Cara Membuat Ayam Woku Kemangi, Pedasnya Bikin Nagih!

Resep ayam woku – Siapa yang pernah masak ayam woku? Bagi para penggemar masakan Padang pasti tau nih menu ayam woku. Ayam woku juga salah satu masakan khas Manado yang banyak digemari, lho.

Sekilas menu ayam woku terlihat seperti ayam rica-rica, tapi sedikit beda bumbu, ya. Bahan dan bumbunya gampang, kok. Tambah daun kemangi dan daun bawang, makin nikmat deh!

Buat pecinta pedas, ayam woku bisa jadi pilihan menu makan siang nih, dijamin bakal ketagihan dan boros nasi. Lo bisa membuat ayam woku sendiri dirumah untuk keluarga tercinta.

Kalau bingung dan belum tau resepnya, Gue akan berbagi resep disini. Jadi, temukan resepnya dan baca terus sampai selesai, ya!

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Apa itu Ayam Woku?

Ayam woku merupakan masakan khas Manado yang bercita rasa gurih dan pedas. Manado memang punya banyak kuliner pedas yang menggugah selera.

Woku sendiri berasal dari kata ”woku” yaitu daun woka (semacam daun lontar) yang digunakan untuk membungkus nasi.

Kuliner Manado ini dikenal dengan rasanya yang gurih, pedas dan wangi. Aroma wanginya berasal dari daun pandan, serai, jahe, daun jeruk dan kemangi.

See also  Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!

Nggak cuma dari olahan daging sapi, woku juga bisa diolah dari ayam dan ikan, lho. Misalnya woku ikan tuna. Bumbu yang digunakan pun sangat beragam, apalagi sekarang ada banyak sekali resep inovasi masakan.

Gimana, penasaran ingin masak ayam woku? Yuk, cobain resep Gue dibawah ini! Selamat mencoba.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Bahan Ayam Woku 

Nah, sekarang Lo perlu siapkan bahan dan bumbu-bumbu berikut untuk membuat ayam woku :

  • Ayam : pilih ayam segar, potong sesuai selera, ya. Boleh juga pakai bagian tertentu misalnya ayam sayap atau paha.
  • Daun kemangi : bahan tambahan supaya ayam woku terasa nikmat dan wangi, tapi boleh di skip.
  • Daun bawang : ciri khas ayam woku ada irisan daun bawangnya, ya. Aromanya pun wangi lezat.
  • Cabe merah keriting : untuk menghasilkan ayam woku yang merah merona, Lo bisa pakai cabe merah keriting atau cabe merah besar. Buang biji cabenya supaya warnanya tetap menarik.
  • Cabe rawit : penggunaan rawit ini untuk mengatur level pedas, ya. Buat Lo yang suka pedas, bisa menambahkan sesuai selera. Sebaliknya, kalau Lo nggak suka pedas, Lo boleh skip aja.
  • Bumbu halus : gampang kok, terdiri dari : bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, termasuk cabe kalau Lo pakai sesuai selera pedas Lo.
  • Bumbu tambahan : Lo perlu siapkan daun jeruk, serai, dan daun pandan secukupnya.
  • Tomat : pakai 1 buah sedang aja untuk 500 gram ayam.
  • Garam – Penyedap rasa : tentu harus ada, ya.
  • Gula : untuk menambah rasa gurih, lezat, tapi boleh di skip.
  • Air : secukupnya, kalau 500 gram ayam airnya kurang lebih 500 ml.
  • Minyak goreng : secukupnya untuk menumis bumbu.
  • Pelengkap sajian : Lo bisa makan ayam woku dengan nasi putih hangat, kerupuk atau pelengkap lainnya.
See also  Resep Buko Pandan Praktis dan Menyegarkan
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Membuat Ayam Woku Kemangi, Pedasnya Bikin Nagih!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 55 Minutes
  • Yield: 5 1x
  • Diet: Halal

Description

Buat pecinta pedas, ayam woku bisa jadi pilihan menu makan siang nih, dijamin bakal ketagihan dan boros nasi. Lo bisa membuat ayam woku sendiri dirumah untuk keluarga tercinta.


Ingredients

Units Scale
  • Ayam : 500 gram (potongan bebas sesuai selera)

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 5 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Cabe merah keriting : 7 buah
  • Cabe rawit merah : 7 buah
  • Kemiri : 3 butir
  • Jahe : 1 ruas jempol
  • Kunyit : 1 ruas jempol

Bumbu tambahan :

  • Daun jeruk : 3 lembar (buang tulang daunnya)
  • Serai : 1 batang (geprek)
  • Daun pandan : 1 lembar (ikat simpul)
  • Daun bawang : 1 batang (potong-potong)
  • Daun kemangi : segenggam/secukupnya
  • Tomat : 1 buah (potong-potong)
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Air : kurleb 500 ml
  • Gula : 1 sdt

Bahan pelengkap/secukupnya :

  • Nasi putih
  • Kerupuk

Instructions

Langkah 1 : siapkan dan cuci bersih semua bahan dan bumbu. Taruh dalam wadah. Siapkan talenan dan pisau. Racik bumbu halus : potong cabenya,  bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit, sisihkan dalam piring.
Langkah 2 : potong-potong daun bawang dan tomat. Geprek serai, daun jeruk buang tulang daunnya, daun pandan ikat simpul, dan bersihkan daun kemangi, sisihkan.
Langkah 3 : siapkan blender. Haluskan bumbu (bumbu halus) menggunakan blender sampai benar-benar halus. Sisihkan.
Langkah 4 : nyalakan kompor. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus sampai harum.
Langkah 5 : masukkan bumbu cemplungnya, seperti serai dan daun jeruk, tumis lagi sampai bumbu matang dan harum.
Langkah 6 : masukkan ayamnya. Aduk rata. Masukkan juga daun pandan dan tomatnya, lalu aduk sampai ayam tercampur rata dengan bumbu.
Langkah 7 : Tambahkan 500 ml air/secukupnya. Aduk lagi sampai rata. Tunggu sampai mendidih.
Langkah 8 : Beri garam, gula, dan penyedap rasa. Lo boleh pakai kaldu jamur kalau suka. Masak sampai ayam matang dan empuk sambil sesekali diaduk.
Langkah 9 : Setelah air menyusut dan bumbu telah meresap sempurna, masukkan daun kemangi dan daun bawangnya. Aduk sebentar saja sampai kemangi layu.
Langkah 10 : jangan lupa koreksi rasa, ya. Jika sudah pas, matikan kompor. Lalu angkat dan sajikan.
Langkah 11 : Ayam Woku Lezat siap disantap pakai nasi hangat!

See also  Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak
  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 40 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 1
  • Calories: 117 cal
  • Sugar: 0.04 gram
  • Sodium: 185 mg
  • Fat: 5.14 gram
  • Saturated Fat: 0.6 gram
  • Unsaturated Fat: 2.1 gram
  • Trans Fat: 0.01 gram
  • Carbohydrates: 0.68 gram
  • Fiber: 0.1 gram
  • Protein: 17 gram
  • Cholesterol: 40 mg

Keywords: Ayam Woku

Cara Membuat Ayam Woku Yang Gurih & Nggak Bau Amis

Bumbu woku punya cita rasa dan aroma yang khas. Pedas menjadi identik makanan ini. Supaya masakan ayam woku nggak bau amis, Lo bisa ikuti langkah-langkah berikut :

1. Rendam Daging Ayam Dengan Air Jeruk Nipis atau Cuka

Sebelum dibumbui atau diolah, daging ayam perlu diberi perasan air jeruk nipis atau rendam dengan cuka lebih dulu. Diamkan beberapa saat, lalu cuci dengan air mengalir.

2. Tumis Bumbu Sampai Matang & Harum

Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Baru masukkan ayamnya. Jangan lupa tambahkan air dan masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap sempurna.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

3. Tambahkan Penguat Aroma : Daun Kemangi atau Daun Bawang 

Masak ayam woku biar tambah nikmat, Lo harus menambahkan bahan penguat aroma seperti daun kemangi dan daun bawang.  Selain rasa dan aromanya harum, ini akan membuat ayam nggak bau amis.

4. Gunakan Bumbu Utuh & Rempah-rempah 

Sebisa mungkin, gunakan bumbu utuh dan rempah-rempah racikan sendiri. Ini akan mempengaruhi citarasa dari ayam woku itu sendiri. Jangan lupa juga pakai bumbu aromatik seperti daun jeruk, serai dan daun pandan.

Memasak ayam woku yang lezat dan nggak bau amis ternyata mudah, kan? Semoga info ini bermanfaat, ya.

Sayur Pendamping Ayam Woku, Bikin Kalap Makan

Rasanya kurang lengkap kalau cuma makan ayam woku saja. Mungkin Lo bisa menikmati dengan sayur pendamping lainnya biar tambah nikmat. Nah, berikut Gue rekomendasikan beberapa sayuran yang bisa Lo nikmati dengan ayam woku.

  • Oseng Buncis 

Lo bisa menikmati ayam woku dengan tumis buncis. Masak dengan bumbu bawang putih, bawang merah dan sedikit lada juga sudah nikmat.

  • Tumis Pare 

Meski sedikit pahit, tumis pare juga cocok disantap bareng ayam woku. Masak dengan cabai, bawang dan sedikit terasi pun lezat.

  • Plecing Kangkung 

Tumis kangkung biasa juga enak, apalagi dibuat plecing dan beri sedikit sambal tomat diatasnya. Hmm.. sesi makan bakalan nambah deh!

  • Oseng Kacang Panjang 

Oseng kacang panjang juga bisa jadi pilihan sebagai sayur pendamping ayam-ayaman. Cukup tumis dengan bumbu kecap, atau bisa juga ditambah dengan irisan tempe, pasti tambah lezat.

  • Tumis Daun Pepaya

Tumis daun pepaya juga enak disantap bareng ayam woku, meski sedikit pahit, tambah ikan teri campur bumbu juga enak, lho.

  • Tumis Kubis Wortel 

Makan ayam woku dengan tumis kol wortel juga enak. Apalagi dibumbui dengan garam, lada, penyedap rasa, dan gula. Kalau perlu tambahin orak-arik telur.

  • Gulai Daun Singkong 

Kalau nasi Padang pakai daun singkong rebus, ayam woku juga cocok disantap dengan gulai daun singkong, lho.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Apakah olahan ayam woku harus pedas?

Ayam woku menjadi makanan khas Manado. Dimana menu satu ini memang bercita rasa pedas yang kaya akan rempah, seperti daun jeruk, kemangi, daun bawang, dan daun kunyit.

Gimana Ciri Khas Ayam Woku?

Ayam woku biasanya dimasak sampai kuahnya menyusut dan mengental. Menu ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Ciri khas lainnya, khususnya di Manado, biasanya ayam woku dimasak di belanga.

Bolehkan tanpa daun kemangi?

Boleh tanpa kemangi. Pemakaian kemangi pada ayam woku hanya untuk menambah citarasa dan aroma khas yang menggugah selera. Kalau Lo nggak suka boleh di skip.

Apa masak ayam woku harus pakai belanga?

Ayam Woku memang dikenal sebagai makanan tradisional dari Manado. Kebanyakan orang Manado asli memang memasak ayam woku menggunakan belanga. Kuliner ini punya cita rasa yang gurih dan pedas.

Apa yang dimaksud ayam woku kering?

Salah satu resep ayam woku dengan bumbu dan cara masak yang sama, tapi ayam woku kering tidak memiliki kuah alias kering.

Apakah ayam perlu direbus dulu sebelum dimasak?

Boleh. Lo bisa merebusnya lebih dulu sebelum dimasak, apalagi kalau Lo menggunakan ayam kampung. Tentu supaya teksturnya lebih empuk, Lo bisa merebusnya dulu sebelum dimasak dengan bumbu. Teknis perebusan ini juga membantu memangkas waktu Lo dalam memasak.

Berapa lama ayam woku bisa bertahan?

Setelah dimasak, ayam woku yang nggak habis sebaiknya disimpan dengan baik di kulkas. Gunakan wadah tertutup rapat dan kedap udara. Kalau mau makan, Lo tinggal menghangatkannya kembali.

Kesimpulan

Resep ayam woku juga menjadi sajian yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Cita rasa yang gurih pedas membuat orang ketagihan ingin memakannya. Sajian ini juga bisa jadi menu pilihan untuk acara-acara tertentu, lho.

Jadi, kalau Lo bosan dengan olahan ayam yang gitu-gitu aja, digoreng atau dibakar, Lo bisa mengolahnya menjadi ayam woku. Selain nikmat dan pedas, dijamin bakalan nambah nasi terus, deh!

Cara masaknya juga gampang kok, Lo bisa intip resep Gue diatas yang mudah diikuti. Nggak perlu beli ayam woku lagi, Lo bisa coba bikin sendiri dirumah. Yuk, cobain resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star