Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih! – Kalau lagi bingung mau masak apa, sepertinya menu telur itu paling mudah untuk disiapkan deh! Buat semua yang sibuk dan nggak banyak waktu untuk masak-masak, masak telur pun jadi.

Lo nggak perlu masak yang ribet atau bumbu yang susah-susah, menu seperti telur balado kayaknya cocok buat yang punya waktu terbatas. Karena gampang  banget ya, bumbunya pun simpel dan mudah di buat.

Menu telur balado cukup populer di Indonesia, rasanya yang gurih campur pedas selalu jadi pilihan lidah masyarakat Indonesia. Makanya, nggak heran, kalau telur balado sering diburu orang untuk dijadikan lauk.

Resep telur balado

Selain nikmat, kandungan nutrisi pada telur juga sangat tinggi dan baik untuk kesehatan kita. Tentu telur selalu menjadi sumber protein terbaik untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian. Hal ini karena telur mengandung seluruh asam amino esensial yang sangat diperlukan tubuh.

Kita membutuhkan protein sebagai nutrisi vital yang menunjang kesehatan nih, termasuk menjaga kesehatan tulang dan otot, bahkan untuk meningkatkan produksi hormon dan enzim.

Lo juga harus ingat, bahwa kandungan nutrisi protein telur nggak cuma dibagian putihnya aja, ya. Supaya Lo mendapatkan protein yang lengkap, Lo juga harus makan telur secara utuh.

Nah, kalau Lo suka menu yang pedas-pedas gurih, mungkin Lo bisa mencoba resep telur balado nih! Caranya juga gampang, lho. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan proses masaknya pun nggak terlalu lama. Yuk, bikin sekarang!

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Bahan Untuk Membuat Telur Balado Sederhana

Resep Telur Balado

Berikut bahan-bahan untuk membuat telur balado yang gampang dibuat dan tentu pedas mantap :

  • Telur : Lo bisa membelinya di pasar, tukang sayur, atau supermarket. Untuk pemakaiannya Lo sesuaikan aja mau bikin berapa porsi telur balado.
  • Cabe merah : Kalau bumbu balado, udah pasti pakai cabe, ya.
  • Cabe rawit : Buat Lo yang suka super pedas, Lo bisa menambahkan cabe rawit, tapi ini optional aja ya, sesuai selera. Boleh di skip.
  • Bawang merah : bumbu wajib agar telur balado gurih.
  • Bawang putih : bumbu wajib juga untuk masak telur balado.
  • Lengkuas : bumbu geprek ini supaya telur balado wangi dan sedap.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Cara Masak Telur Balado

@luvnedotcom Cara membuat Resep Telur Balado untuk 2-4 orang dalam waktu 40 menit. Lihat resep selengkapnya dengan klik link di bio ya ~ #resepmasakan #reseptelur #reseptelurbalado ♬ mary poppins – Little Green

Nah, berikut adalah resep telur balado dan cara membuatnya ya!

See also  Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
Resep telur balado

Resep Telur Balado Sederhana Yang Enak, Pedasnya Bikin Nagih!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 40 Minutes
  • Yield: 4
  • Diet: Halal

Description

Resep Telur Balado Simpel, Pedasnya Bikin Nagih!


Ingredients

Bahan dan Bumbu :

  • Telur : 4 butir
  • Bawang putih : 5 siung
  • Bawang merah : 10 butir
  • Cabe merah keriting : 17 buah
  • Lengkuas : 2 ruas

Bumbu secukupnya : 

  • Minyak goreng
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Instructions

Langkah 1 : Siapkan panci, lalu panaskan air untuk merebus telur. Usahakan telur terendam air, ya. Rebus sampai matang, angkat.

Langkah 2 : Siapkan bumbu-bumbunya, seperti cabe, bawang merah, dan bawang putih. Potong-potong masukkan ke dalam blender.

Langkah 3 : Haluskan bumbu menggunakan blender sampai halus. Setelah itu, kupas telur yang tadi di rebus.

Langkah 4 : Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng telur sampai kuning kecoklatan. Sisihkan.

Langkah 5 : Tumis bumbu halus yang tadi diblender. Tumis sampai harum, lalu tambahkan lengkuas. Tumis sampai layu.

Langkah 6 : Tambahkan bumbu seperti garam dan penyedap rasa. Lalu masukkan telur yang sudah di goreng. Aduk sampai rata.

Langkah 7 : Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan nasi hangat, wah.. mantap!

  • Prep Time: 5 Minutes
  • Cook Time: 35 Minutes
  • Category: Main Dish
  • Method: Fried
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: telur balado

Darimana asal telur balado?

Telur balado seperti halnya rendang telur. Menu satu ini adalah masakan khas Padang. Karena bumbu balado sendiri sering digunakan dalam berbagai masakan Sumatera Barat.

Berapa lama telur balado bisa bertahan?

Telur yang sudah dimasak seperti telur balado, bisa bertahan 1-2 hari di suhu ruangan. Tapi kalau di simpan dalam freezer, telur balado bisa bertahan sampai seminggu, lho.

Vitamin apa saja yang terkandung didalam telur?

Telur merupakan sumber nutrisi yang lengkap. Dalam 1 butir terdapat sekitar 6-7 gram protein dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, B, D, dan K, selenium, Kolin, fosfor, yodium, zat besi, dan seng.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Daging Cincang Simple

Kandungan Nutrisi Telur

Hampir semua orang kayaknya doyan telur. Apalagi anak-anak, kalau nggak sempet masak, pasti telur sering jadi sasarannya. Bener nggak?

Tak hanya gampang diolah, manfaat telur secara umum juga sangat penting untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi sehari-hari. Manfaat tersebut antara lain :

  1. Telur Sebagai Sumber Vitamin

Telur adalah sumber vitamin dan sumber gizi yang sangat baik. Dalam 1 butir telur itu mengandung sekitar 7 gram protein. Selain itu juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, selenium, Kolin, fosfor, yodium, zat besi dan seng.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Kolin dalam telur sangat diperlukan tubuh dalam merangsang membran sel di seluruh tubuh. Selain itu juga bisa membantu menjaga kadar homocysteine agar tetap di tingkat normal. Apa itu homocysteine? Yaitu senyawa asam amino yang berhubungan dengan resiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Mineral seperti selenium dalam telur bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Kandungan vitamin D-nya juga bisa mempercepat penyembuhan flu atau pilek .

  1. Baik untuk Otak

Baik untuk meningkatkan fungsi mental dan memori. Meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini karena telur mengandung semua nutrisi yang diperlukan otak.

  1. Mencegah Kelahiran Cacat

Telur mengandung vitamin B yang mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh, ini penting untuk mencegah cacat lahir.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Memiliki kandungan vitamin E yang cukup sebagai sumber antioksidan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A pada telur mampu membantu memelihara kesehatan mata, pertumbuhan sel, hingga menjaga kulit tetap sehat.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Stroke

Telur bisa mengentalkan darah, hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko serangan jantung yang bisa mengakibatkan stroke.

  1. Mencegah Stres

Benarkah telur bisa mencegah stres? Yap.. telur mengandung berbagai vitamin seperti B12, B6 , asam folat, dan kolin. Nutrisi tersebut membantu mengatur suasana hati seseorang, lho.

  1. Kulit Lebih Sehat

Selenium dalam telur sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan makan telur, Lo bisa mendapatkan sumber nutrisi yang baik untuk kulit yang kenyal dan sehat.

 

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Yang Simple

Kesimpulan

Telur balado merupakan olahan yang paling gampang dibuat serta lezat. Penggemar telur dan pedas, tentu menu telur balado ini bisa jadi referensi, ya.

Tak hanya enak, tapi juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Kalau Lo pengen masak telur balado, bisa liat resepnya disini ya. Yuk, cobain resepnya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star