Cara Masak Rendang Ayam Dengan Bumbu Jadi Dari Pasar

Resep rendang ayam – Siapa bilang rendang harus pakai daging sapi? Nggak melulu pakai daging sapi, Lo bisa berkreasi bikin rendang dengan bahan utamanya menggunakan ayam.

Selain itu, waktu masaknya jadi lebih cepat selesai dibanding masak rendang daging, lho. Hasilnya pun nggak kalah enak dari rendang daging, berkuah kental dan berminyak. Sama-sama enak!

Lo bisa bikin rendang ayam ini lalu disimpan sebagai lauk untuk beberapa hari. Berhubung masih ada stok ayam di kulkas, Gue pengen masak menu rendang ayam kesukaan keluarga Gue, nih.

Cara masak rendang ayam pun cukup mudah, lho. Bahan dan bumbu-bumbunya gampang banget. Lo bisa ikuti resep Gue untuk mempermudah. Yuk, simak resep Gue disini, ya!

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Kalori Rendang Ayam 

Sebelum makan makanan yang berminyak atau tinggi kalori, Lo harus tau berapa jumlah kalori makanan yang akan Lo konsumsi. Terlebih lagi kalau Lo sedang dalam program diet.

See also  Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!

Jumlah kalori pada makanan bisa bervariasi, termasuk dalam rendang ayam ini. Semuanya tergantung bagian daging yang digunakan, ukuran, sampai bumbu rendangnya.

Tak bisa dipungkiri, makanan berlemak seperti rendang daging ataupun rendang ayam, punya kalori yang cukup tinggi, sehingga Lo perlu memperhatikan porsinya.

Itulah kenapa, makanan dengan kalori tinggi sering dianggap penyebab gagalnya diet. Nah, berapa kalori dalam rendang ayam? Mengutip dari berbagai sumber, kalau rendang daging setidaknya mengandung 468 cal per 250 gram.

Dalam rendang ayam sendiri, setiap 100 gram ayam mengandung 86 kkal, bumbu rendangnya per 50 gram terdapat 125 kkal, jadi total kalori keseluruhan yaitu 211 kkal.

Jadi, kesimpulannya, makan rendang saat sedang diet boleh saja, asalkan Lo bisa mengaturnya dan tidak mengganggu program diet Lo. Makan secukupnya dan batasi mengkonsumsi kalori yang berlebihan.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Bumbu Rendang Ayam

Nah, sekarang Lo perlu siapkan bahan dan bumbu-bumbu berikut untuk membuat rendang ayam :

  • Ayam : pilih ayam segar dan potong sesuai selera. Boleh juga pakai 1 bagian, seperti sayap, dada, atau paha.
  • Santan kental : siapkan santan kental sekitar 1200 ml, atau kalau nggak mau repot, Lo bisa pakai santan instan 2 bks.
  • Jeruk nipis : ambil airnya untuk melumuri ayam supaya nggak bau amis dan bisa membuat tekstur ayam lebih empuk, lho.
  • Bumbu cemplung : siapkan serai, daun jeruk, daun kunyit, bunga lawang, dan kapulaga.
  • Kelapa sangrai : siapkan kelapa sangrai yang sudah ditumbuk halus, tapi kalau Lo sibuk, Lo bisa beli kelapa sangrai yang sudah siap pakai di pasar.
  • Garam – Penyedap rasa : bumbu wajib, ya!
  • Bumbu halusnya : Lo perlu siapkan lengkuas, jahe, ketumbar bubuk, jinten bubuk, lada bubuk, cabe merah keriting, bawang putih dan bawang merah. Untuk level pedas atau mungkin nggak mau pedas, Lo bisa atur di pemakaian cabenya.
  • Pelengkap sajian : Lo bisa menyantap rendang ayam dengan nasi putih hangat dan sayur pendamping lainnya.
See also  Cobain Resep Mie Goreng Telor Spesial Ala Chinese Yang Enak!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Masak Rendang Ayam Dengan Bumbu Jadi Dari Pasar


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 50 Minutes
  • Yield: 8 1x
  • Diet: Halal

Description

Siapa bilang rendang harus pakai daging sapi? Nggak melulu pakai daging sapi, Lo bisa berkreasi bikin rendang dengan bahan utamanya menggunakan ayam.


Ingredients

Scale
  • Ayam : 900 gram (potong-potong)
  • Santan instan : 2 bks
  • Jeruk nipis : 1 buah
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Serai : 1 batang
  • Daun jeruk : 4 lembar
  • Daun kunyit : 1 lembar
  • Bunga lawang : 1 buah
  • Kapulaga : 2 butir
  • Kelapa sangrai : 200 gram (sudah ditumbuk halus)
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa : secukupnya

Bumbu halus :

  • Lengkuas : 5 ruas jempol
  • Jahe : 2 ruas jempol
  • Ketumbar bubuk : 1 sdt
  • Jinten bubuk : 1/2 sdt
  • Lada bubuk : 1 sdt
  • Cabe merah keriting : 100 gram
  • Bawang merah : 10 butir
  • Bawang putih : 6 siung

Bahan pelengkap/secukupnya :

  • Nasi putih
  • Telur dadar
  • Kerupuk

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan bumbu. Cuci  bersih ayam, lalu potong sesuai selera. Lumuri dengan perasan jeruk nipis. Sisihkan dalam wadah.

Langkah 2 : Siapkan bumbu-bumbu. Haluskan bumbu menggunakan blender. Lalu, siapkan wajan, tuang minyak goreng secukupnya.

Langkah 3 : Tumis bumbu halus sampai harum, lalu tambahkan bumbu cemplung seperti daun jeruk, serai, daun kunyit, bunga lawang, dan kapulaga. Tumis sampai layu dan wangi.

Langkah 4 : Masukan kelapa sangrai yang sudah ditumbuk halus. Aduk rata dengan bumbu.

See also  Sop Daging Sapi Sederhana, Gurih dan Segar!

Langkah 5 : Masukkan ayam, lalu aduk lagi sampai bumbu merata. Tambahkan santan instan, aduk lagi. Lalu tutup pancinya supaya kuahnya cepat mendidih.

Langkah 6 : Buka tutup panci dan aduk lagi supaya nggak gosong. Masak sampai matang dan air menyusut. Sambil sesekali di aduk supaya nggak gosong bagian bawahnya.

Langkah 7 : Kalau air sudah menyusut atau sat (habis), tes rasa. Jika sudah pas, matikan kompor.

Langkah 8 : Rendang ayam nikmat siap disajikan dengan nasi hangat dan pelengkap lainnya.

Notes

  • Kalau Lo nggak ada waktu buat bikin kelapa sangrai, Lo bisa membelinya di pasar.
  • ebaiknya masak rendang ayam dengan api kecil sampai sedang, supaya nggak gosong dan matangnya pas.
  • Prep Time: 15 Minutes
  • Cook Time: 35 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 1
  • Calories: 338 cal
  • Fat: 18 gram
  • Carbohydrates: 12 gram
  • Protein: 32 gram

Keywords: Rendang Ayam

Tips Masak Rendang Ayam Spesial, Dagingnya Empuk!

Nah, masak rendang itu ternyata gampang banget kan? Nah, agar hidangan rendang ayam Lo terasa enak, lezat, gurih, dan wangi, ada tips yang harus Lo perhatikan, nih.

Tips ini akan membuat masakan rendang Lo nikmat, bumbunya meresap sempurna dan tekstur dagingnya pun empuk. Apa saja tipsnya?

1. Pilih Jenis Ayam Yang Tepat

Tips pertama supaya rendang ayam buatan Lo enak dan lezat yaitu pilih jenis ayam yang tepat. Karena, tekstur daging ayam yang empuk juga bagian dari kelezatan.

Lo bisa pilih ayam broiler atau ayam negri kalau ingin mempersingkat waktu masak. Tapi kalau soal gurih, bumbu menyerap dan tekstur daging masih utuh atau bagus, Lo bisa pilih ayam kampung atau pejantan.

2. Membersihkan Ayam Dengan Benar 

Nggak cuma daging kambing atau daging sapi yang punya bau prengus dan kurang sedap. Daging ayam pun akan bau amis yang menyengat kalau nggak dibersihkan dengan benar.

Makanya, Lo harus bisa membersihkan ayam dengan benar. Caranya, cuci ayam dengan air mengalir, lalu beri perasan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas lagi dengan air bersih.

3. Menggunakan Santan Dari Kelapa Tua 

Tips selanjutnya yaitu berkenaan dengan santan. Rendang merupakan sajian khas yang menggunakan santan, baik santan kental maupun santan instan.

Tapi, kalau Lo ingin mendapatkan rendang yang menggiurkan, Lo harus menggunakan santan asli dari kelapa tua. Kelapa tua memiliki ciri kulit agak gelap dan teksturnya keras.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

4. Takaran Bumbu Harus Pas

Selain itu tips yang telah disebutkan di atas, hal lain yang perlu Lo perhatikan yaitu penggunaan bumbunya. Baik dari kelengkapan bumbu atau takaran bumbunya harus pas.

Kalau takaran bumbu yang kurang atau mungkin kelebihan akan mempengaruhi citarasa dari ayam rendang sendiri. Terutama untuk bumbu-bumbu yang aromanya tajam.

Jadi, sebaiknya perhatikan dengan baik setiap detail penggunaan bumbu-bumbu supaya hasil rendang ayam buatan Lo nikmat dan lezat. Kalau Lo bingung, Lo bisa cari tau dulu resepnya di internet, lalu siapkan dulu bahan bumbunya sebelum mulai memasak.

5. Gunakan Api Kecil

Tips terakhir yang perlu perhatikan juga yaitu penggunaan api ketika memasak. Karena hal ini mempengaruhi tingkat kematangan dan kelembutan daging saat proses di masak.

Untuk masak rendang, Gue sarankan pakai api kecil aja, ya. Karena masak dengan api kecil banyak kelebihannya, lho. Masakan lebih matang sempurna, bumbu meresap dan tentu nggak cepat gosong.

Daging ayam yang dimasak dengan api kecil juga akan lebih empuk tapi nggak hancur. Cuma, Lo harus sering membaliknya supaya nggak lengket atau gosong bagian bawahnya.

Sayur Yang Cocok Disajikan Bersama Rendang Ayam

Makan rendang ayam dengan nasi hangat saja sudah nikmat. Apalagi kalau ditambah sayur lainnya. Lo nggak harus repot bikin sayur yang ribet-ribet.

Lo bisa masak sayur yang praktis dan gampang untuk menemani rendang ayam ini. Berikut deretan sayur pendamping yang bisa Lo jadikan pilihan :

  • Tumis kecipir dan tauge
  • Terong balado
  • Tumis buncis
  • Capcay kering
  • Acar wortel mentimun
  • Daun singkong rebus
  • Sayur nangka muda

Bolehkan masak rendang ayam pakai bumbu instan?

Ya, boleh kok! Sekarang memang sudah banyak bumbu instan atau bumbu giling, termasuk bumbu rendang. Lo bisa pakai ini kalau memang sedang sibuk. Tambahkan bumbu aromatik supaya rasa rendang tetap khas, enak, dan lezat.

Apa boleh pakai ayam kampung?

Boleh banget! Malah kalau pakai ayam kampung rasanya lebih gurih dan nikmat. Tapi Lo membutuhkan waktu memasak yang lebih lama dibanding masak ayam broiler.

Bolehkah bumbu rendang tanpa cabe?

Boleh dong! Lo bisa masak rendang ayam pakai cabe atau pun tanpa cabai. Kalau Lo nggak suka pedas atau masak rendang ayam untuk anak-anak, Lo bisa skip cabainya.

Bolehkan menambahkan bahan lain kedalam rendang ayam?

Boleh banget dong! Nggak cuma rendang ayam aja, Lo bisa menambahkan bahan lain didalamnya biar tambah bervariasi. Misalnya seperti menambahkan telur, tahu, atau kentang.

Berapa lama rendang ayam bisa bertahan?

Rendang ayam yang nggak habis, bisa Lo simpan di kulkas, ya. Lo bisa menghangatkannya kembali untuk sarapan esok hari. Rendang bisa bertahan 2 sampai 3 hari kalau disimpan dengan benar dan dihangatkan kembali.

Apa bisa masak rendang ayam tanpa santan?

Setau Gue, ciri khas rendang itu ya pakai santan, baik itu rendang daging sapi ataupun rendang ayam. Tapi memang, ada beberapa resep rendang kering atau tanpa santan. Jadi, ini sesuai selera masing-masing aja, ya, Lo mau bikin rendang santan atau non-santan.

Kesimpulan

Ternyata masak rendang ayam gampang banget kan? Nggak terlalu ribet ataupun makan waktu. Sekarang, Lo tetap bisa masak rendang meski nggak ada daging sapi, karena daging ayam pun bisa diolah jadi rendang.

Siapkan bahan dan bumbu-bumbunya. Ikuti juga tips-tips di atas supaya rendang buatan Lo enak dan lezat. Sajian rendang ayam juga bisa jadi pilihan sebagai menu hari raya, lho. Yuk, masak rendang ayam!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star