Cara Bikin Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!

Resep nasi liwet – Suka bingung mau masak apa nggak? Pasti kadang-kadang kita suka bingung ya mau masak apa. Kalau bisa mah masak satu menu tapi bisa buat makan seharian. Kira-kira apa ya? Kalau Gue si kepikiran pengen bikin nasi liwet.

Nah, ngomong-ngomong nasi liwet, siapa nih yang suka makan nasi liwet? Buat Lo yang suka makan nasi liwet, pasti tau dong menu satu ini. Nasi liwet adalah sajian khas Indonesia yang berasal pulau Jawa, khususnya di Sunda dan Solo.

Kalau Lo berwisata ke Bandung, pasti Lo akan banyak menemukan pedagang yang menjual nasi liwet. Buat Lo yang pengen masak sendiri juga bisa kok, kali ini Gue bakal kasih resep bikin nasi liwet yang enak dan simpel.

Resep nasi liwet komplit

Ciri khas nasi liwet ini yaitu memiliki cita rasa yang gurih dan aroma yang sedap. Karena proses pembuatannya yang memakai santan. Tapi ada juga lho, nasi liwet yang nggak pakai santan.

Selain rasanya yang gurih dan lezat, menu ini bisa Lo santap bersama dengan berbagai lauk. Misalnya seperti ayam goreng, tempe tahu goreng, ikan teri goreng, dan masih banyak lagi. Wah… pasti tambah nikmat!

Tenang, cara bikinnya juga gampang banget kok, Lo bisa membuat nasi liwet ini hanya pakai rice cooker. Pengen coba? Yuk, simak resep bikin nasi liwet ala Gue di artikel ini ya!

Baca Juga Cara Masak Telur Balado

Asal Mula Nasi Liwet Dibuat

Sebagai salah satu sajian khas Indonesia yang cukup populer, nasi liwet punya penggemarnya sendiri di lidah orang Indonesia. Menu nasi liwet ini banyak ditemukan di tanah Sunda dan Solo, Surakarta.

See also  Resep Tumis Buncis Telur Orak Arik Sederhana

Lalu, darimana sebenarnya asal nasi liwet ini? Gimana sih sejarahnya? Nasi liwet adalah salah satu masakan khas Indonesia dengan citarasa yang gurih, pedas dan hangat. Ini merupakan kombinasi sempurna dari nasi liwet.

Mengutip dari kompas.com, tentang sejarah nasi liwet ini, sebenarnya bukan berasal dari keraton atau kaum bangsawan. Justru nasi liwet dibuat pertama kali oleh masyarakat biasa yang tinggal di sekitar wilayah Sukoharjo.

Pada tahun 1934, masyarakat sekitar Sukoharjo mulai mencoba membuat nasi liwet dan dijual di sekitar Solo dan Surakarta. Nah, sejak saat itulah keluarga bangsawan dan orang-orang keraton mulai mengenal dan mengonsumsi nasi liwet.

Sementara, untuk sejarah nasi liwet sunda, pertama di buat oleh masyarakat perkebunan. Kala itu, masyarakat yang mayoritas berkebun, akan membawa bekal makanan untuk makan pagi dan makan siang.

Nasi liwet Sunda tercipta sebagai bentuk usaha berhemat. Karena, dulunya masyarakat Sunda harus melewati perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke kebun. Oleh sebab itu, mereka membuat nasi liwet ini sebagai bekal.

Baca Juga : Resep Tumis Daging

Biasanya, nasi liwet dibawa menggunakan ketel (panci jaman dulu). Nasi liwetnya juga sudah dicampur dengan sayur atau lauk lainnya. Jadi saat sampai di kebun bisa langsung dimakan.

Setelah siang, biasanya nasi liwet sudah mulai dingin. Kalau ingin memanaskan, mereka biasanya akan membuat pembakaran dan menaruh ketel di atasnya.

Itulah awal mula atau sejarah nasi liwet. Sekarang, nasi liwet udah populer, ya. Setiap ada acara seperti kumpul dengan keluarga malah ada yang bikin nasi liwet ini, ada juga yang jualan, atau bahkan bikin sendiri untuk menu sehari-hari.

Resep Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!

Resep nasi liwet komplit

Berikut bahan-bahan dan bumbu untuk membuat nasi liwet :

  • Beras : takarannya tergantung mau bikin berapa porsi ya. Kalau bisa pakai beras yang pulen agar nasi liwet lebih enak dan lembut.
  • Santan : sebenarnya bahan ini optional, karena ada yang bikin nasi liwet pake santan, ada juga yang nggak pakai santan.
  • Ikan teri : kebanyakan orang bikin nasi liwet si pake teri ya, biasanya pake teri jengki atau teri medan.
  • Serai : ini bumbu rempah yang bikin wangi sedap.
  • Daun salam : bumbu agar aroma nasi liwet wangi khas.
  • Bawang merah & Bawang putih : bumbu wajib ya.
  • Cabe merah keriting : secukupnya, kalau Lo suka pedas boleh pakai cabe rawit.
  • Petai : biasanya orang bikin nasi liwet pakai isian petai. Tapi kalau yang nggak suka bisa di skip.
  • Daun bawang : ini juga bahan optional, cuma buat taburan nasi liwet, boleh di skip.
  • Tahu & Tempe : lauk pendamping nasi liwet, Gue pake tahu bandung dan tempe goreng nih.
  • Garam :  ini mah bumbu wajib setiap masakan ya.
  • Penyedap rasa : Gue pakainya kaldu jamur.
  • Minyak goreng : secukupnya aja, untuk menumis bumbu.

Baca Juga : Resep Seblak Kuah

Cara Bikin Nasi Liwet di Magic Com

@luvnedotcom Cara Membuat Nasi Liwet Komplit Dalam Hanya 60 menit untuk sajian 4 porsi. Kunjungi website kami untuk lihat resep selengkapnya ya~ #resepnasiliwet #resepmasakan #resepnasiliwetricecooker #resepsimple ♬ suara asli – luvnedotcom

Bagi yang mau lihat video cara bikin nasi liwet di magic com bisa langsung ke tiktok dan youtube ya, bagi yang mau print resep bisa cek dibawah ini

See also  Cara Membuat Baceman Bawang Putih
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon
Resep nasi liwet komplit

Cara Bikin Nasi Liwet di Magic com, Sederhana Tapi Enak dan Gurih!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 60 Minutes
  • Yield: 4 1x
  • Diet: Halal

Description

Lo bisa membuat nasi liwet ini hanya pakai rice cooker, rasanya enak dan gurih. Pengen coba? Yuk, simak resep bikin nasi liwet ala Gue di artikel ini ya!


Ingredients

Units Scale

Bahan dan Bumbu

  • Beras : 3 cup (pakai takaran beras)
  • Ikan teri : 50 gram
  • Bawang merah : 8 butir, iris tipis
  • Bawang putih : 6 siung, iris tipis
  • Cabe merah keriting : 6 buah, iris serong
  • Serai : 1 batang, geprek
  • Daun salam : 4 lembar
  • Daun jeruk : 2 lembar
  • Petai : 1 papan (belah 2)
  • Tahu bandung : 4 pcs (sayat tengahnya)
  • Tempe : 1/2 papan (potong-potong)
  • penyedap rasa: secukupnya
  • Garam : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Daun bawang : 1 batang (optional, boleh di skip)

Instructions

Langkah 1 : pertama, cuci bersih beras, tiriskan. Sisihkan dalam wadah. Lalu, iris tipis bawang putih, bawang merah dan cabe. Siapkan juga bahan lainnya seperti petai, daun salam, daun jeruk, serai dan santan instan.


Langkah 2 : panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.


Langkah 3 : masukkan cabe merah dan petai, tumis sebentar. Masukkan lagi daun salam, serai, dan daun jeruk (buang tulang daunnya). Tumis lagi sampai layu dan harum. Lalu angkat dan sisihkan.

See also  Resep Udang Saus Padang, Pedasnya Nampol!


Langkah 4 : siapkan magic com. Masukkan beras yang sudah dicuci sebelumnya. Lalu masukkan 1 bks santan instan ke dalamnya.


Langkah 5 : tuangkan air secukupnya atau sekitar 400 ml. Lalu, masukkan tumisan bumbu dan petai tadi ke dalam magic com. Aduk sampai rata.


Langkah 6 : tutup magic com, waktunya masak deh! Jangan lupa tekan tombol ’cook’ ya. Sambil menunggu nasi liwet matang, siapkan bahan lain seperti ikan teri, tahu dan tempe.


Langkah 7 : setelah diracik, panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Lalu, goreng ikan teri sampai kecoklatan. Angkat, tiriskan.


Langkah 8 : setelah ikan teri, goreng juga tahu dan tempe sampai kuning keemasan. Angkat, lalu tiriskan.


Langkah 9 : setelah nasi liwet matang, aduk dan buang bumbu seperti batang serai dan daun salamnya. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, lalu aduk sampai rata.


Langkah 10 : waktunya plating deh! Tuang nasi liwet dalam piring saji, lalu taburi dengan ikan teri. Sajikan bersama ikan teri, tahu dan tempe goreng. Jangan lupa sambal dan lalapannya juga!


Langkah 11 : ini dia penampakan nasi liwetnya, pengen kan? Hmm… rasanya gurih dan endess banget pokoknya!

  • Category: Main Dish
  • Method: Steam
  • Cuisine: Indonesia

Keywords: Nasi Liwet

 

Darimana asal nasi liwet?

Nasi liwet merupakan sajian khas Indonesia yang berasal dari Sunda (Jawa Barat) dan Solo. Keduanya punya cita rasa dan cara memasak yang berbeda, tapi keduanya sama-sama menawarkan kelezatan asli Indonesia.

Lauk apa saja yang biasa disajikan dengan nasi liwet?

Menu nasi liwet biasanya disajikan bersama lauk pauk seperti telur, ayam goreng, ikan asin, tempe tahu goreng, lalapan, sambal hingga kerupuk.

Kenapa diberi nama nasi liwet?

Menu nasi liwet berasal dari tanah Sunda. Karena cara masaknya dengan cara ’diliwet’. Jadi, dalam tradisi Sunda sendiri, makan bersama pakai nasi liwet disebut juga ”ngaliwet”.

Apa bedanya nasi liwet Sunda dengan nasi liwet Solo?

Meski tampak mirip, antara nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda tetap memiliki perbedaan, yaitu dalam proses masaknya. Nasi liwet Solo biasanya menggunakan santan, sedangkan nasi liwet Sunda kebanyakan tidak memakai santan.

Baca Juga : Resep Perkedel Kentang

Kesimpulan

Nasi liwet semakin populer sebagai sajian di berbagai acara kumpul-kumpul lho, karena rasanya yang gurih dan lezat, menjadikan nasi liwet ini sebagai menu andalan saat berkumpul dengan keluarga atau teman.

Lo bisa menyajikan nasi liwet dengan berbagai lauk pauk yang tersedia dirumah. Cara bikinnya juga gampang banget, Lo bisa ikuti resep Gue disini ya, selamat mencoba!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star