topping saat Churros Masih Panas

Setelah churros matang, Lo bisa mengangkatnya dan tiriskan supaya minyak turun. Saat suhu churros masih hangat, Lo harus segera membalutnya dengan topping favorit Lo. Misalnya dengan gula, tambahkan gula secukupnya. Ini supaya topping melekat dengan baik.

Asal Usul Churros 

Cerita asal usul churros versi pertama, churros dibuat dan sebagai makanan camilan penggembala Spanyol. Mereka membuat churros ini sebagai pengganti roti untuk sarapan. Hal ini karena mereka tinggal di gunung dan sulit menemukan toko roti.

Sementara pada versi kedua menjelaskan, bahwa kue churros pertama ditemukan oleh seorang pelaut Portugis di China. Dan makanan ini disebut dengan ’you tiaw’ atau bahasa populernya cakwe, yakni kue berbahan dasar tepung, lalu digoreng dan memiliki cita rasa asin.

Churros Mengalami Modifikasi

Terlepas dari kedua versi tersebut, churros telah mengalami banyak modifikasi. Dulu, churros hanya dimakan langsung. Sekarang, banyak resep churros yang ditambahkan berbagai bahan untuk menambah kelezatannya.

Dari segi topping dan cara menyantapnya pun sangat beragam. Bisa pakai topping susu, meses, gula halus, kayu manis bubuk, dan karamel.

Fun Fact Churros, Camilan Favorit Sejuta Umat

Churros layaknya camilan lezat lainnya untuk menemani waktu bersantai atau waktu senggang. Churros bisa dinikmati oleh orang dari berbagai usia. Apalagi anak-anak yang doyan ngemil.

Churros biasa dikonsumsi sebagai snack ringan atau sebagai menu dessert. Nggak cuma itu , penyajian churros pun unik, lho. Setiap negara punya caranya tersendiri.

1. Bahan Pembuatan Churros 

Bahan adonan churros terbilang sangat simpel untuk sebuah kue. Hanya membutuhkan tepung terigu, air atau susu, telur, butter, garam dan minyak goreng.

2. Churros Populer di Berbagai Negara 

Kini, churros telah ada di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Amerika Latin, Kolombia, Brazil, Meksiko, Argentina, dan beberapa negara lainnya.

3. Aneka Topping Churros

Merambahnya churros ke berbagai negara, kue ini bisa dipadukan dengan apa saja sesuai selera masyarakat tersebut. Ada 3 topping favorit yang paling populer : gula-kayu manis, karamel, dan coklat.

Variasi Churros di Berbagai Negara

Umumnya, bentuk churros panjang dan garing, tapi kini, ada banyak varian churros di berbagai negara. Khususnya pada bagian lapisan. Variasi tersebut misalnya :

  • Venezuela dan Kolombia

Di negara ini, kue churros dilapisi dengan konsentrat yang terbuat dari susu. Ada yang berbentuk cair, ada pula seperti gula.

  • Brazil

Di negara ini, mereka memberikan filling coklat pada kue churros yang dibuatnya.

  • Meksiko dan Argentina

Churros ala kedua negara ini melapisi dengan konsentrat susu atau gula sekaligus menambahkan filling di dalamnya.

  • Uruguay

Sementara di negara Uruguay, mereka membuat churros dengan rasa yang gurih, bukan manis.

  • Kuba

Di Kuba, mereka membuat churros dengan memberikan filling dari buah jambu pada adonannya.

Waktu yang Tepat Menikmati Churros 

Di negara Amerika Latin dan Spanyol, kue churros biasanya disajikan sebagai breakfast dan disantap bersama dengan kopi atau cokelat panas.

Di Amerika latin juga banyak kafe-kafe yang menjual menu churros sebagai snack atau sarapan pagi. Kalau di Amerika Serikat, churros telah menjadi snack ringan yang mudah ditemukan.

Biasanya sering ditemukan saat acara karnaval, wahana wisata atau street fair. Tapi, ada juga yang menjualnya di restoran atau kafe dalam bentuk menu dessert.

Apa saja bahan dasar pembuatan churros?

Churros umumnya terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti tepung terigu, telur, gula pasir, butter, garam dan air. Semua bahan itu dicampur menjadi satu dan dibentuk adonan yang siap digoreng

Bagaimana cara menikmati churros?

Churros bisa dinikmati begitu saja, tapi yang identik dari kue yaitu disajikan/dinikmati dengan berbagai topping dan dipping sauce seperti lelehan coklat, karamel, coklat putih, strawberry dan blueberry.

Bolehkah air untuk membuat adonan diganti susu cair?

Boleh. Malah akan menambah kenikmatan dan rasa gurih pada churros buatan Lo.

Contoh tepung terigu protein tinggi?

Ada banyak merk tepung terigu protein tinggi, beberapa diantaranya seperti Cakra Kembar, Cakra Kembar Emas, Golden Eagle, Bogasari, Tulip Tepung Terigu, dan merk Tali Emas.

Merk margarin terbaik untuk membuat churros?

Ada banyak merk margarin yang bisa Lo pakai untuk membuat kue churros, seperti Blue Band serbaguna, Palmia margarin, Filma margarin, Forvita margarin, dan Rose Brand margarin.

Merk keju terbaik untuk membuat churros?

Beberapa rekomendasi keju yang bisa Lo pakai : keju Kraft Cheddar, PROCHIZ Gold, Emina Cheese, Diamond Cheddar Cheese, dan MEG Cheddar.

Kesimpulan

Churros nyatanya telah menjadi camilan yang enak dan lezat yang bisa menemani waktu bersantai Lo dengan keluarga tercinta. Meski masih asing ditelinga, kue churros rupanya telah populer di beberapa negara, lho.

Sekarang, Lo bisa membuatnya sendiri dirumah, dengan bahan-bahan yang sangat simpel, Lo bisa bikin camilan yang enak ini untuk anak-anak. Penasaran dengan rasanya?Yuk, cobain resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star