Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!

Resep mie nyemek – Suka makan mie nyemek di warteg? Kalau ya, menu ini adalah menu tersimpel yang bisa Lo buat sendiri dirumah, lho. Cuma pakai mie instan dan tambahan sedikit bumbu akan jadi menu ternikmat.

Serupa dengan bakmi pada umumnya, resep mie nyemek juga hampir sama. Biasanya berisi mie kuning/mie telur, telur, dan berbagai toping dan sayuran seperti sawi hijau dan tomat.

Mie nyemek cocok banget disantap saat hujan, apalagi malas keluar untuk berbelanja. Lo bisa membuat mie nyemek dengan bahan seadanya di rumah.

Yuk, bikin mie nyemek sendiri, bahannya mudah, caranya gampang, dan pastinya hemat.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Simple Ala Chinese Food by Luvne.com

Apa itu Mie Nyemek? 

Apa sih mie nyemek itu? Mungkin untuk sebagian orang, mie nyemek masih asing di telinga. Mie nyemek sebenarnya salah satu varian masakan bakmi yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah.

See also  Resep Cumi Cumi Saus Padang Sedap & Mudah

Ciri khas dari mie nyemek yaitu disajikan dengan kuah kental yang sedikit alias ”nyemek”. Sajian ini sangat populer di daerah Jawa Tengah, terutama di kota asalnya yaitu Yogyakarta.

Istilah penamaan”nyemek” ini diambil dari bahasa Jawa yang artinya tidak kering dan tidak basah. Mungkin lebih tepatnya tengah-tengah antara bakmi goreng dan bakmi kuah.

Di Jawa, mie nyemek biasanya banyak dijual pada malam hari oleh penjual bakmi Jawa. Kini, mie nyemek telah menjadi inovasi kuliner yang menggugah selera dan patut dicoba.

Meski berasal dari Jawa Tengah, mie nyemek sudah merambah ke perkotaan. Bahkan, sajian ini kini telah banyak disukai orang. Apalagi harganya yang relatif terjangkau.

Kini, Lo nggak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta untuk menikmati mie nyemek lezat ini. Lo bisa masak sendiri dirumah menggunakan mie instan. Ingin coba? Yuk, masak!

Baca Juga : Resep Bumbu Terong Balado Simple Tapi Pedasnya Nendang!

Bahan Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas

Sebelum masak mie nyemek, Lo perlu menyiapkan dulu bahan-bahannya, ya :

  • Mie : Lo bisa membuat mie nyemek menggunakan mie instan kuah atau goreng, bisa juga pakai mie telur. Pilihan tergantung selera masing-masing, ya.
  • Telur : pakai 1 butir untuk 1 porsi.
  • Sawi hijau : sayuran yang biasa untuk isian mie instan supaya ada nutrisi sayurnya.
  • Kol : tambahan sayuran lain supaya lebih komplit.
  • Cabe rawit : untuk level pedas, atur pemakaian cabai sesuai lidah dan selera masing-masing.
  • Bawang merah : bumbu tumis supaya mie nyemek semakin sedap.
  • Bawang putih : bumbu tumis juga, supaya aromanya harum.
  • Tomat : isian tambahan dalam mie supaya lebih segar.
  • Saus sambal : bumbu saus supaya tambah pedas dan nikmat.
  • Kecap manis : beri sedikit kecap manis untuk mie nyemek yang menggugah selera.
  • Lada bubuk : Tambahkan sedikit lada bubuk untuk pedas yang khas.
  • Kaldu bubuk : sebagai penyedap rasa.
  • Minyak goreng : secukupnya aja untuk menumis bawang.
See also  Sop Daging Sapi Sederhana, Gurih dan Segar!
Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Cara Bikin Mie Nyemek Indomie Kuah Pedas, Mudah Dibuat!


  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 20 Minutes
  • Yield: 3 1x
  • Diet: Halal

Description

Ciri khas dari mie nyemek yaitu disajikan dengan kuah kental yang sedikit alias ”nyemek”. Yuk, buat sendiri mie nyeme di rumah


Ingredients

Units Scale
  • Mie instan : 2 bungkus (boleh rasa apa saja)
  • Air : kurleb 500 ml
  • Sawi hijau : 2 batang
  • Kol : 5 lembar
  • Cabe rawit : 6 buah
  • Bawang merah : 4 butir
  • Bawang putih : 2 siung
  • Telur ayam : 2 butir
  • Tomat : 1 buah (ukuran besar)
  • Saus sambal : 2 sdm
  • Kecap manis : 2 sdm
  • Lada bubuk : 1/2 sdt
  • Kaldu bubuk : 1/2 sdt
  • Minyak goreng : secukupnya

Instructions

Langkah 1 : Siapkan semua bahan dan bumbunya. Cuci sayuran dan mulai racik. Potong-potong sawi hijau, kol, dan tomat.

Langkah 2 : Iris tipis semua bumbu. Boleh juga di ulek, sesuai selera aja. Sisihkan.

Langkah 3 : Siapkan wajan. Panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu, tambahkan irisan tomat dan cabe rawit. Aduk lagi.

Langkah 4 : Tuang air secukupnya, tunggu sampai mendidih. Lalu, masukkan bumbu mie-nya.

Gambar 5 : Tambahkan juga saus sambal, lada bubuk, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk. Setelah itu, masukkan sayuran dan mie-nya, lalu aduk rata.

See also  Cara Membuat Sambal Terasi Enak Pedas Nikmat, Cocok Untuk Segala Makanan!

Langkah 6 : Masukan telur lalu koreksi rasa. Masak sampai matang lalu angkat.

Langkah 7 : Sajikan mie nyemek selagi hangat, ya. Santap dengan kerupuk dan segelas teh hangat, hmm.. yummy!

  • Prep Time: 10 Minutes
  • Cook Time: 10 Minutes
  • Category: Camilan
  • Method: Tumis
  • Cuisine: Indonesia

Nutrition

  • Serving Size: 100 gram
  • Calories: 138 cal
  • Sugar: 0.4 gram
  • Sodium: 4 mg
  • Fat: 2.5 gram
  • Saturated Fat: 0.45 gram
  • Unsaturated Fat: 0.6 gram
  • Carbohydrates: 25.3 gram
  • Protein: 4.26 gram
  • Cholesterol: 29 mg

Keywords: Mie Nyemek

Apakah mie nyemek dengan bakmi itu sama?

Sebenarnya, mie nyemek merupakan bagian dari varian bakmi Jawa yang populer. Tapi, kebanyakan orang, mengenal bakmi sebagai satu olahan saja. Bakmi sendiri ada yang dimasak dengan cara digoreng (bakmi goreng), ada juga yang direbus (bakmi rebus). Dan mie nyemek menjadi menu tengah-tengah diantara keduanya.

Berapa lama waktu ideal merebus mie instan?

Merebus mie instan cuma butuh waktu sebentar, lho, sekitar 3 sampai 5 menit saja. Sebaiknya, masukkan mie setelah airnya mendidih, ya.

Mie apa yang sering digunakan untuk membuat mie nyemek?

Jenis mie yang umum digunakan untuk membuat mie nyemek yaitu mie kuning/mie telur. Lo juga bisa pakai mie instan pabrikan, baik goreng atau pun mie kuah. Boleh juga mie instan ala Korea seperti mie shirataki.

Apa saja isian mie nyemek?

Ada banyak variasi mie nyemek. Isian mie nyemek bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, ya. Misalnya seperti telur, bakso, sosis, ayam, dan menambahkan aneka sayuran seperti sawi hijau, kol, toge, atau jamur enoki.

Darimana asal mie nyemek?

Mie nyemek merupakan salah satu varian dari bakmi Jawa yang berasal dari Jogjakarta, Jawa Tengah. Kini, mie nyemek bisa ditemukan dimana saja, bahkan bisa Lo bikin sendiri dirumah.

Apakah mie baik untuk kesehatan?

Ada banyak jenis mie yang tersedia di pasaran. Semua tergantung bahan pembuatan mie dan seberapa sering mengonsumsinya. Umumnya, mie instan mengandung banyak MSG, lemak dan karbohidrat. Langkah bijaknya yaitu konsumsi mie secukupnya. Hindari mengkonsumsi mie secara berlebihan atau terus menerus karena bisa meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit.

Baca Juga : Resep Membuat Seblak Kuah Pedas Yang Enak

Aneka Mie Nyemek 

Olahan mie memang nggak ada habisnya, makanan ini selalu disukai banyak orang bahkan oleh anak-anak. Apalagi sekarang ada banyak berbagai jenis dan merk mie di pasaran.

Nggak cuma mie goreng dan mie kuah, kini mie nyemek juga telah menjadi idola. Menu mie nyemek kini juga telah berinovasi dan semakin banyak variasinya.

Selain lezat, mie nyemek juga mudah dibuat. Kalau Lo ingin membuatnya, ada banyak variasi mie nyemek yang bisa Lo coba nih, diantaranya :

1. Mie Nyemek Original

Mie Nyemek original menggunakan bahan seadanya, tapi nggak kalah nikmat dong. Berisi mie, bakso, bawang merah, bawang putih, cabe, telur, serta tambahan saus sambal dan kecap manis.

2. Mie Nyemek Shirataki

Kalau Lo mau makan mie nyemek tapi takut gendut, Lo bisa cobain mie shirataki, nih. Berisi mie shirataki, bakso, telur, sayuran, tomat, dan bumbu seperti cabe dan bawang.

3. Mie Nyemek Seblak

Unik, mie nyemek ternyata juga bisa dikreasikan menjadi seblak, lho. Berisi mie instan, telur, sayuran, kerupuk seblak dengan bumbu khas seperti kencur, cabe, bawang, kecap dan saus sambal.

4. Mie Goreng Nyemek

Ada lagi mie goreng nyemek dengan tekstur yang unik. Meski digoreng, pembuatan mie ini sedikit nyemek atau ada kandungan airnya sedikit. Isian mie, sawi hijau, telur, toping bakso, irisan bawang dan cabe.

5. Mie Nyemek ala Korea

Mau bikin mie nyemek ala Korea? Bisa banget kok! Pakai aja Mie Korean Chicken Noodle, topping sosis, jamur enoki, sayur pokcoy, telur, kecap manis, garam, dan sedikit kaldu.

6. Mie Nyemek ala Warteg

Nah, untuk citarasa mie nyemek yang Indonesia banget, Lo bisa bikin mie nyemek ala warteg. Sederhana tapi nikmat. Pakai mie telur (boleh mie instan), bawang merah, bawang putih, cabe, kecap manis, saus tomat, lada, sedikit gula, dan air kaldu. Lengkapi dengan taburan bawang goreng dan seledri.

Itu dia beberapa resep mie nyemek dengan berbagai kreasi rasa yang inovatif. Sebenarnya, masih banyak lagi aneka mie nyemek lainnya, Lo bisa berkreasi sendiri di dapur Lo.

Baca Juga : Cara masak Telur Balado Simple di Rumah, Pedasnya Bikin Nagih!

Fun Fact Seputar Mie Nyemek 

Dilihat dari sejarahnya, mie nyemek sendiri berasal dari Yogyakarta. Menu ini merupakan salah satu varian dari aneka sajian bakmi. Tapi agak berbeda dari bumbu, rasa dan cara masaknya.

Umumnya, bakmi bisa direbus atau digoreng, dengan bumbu cenderung manis atau asin dan pelengkap yang digunakan. Lalu, bagaimana dengan mie nyemek?

1. Variasi Isi dan Penyajian

Sama seperti bakmi pada umumnya, mie nyemek juga direbus dengan tambahan bumbu dan disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti suwiran ayam kampung, telur, sayuran, sambal dan taburan bawang goreng.

Cara penyajiannya sendiri tentu sesuai dengan namanya, yaitu nyemek atau dengan kuah yang sangat sedikit.

2. Tambahan Bumbu

Bedanya mie nyemek dengan mie instan terletak dari bumbunya. Mie instan sudah ada bumbu pabrikan. Sementara, mie nyemek bisa menggunakan mie instan, bisa juga menggunakan mie telur polosan.

Tapi cara mengolahnya perlu ditambahkan bumbu-bumbu seperti bawang, cabe, saus, dan sambal, serta dilengkapi dengan isian yang cukup variatif.

Kebanyakan pedagang bakmi atau mie nyemek di Jawa, mereka menggunakan bumbu halus yang diulek supaya aroma dan rasanya lebih khas.

3. Memakai Taburan 

Bakmi dan mie nyemek juga biasanya selalu ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri. Ini untuk menambah aroma segar, gurih dan nikmat pada mie nyemek.

4. Menjadi Kuliner Legendaris di Yogyakarta

Mie Nyemek nyatanya telah menjadi salah satu kuliner yang legendaris di kota asalnya yaitu Yogyakarta. Bahkan menu ini sudah ada sejak penjajahan Belanda.

Mie biasanya dimasak dengan kuah atau tanpa kuah dengan citarasa gurih manis dan aroma rempah-rempah yang khas. Bahkan di Yogyakarta, ada tempat makan bakmi Jawa tertua yang menghidangkan mie nyemek.

Tempat makan tertua itu bernama Bakmi Jowo Pak Pele yang sudah berdiri sejak 1950-an silam. Disini, ada banyak menu bakmi Jawa mulai dari bakmi goreng, bakmi godog, dan bakmi nyemek.

5. Berinovasi Menjadi Produk Kemasan

Inovasi bakmi yang nggak kalah menarik yaitu adanya produk bakmi atau mie nyemek kemasan. Tapi untuk peredarannya masih sangat terbatas sekitar Jogjakarta.

Baca Juga : Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan Sederhana Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Kesimpulan

Mie nyemek telah menjadi kuliner yang melegenda di kota asalnya. Tapi sekarang, Lo bisa menikmati mie nyemek kapan saja dan dimana saja. Apalagi adanya berbagai macam mie instan yang bisa mempermudah Lo untuk bikin sendiri dirumah.

Lo bisa ikuti resep Gue diatas untuk membuat mie nyemek yang sederhana tapi nikmat. Nggak perlu repot keluar dan nggak terlalu banyak bahan, jadi mudah diikuti. Selamat mencoba, ya!

By : Utari K.A

Leave a Comment

Recipe rating 5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star