Cara Buat Kari Ayam Spesial, Bisa Untuk Menu Lebaran!

Resep kari ayam – Kari menjadi salah satu olahan yang lezat dan menggugah selera. Ada banyak bahan yang bisa Lo masak menjadi kari. Tapi paling gampang sih olahan kari ya dari daging ayam, mudah diolah, hemat dan lezat.

Bahkan, kari menjadi salah satu sajian andalan yang banyak dihidangkan untuk acara besar seperti lebaran, arisan keluarga, atau pertemuan. Tapi, Lo juga bisa memasaknya untuk lauk sehari-hari, ya.

Sajian kari identik dengan rasa gurih dan rempah-rempah yang kuat. Ditambah lagi dengan santan kental yang membuatnya makin nikmat dan lezat.

Penasaran pengen masak kari ayam? Gue akan berbagi resep kari ayam yang lezat dan simpel, nih. Buat Lo yang belum pernah masak, nggak usah bingung. Ikuti resep Gue yang super simpel disini!

Sejarah Kari

Masakan kari rupanya sudah sangat populer bahkan sampai kancah internasional. Ada masakan kari dari Arab, kari dari Jepang, bahkan kari dari Eropa.

See also  Resep Cumi Cumi Saus Padang Sedap & Mudah

Apa Itu Kari?

Kari merupakan masakan yang diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah, sehingga memiliki citarasa yang gurih dan aroma yang sangat kuat.

Tau nggak Lo, darimana asal kari? Kari berasal dari wilayah Asia Selatan, tepatnya negara India. Kini, masakan kari telah dikenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Setiap negara juga punya ciri khas masakan kari yang disesuaikan dengan lidah masyarakat masing-masing negara. Maka nggak heran, sekarang banyak sekali aneka olahan kari dari berbagai bahan.

Meski telah berinovasi dan dimodifikasi sesuai selera masing-masing negara, resep kari tetap mempertahankan citarasa khasnya yang otentik, yaitu gurih sedikit pedas dan kaya akan rempah-rempah.

Apa Arti Nama Kari?

Kari berasal dari India, kari sendiri berasal dari bahasa Dravida, yang artinya sayuran dalam saus. Sedangkan dalam bahasa Tamil, kari memiliki arti menggoreng dengan minyak banyak.

Sementara di negara Eropa dan Barat, Curry merupakan kosakata dari bahasa inggris untuk menyebut berbagai aneka masakan khas Asia Selatan yang berkuah santan dengan bumbu rempah.

Tapi, secara harfiah, kari berarti aneka macam lauk (bisa sayuran/daging) yang dimasak atau diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Bahan dan Cara Buat Kari Ayam Spesial

Nah, sekarang ayo kita siapkan bahan dan bumbu-bumbunya. Catet yah!

  • Ayam : gunakan ayam segar dan berkualitas. Potong dengan potongan kecil itu lebih baik karena akan lebih cepat matang.
  • Jeruk nipis : digunakan untuk marinasi ayam supaya cepat empuk dan nggak bau amis.
  • Santan kental : boleh pakai santan kental dari kelapa parut, boleh juga pakai santan instan.
  • Bumbu halus : siapkan bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, kemiri, ketumbar, jahe dan kunyit.
  • Bumbu cemplung : lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai.
  • Gula : sebagai bumbu tambahan supaya masakan semakin lezat.
  • Garam-penyedap rasa : bumbu wajib, pakai secukupnya.
  • Minyak goreng : untuk menumis bumbu.
See also  Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Buat Kari Ayam Spesial, Bisa Untuk Menu Lebaran!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 30 Minutes
  • Yield: 6
  • Diet: Halal

Description

Penasaran pengen masak kari ayam? Gue akan berbagi resep kari ayam yang lezat dan simpel, nih. Buat Lo yang belum pernah masak, nggak usah bingung. Ikuti resep Gue yang super simpel disini!


Ingredients

  • Ayam : 1/2 kg (potong kecil-kecil atau sesuai selera)
  • Jeruk nipis : 1 buah
  • Santan instan : 1 Bks

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 7 butir
  • Bawang putih : 5 siung
  • Cabe merah besar : 4 buah
  • Kunyit : 1 ruas jempol
  • Jahe : 1 ruas jempol
  • Kemiri : 3 butir
  • Ketumbar bubuk : 1 sdm

Bumbu tambahan : 

  • Serai : 1 batang (geprek)
  • Lengkuas : 5 cm (iris, lalu geprek)
  • Daun salam : 2 lembar (remas)
  • Daun jeruk : 3 lembar (buang tulang daunnya)
  • Garam : secukupnya
  • Penyedap rasa : 1/2 sdt
  • Gula : 1 sdt
  • Minyak goreng : secukupnya

Instructions

Langkah 1 : Siapkan bahan dan bumbunya. Cuci bersih ayam, taruh dalam wadah. Marinasi dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan kurang lebih 15 menit.

Langkah 2 : Racik bumbu. Haluskan bumbu halus menggunakan blender. Sisihkan. Siapkan bumbu tambahannya : serai digeprek, remas daun salam, daun jeruk buang tulang daunnya, lengkuas iris lalu geprek.

Langkah 3 : Mulai masak. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna.

See also  Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!

Langkah 4 : Masukkan bumbu cemplung seperti daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis sampai layu dan aroma harumnya keluar.

Langkah 5 : Masukan ayam, lalu aduk sampai bumbu merata dengan ayam.

Langkah 6 : Tuang air sedikit demi sedikit sampai ayamnya terendam. Tunggu sampai mendidih.

Langkah 7 : Tambahkan bumbu garam, gula dan penyedap rasa. Masak sampai ayam matang dan empuk.

Langkah 8 : Kalau air sudah sedikit menyusut, tes rasa. Jika sudah pas, matikan kompor.

Langkah 9 : Sajikan dalam piring saji. Sajikan selagi hangat.

Langkah 10 : Liat tuh, kari ayam Lezat siap disantap dengan nasi hangat dan pelengkap lainnya.

  • Prep Time: 20 Minutes
  • Cook Time: 40 Minutes
  • Category: Makanan Utama
  • Method: Rebus
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 170 gram
  • Calories: 225 cal
  • Sugar: 3.8 gram
  • Sodium: 857 gram
  • Fat: 11.14 gram
  • Saturated Fat: 2.5 gram
  • Unsaturated Fat: 3.8 gram
  • Carbohydrates: 8.8 gram
  • Fiber: 1.6 gram
  • Protein: 20.7 gram
  • Cholesterol: 62 mg

Keywords: Kari Ayam

Tips Masak Kari Ayam

Meski olahan kari ayam hampir sama seperti opor atau olahan ayam santan lainnya, tapi masak kari ada tipsnya lho, supaya hasil masakan Lo lezat bak masakan kari dari India yang otentik dan istimewa.

1. Proses Marinasi Harus Lebih Lama

Supaya hasil kari ayam lezat dan otentik, dari awal pembuatannya harus tepat, nih, yakni saat proses marinasi ayam harus lebih lama.

Proses marinasi juga membuat daging ayam lebih empuk, bumbu rempah lebih cepat meresap dan memberikan rasa yang lezat dan lebih kuat. Marinasi setidaknya 2 jam.

2. Gunakan Bumbu Tambahan Rasa Curry

Setelah proses marinasi, Lo juga harus memperhatikan pemakaian bumbu-bumbu dan rempah-rempah. Seberapa takaran dan porsinya.

Selain mengikuti resep kari pada umumnya, Lo juga bisa menambahkan bumbu instan tambahan supaya kari ayam buatan Lo lebih nendang. Sekarang ada banyak merk bumbu instan rasa Curry, lho.

Lo bisa mendapatkan bumbu instan di supermarket terdekat atau toko khusus bumbu-bumbu. Ada yang berbentuk bumbu basah maupun bumbu kering atau bubuk halus.

3. Tumis Bumbu Sampai Harum

Kunci utama supaya kari ayam buatan Lo sempurna yaitu dari berbagai bahan dan bumbu yang digunakan, terutama saat menumis bumbu. Tumis sampai bumbu mengeluarkan aroma harum dan matang.

Ini perlu dilakukan supaya bumbu nggak bau langu atau mentah, yang bisa membuat kari ayam kehilangan cita rasa dan aromanya yang khas.

4. Masak Sampai Bumbu Meresap

Saat masak kari, memang dibutuhkan kesabaran, lho. Lo nggak bisa masak dengan buru-buru kalau ingin mendapatkan rasa kari yang spesial dan lezat. Masak sampai bumbu meresap sempurna ke dalam ayam. Sebaiknya gunakan api kecil supaya ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna.

5. Hiasi Kari Ayam

Kalau Lo sudah selesai memasak, jangan lupa untuk menghias hasil masakan Lo. Letakkan dalam piring saji, lalu hiasi secantik mungkin. Lo bisa menggunakan taburan bawang goreng atau taburan kasuri methi diatasnya. Dengan begitu, tampilan kari akan lebih menarik dan segar.

Lauk Pendamping Kari Ayam

Meski kari ayam disantap dengan nasi hangat saja sudah nikmat, apalagi ditambah dengan lauk lainnya. Ada beberapa rekomendasi lauk pendamping kari ayam yang mungkin ingin Lo coba.

  • Telur dadar : cocok disantap dengan berbagai makanan, termasuk kari ayam. Mungkin Lo bisa coba bikin telur dadar sayur.
  • Kentang balado : pedas gurihnya kentang balado juga cocok disantap bareng kari ayam. Pecinta pedas bakal nambah nasi terus!
  • Bakwan : kalau Lo suka lauk yang renyah, mungkin bisa bikin bakwan untuk teman kari ayam.
  • Orek tempe : manis gurihnya orek tempe cocok banget nih buat pendamping kari ayam. Dijamin ketagihan.
  • Perkedel kentang : lembut dan gurihnya perkedel emang nyatu banget sama kari ayam, bikin lidah nggak berhenti bergoyang.
  • Teri kacang : ingin rasa yang unik? Lo bisa cobain sensasi renyah dan kriuknya teri kacang disantap bareng kari ayam, dijamin bakal nambah, cobain deh!
  • Sate usus : Manis gurihnya sate usus ayam sangat cocok dengan kari ayam. Apalagi jika digoreng garing, wah.. nikmatnya gak main-main.

Apa opor dengan kari itu sama?

Banyak orang salah mengira. Opor dan Kari adalah hidangan yang berbeda, ya. Meski sekilas terlihat mirip, tapi keduanya sangat berbeda. Kuah opor lebih pucat dibanding kari. Citarasa opor dan Kari juga berbeda. Rasa opor cenderung lebih ringan, sedangkan kari lebih kuat akan rempah-rempah. Tapi, baik opor maupun kari sangat cocok disajikan untuk momen spesial seperti lebaran.

Kari bisa dibuat dari apa saja?

Kari bisa diolah menggunakan berbagai bahan, lho. Nggak cuma ayam, Lo bisa masak kari daging sapi, daging kambing, ikan, bahkan sayuran. Tapi, banyak orang mengolah dari bahan ayam karena lebih mudah diolah dan relatif lebih murah.

Berapa lama Kari ayam bisa bertahan?

Kalau Lo masak kari ayam dan nggak habis, Lo bisa menyimpannya di kulkas. Gunakan wadah tertutup, ya. Dan hangatkan lagi esok hari saat akan disantap. Kari ayam bisa bertahan 2 sampai 3 hari jika disimpan dengan benar.

Apakah masak kari harus pakai santan?

Sama seperti opor, olahan kari memang berkuah santan. Tapi ada juga resep kari tanpa santan. Ini kembali ke selera masing-masing, ya.

Bolehkah pakai ayam kampung?

Boleh banget! Lo bisa menggunakan ayam kampung. Malah citarasanya akan semakin lezat dan gurih. Cuma, Lo harus memasaknya lebih lama dibanding ayam negeri.

Darimana asal masakan kari?

Kari merupakan jenis hidangan berkuah santan dengan ciri khas gurih dari rempah-rempah. Masakan kari berasal dari wilayah Asia Selatan, tepatnya dari India.

Gimana supaya rasa kari lebih kuat?

Selain bumbu-bumbu dari resep yang Lo ikuti, Lo bisa menambahkan curry powder atau bubuk kari sebagai tambahan bumbunya. Ini akan menambah citarasa yang gurih dan lezat semakin kuat.

Kesimpulan

Selain opor ayam, Lo bisa masak kari ayam sebagai sajian lebaran nanti. Dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah, menjadikan kari ayam sebagai menu favorit keluarga dirumah deh!

Bahannya yang gampang dan relatif murah, Lo bisa menghidangkan masakan spesial untuk keluarga di hari raya. Cara masaknya juga gampang, Lo bisa ikuti resep Gue untuk mempermudah. Selamat mencoba, ya.

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star